Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips Sukses Untuk Memulai Berwirausaha Bagi Para Pemula

Untuk memulai berwirausaha, latar belakang bukanlah suatu pembeda. Baik itu lulusan Sarjana, Sma, Smp, SD, Bahkan yang tidak menempuh bangku sekolahpun bisa berwirausaha.

Semua orang pasti punya kesempatan untuk berwirausaha, tinggal apakah orang tersebut berani memulai atau tidak. Karena memulai adalah langkah paling awal untuk sampai ke tujuan yang telah ditetapkan.

Mulailah berwirausaha di bidang yang benar-benar kalian suka serta paham dengan apa yang akan kalian jual atau tawarkan kepada calon konsumen nanti.

Tips Memulai Berwirausaha

Sebagai contoh :

Kalian suka dengan dunia perternakan dan paham tentang cara budidaya dan lain sebagainya yang berhubungan tentang pertenakan. Maka mulailah untuk berwirausaha di bidang tersebut dan jangan di bidang lain yang kalian sendiri tidak paham dan mengerti.

Mungkin di awal memulai berwirausaha banyak mengalami kendala dan juga masalah datang silih berganti. Tapi yakinlah itu adalah sebuah proses yang memang harus dijalani, karena dalam berwirausha tidak mungkin lancar begitu saja tanpa ada cobaan datang menghampiri.

Tapi seiring berjalannya waktu, tentu kita akan belajar dari sebuah kegagalan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, bahkan mungkin dapat berguna dan bermanfaat bagi orang lain.

Berikut ini adalah beberapa tips bagi kalian yang ingin mulai berwirausaha

Saat kita memulai memutuskan untuk terjun dalam dunia wirausaha, perasaan malu, khawatir, takut harus kita lawan, karena itu adalah tembok penghalang sesungguhnya untuk kita sukses.

Jangan terlalu memikirkan apa kata dan pendapat orang lain yang tidak ingin melihat kita sukses. Karena kita melakukan ini bukan untuk mereka tapi untuk diri sendiri dan orang yang mendukung kita.

Jangan pernah takut jika ingin berwirausaha, karena wirausaha sendiri memiliki arti seseorang yang berani mengambil resiko dan pintar dalam mengambil peluang usaha.

1. Mempunyai Impian Serta Visi Yang Harus Dicapai

Ketika mulai berwirausaha, tentunya banyak tahapan-tahapan yang harus dilewati. Tidak mungkin sekali mencoba, di hari itu juga langsung mendapatkan apa yang diinginkan.

Buatlah sebuah tujuan atau impian seperti apa yang ingin dicapai ketika sudah mulai memantapkan diri untuk berwirausaha.

Karena berwirausaha itu berbeda dengan kerja di bawah tagan orang lain. Jadi diri kita sendirilah yang menjadi bosnya, bukan lagi mengandalkan gaji dari orang lain.

Maka apabila ingin menjadi pengusaha sukses, harus dimulai dari diri kita sendiri terlebih dahulu  yang dapat menentukan kesuksesan tersebut.

Boleh mempunyai impian setinggi-tingginya, tapi buatlah langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menggapai mimpi tersebut.

Bukan cuma bermimpi, tapi benar-benar harus memulai bergerak untuk menggapai impian tersebut. Karena semua itu perlu adanya sebuah proses yang tidak mungkin terjadi instan begitu saja.

2. Berani Mengabil Keputusan dan Merealisasikannya

Masalah umum dan menjadi sesuatu di kebanyakan orang yang ingin memulai berwirausaha adalah terlalu banyak mimpi, punya banyak planing tapi tapi ada aksi untuk berani mewujudkan mimpi tersebut.

Terlalu banyak berfikir justru membuat kita terbiasa untuk menganalisa sesuatu yang belum tentu terjadi, sehingga itu membuat kita takut untuk berani melangkah dan mengambil keputusan.

Jika sudah mempunyai planing, langsung saja dilakukan dan jangan banyak menunda-nunda dengan berbagai macam alasan. Karena seribu langkah selalu dimulai dari langkah pertama.

Dalam berwirausaha tentunya bukan hanya keuntungan semata yang dapat kita peroleh.

Kadangkala kita juga harus menghadapi kegagalan. Maka dari itu kita juga harus mempunyai mental pemberani dan selalu berfikir positif apabila sewaktu-waktu usaha yang kita jalani mengalami kegagalan.

Tapi banyak orang bijak berkata "Kesuksesan itu adalah buah manis dari sebuah kegagalan"

3. Carilah Seorang Mentor Pembimbing

Mentor adalah salah satu bagian terpenting dalam dunia wirausaha.

Tentunya mentor adalah seseorang yang mempunyai banyak ilmu, mempunyai banyak pengalaman, dan sudah benar-benar paham dalam dunia wirausaha.

Lalu bagaima kalau cuma mempunyai dua point di atas tetapi tidak punya mentor atau pembimbing?

Sebenarnya tidak apa-apa, Tapi dengan adanya seorang mentor, maka akan lebih mudah untuk sampai ke titik tujuan kita. Karena mentor bisa diibaratkan sebagai penunjuk arah jalan untuk menggapai kesuksesan.

Sebagai contoh, apabila kita melakukan sebuah kesalahan atau sesuatu yang kurang tepat, maka kita dapat berkonsultasi dan meminta arahan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Seorang yang baru memulai untuk berwirausaha tentunya masih banyak hal yang harus dipelajari, dan pelajaran tersebut bisa kita dapatkan dari seorang mentor.

Jadi tetap hauslah akan ilmu dan carilah mentor atau pembimbing yang tepat sebagai pelepas dahaga akan ilmu.

Penutup

Mental adalah salah satu hal penting yang harus kita latih untuk menjadi seorang pengusaha sukses. Jangan pernah malu, jangan pernah ragu, serta berani keluar dari zona nyaman dan mencoba sesuatu yang baru.

Mungkin hanya ini sedikit artikel yang saya punya kali ini. Semoga bisa menjadi bacaan yang menarik serta memberikan manfaat. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca :D