Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memulai Bisnis Dan Berani Untuk Menjadi Pengusaha Sukses

Banyak pertanyaan di luar sana atau mungkin bagi diri kita sendiri tentang bagaimana memulai berbisnis.

Tidak ada waktu yang tepat untuk kita mulai berbisnis, jika kita terus menunggu waktu tersebut, sampai kapanpun pasti hanya menjadi bayang-bayang dan tak akan pernah terwujudkan.

Tanyakan pada diri kita sendiri. Kapan kita akan memulainya, langsung laksanakan dan jalani semua prosesnya. Dari mulai mengalami berbagai macam kegagalan sampai menemukan kunci sukses untuk mencapai keberhasilan.

Kalau kita menunggu sempurna baru memulainya, sampai kapanpun pasti tidak akan berjalan, semua hanya menjadi angan-angan tanpa ada pelaksanan.

Beranikan diri untuk memulai, bagaimana ke depannya itu urusan nanti. Pastikan diri kita untuk bernani memulai.

Banyak dari kita hanya melihat orang lain ketika berhasil, tetapi kita lupa melihat berapa banyak kegagalan yang dialami sampai mereka menemukan keberhasilannya.

Jika kita bisa mulai sekarang, mulailah. Mulai membuat atau mencari produk yang mau dipasarkan, mulai mencari customer untuk produk yang akan kita pasarkan, mulai menjalin relasi, terus kembangkan bisnis yang sedang kita jalankan.

Tujuan utama dari bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan. Jika kita behasil mendapatkan untung maka kita sudah bisa disebut sebagai seorang pembisnis. Kalaupun kita masih belum bisa mendapat untung, setidaknya kita sedang menapaki jalan untuk belajar berbisnis.

Lalu bagaimana jika kita atau lingkungan sekitar baik itu, keluarga, teman, saudara, dll, tidak punya latar belakang seorang pembisnis?

Dalam berbisnis, pasti kita akan memulainya dengan tahapan-tahapan rendah sampai bisa sampai ke tahapan tinggi.

Berikut ini adalah tips memulai berbisnis bagi para pemula yang baru mau atau sedang menjalankan bisnis.

1. Mempunyai Visi Yang Ingin Dicapai

Mempunyai Visi atau impian yang ingin dicapai adalah hal terpeting jika kita ingin mulai berbisnis.

Ketika kita memutuskan untuk menjadi seorang pembisnis, maka kita adalah kontrol utama terhadap diri kita sendiri. Kita tidak punya atasan yang akan menegor ketika kita sendang bermalas-malasan.

Visi itulah yang menjadi pemacu semangat dan kontrol kita untuk terus maju saat menjalankan bisnis.

Saat rasa malas datang, ingatlah kembali visi yang ingin kita capai.

Mulai tentukan visi kita sekarang juga.

2. Berani Mengambil Keputusan

Seperti point pembuka di atas, beranikan diri kita untuk berani mengambil keputusan.

Tentukan kapan waktu memulai, jika bisa sekarang segera mulailah. Jangan menunggu untuk menjadi sempurna karena kesempurnaan tidak akan pernah terwujud jika kita tidak memulai.

Ketika kita punya rencana tetapi hal itu tidak pernah dilaksanakan, maka kita akan kehilangan langkah awal untuk menjadi seorang pembisnis.

Jangan takut rugi, jangan takut gagal, jangan dengarkan omongan orang yang memandang rendah diri kita. 

Berani menjadi seorang pembisnis maka kita haru mempunyai mental yang kuat dan berani dalam mengambil setiap keputusan.

3. Carilah Seorang Pembimbing

Dalam berbisnis pasti akan banyak lika-liku yang harus kita lewati.

Pentingnya seorang mentor atau pembimbing adalah untuk mengarahkan kita ke jalan yang benar untuk sampai ke tujuan. Karena ketika kita punya petunjuk arah, maka kita akan lebih cepat untuk sampai ke tujuan.

Carilah orang yang kompeten dan berhasil sukses berbisnis sesuai dengan bisnis yang kita jalani. Bersilaturahmilah dan minta bimbingannya untuk memandu diri kita.

Point tebentingnya adalah segeralah untuk memulai dan beranikan diri untuk siap menerima segala prosesnya. Jangan mengharapkan hasil yang instan karena itu pasti tidak akan bertahan lama.