Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Naik Bus Dari Jogja Ke Semarang Lewat Kartasura

SIMBAHNUR.COM - Pagi itu hari sabtu di pertengahan februari dua ribu sembilan belas.

Suara pintu kamar yang tertutup bahkan terkunci coba dibuka oleh seseorang.
badan ini masih tertidur dan terlelap di atas kasur. Gara-gara suara ketokan pintu tersebut, saya terbangun dari lelapnya tidur pagi itu.

Pintu kamarpun saya buka, Ternyata seseorang tersebut adalah pakde saya.
Dengan mata yang masih setengah terbuka, saya tanyakan keperluannya apa kok masih pagi sudah mencari saya. Beliau mengajak saya untuk ikut ke semarang.

Dalam hati menjawab "Males banget masih pagi, baru bangun tidur sudah diajak ke semarang" Tapi setelah saya tanyakan kapan, ternyata besoknya hari minggu.
Mau ngak mau, saya mengiyakan ajakannya.

Minggu keesokan harinya

Tak jauh beda dengan sabtu sebelumnya, tapi minggu pagi itu sebelum pakde datang ke kamar, saya sudah bangun terlebih dahulu. Perkiraan saya mau berangkat sekitar pukul delapan. Ternyata perkiraan saya waktu itu salah, sebelum jam enam pagi kami sudah berangkat.

Tarif Biaya Naik Bus Antar Kota Dari Jogja Ke Semarang Lewat Kartasura

Ada beberapa alternatif kendaraan yang bisa dipilih dari Jogja untuk ke Semarang, salah satunya adalah bus antar kota.

Waktu itu kami hanya menunggu di pinggir jalan yang memang jalan tersebut dilalui bus antar kota.. Kalau ke arah kartasura kalian bisa dengan cara seperti itu, atau datang langsung ke terminal giwangan.

Kurang lebih sekitar lima belas menit menunggu, akhirnya yang ditunggu datang.
Bus dari arah barat menepi di pinggir jalan karena melihat kami sudah berdiri menunggu kedatangannya.

Jam masih pagi, walaupun di hari minggu, tapi jumlah penumpang di dalam bus tersebut masih belum banyak, cuma ada beberapa orang saja, sehingga kami tidak kesulitan untuk duduk karena masih banyak kursi yang kosong.

Tarif Biaya Naik Bus Dari Jogja Ke KartasurSolo

Tak berselang lama setelah kami duduk, sang kondektur yang berada di pintu masuk menghampiri kami untuk meminta biaya transportasi tersebut.

Waktu itu kami dimintai biaya sebesar dua puluh lima ribu rupiah untuk dua orang.
Jadi untuk masing-masing orang dari jogja tujuan kartasura dikenakan biaya sebesar dua belas ribu lima ratus rupiah. Ongkos yang lumayan murah sih kalau menurut saya.

Baca Juga : Beli Tangki Bensin Vespa Sampai Ke Luar Kota

Ya memang bus yang waktu itu kita naiki adalah kelas ekonomi. Walaupun untuk fasilitasnya tentu tak semewah kelas patas. Yang mana acnya angin cendela, kemudian untuk yang tidak merokok harus siap terkena asap dari para perokok dan lain sebagainya.

Tentunya di balik kekurangan pasti ada kelebihan. Kelas ekonomi enaknya itu untuk biaya
tidak semahal bus patas, untuk para perokok diperbolehkan untuk merokok di dalam bus, bisa naik dan turun kapan saja selama masih di jalur yang dilewati bus tersebut.

Beberapa kali bus yang kami naiki berhenti untuk menaik turunkan penumpang.
Dari yang awalnya tempat duduk masih kosong bisa milih mau duduk di mana saja hingga tempat duduk kosong tersebut penuh para penumpang.

Tak begitu terasa sekitar satu setengah jam, tapi lebih deh kayaknya. Kami sampai di persimpangan kartasura, kalau ke kanan menuju arah Kota Solo kalau ke kiri menuju arah Boyolali, Salatiga dan Semarang.

Karena memang tujuan kami ke terminal penggaron yang ada di Semarang, jadi di persimpangan kartasura tersebut, kami harus transit untuk menunggu bus yang menuju Boyolali, Salatiga baru tujuan terakhir di terminal penggaron semarang.

Tarif Biaya Naik Bus Dari KartasurSolo Ke Semarang

Jika masih belum punya pengalaman untuk naik bus antar kota, ngak perlu bingung mau naik turun di mana saja. Jika bingung bisa tanya ke kondektur tujuanya mau ke mana, transtinya di mana.

Di persimpangan kartasura tersebut sudah banyak bapak-bapak supir angkot yang menanyakan tujuannya mau ke mana. Dan mereka mau menunjukkan arah atau alat transportasi mana yang harus dinaiki untuk menuju tujuan kita.

Sambil menunggu bus arah terminal penggaron semarang, satu batang rokok saya nyalakan.

Beberapa menit berlalu ada satu bus yang mengarah ke semarang tapi tujuannya bukan ke terminal penggaron. Jadi kami tidak menaiki bus tersebut, karena tujuan kami memang ke terminal penggaron. daripada nanti harus turun naik transportasi lain, kan lebih enak kalau menuju tujuan utamanya langsung, tanpa perlu oper sana oper sini.

Bus warna hijau jurusan terminal penggaron akhirnya tiba. Kali ini beda dengan bus yang kami naiki sebelumnya. Jika sebelumnya busnya tidak ada ac dan diperbolehkan untuk merokok, kalau yang ini busnya ber ac dan tidak diperbolehkan untuk merokok di dalamnya.

Fasilitasnya saja sudah beda, tentu untuk biaya lebih mahal bus yang kami naiki saat ini.

Jika sebelumnya tujuan Kartasura dari Jogja dikenakan biaya sebesar dua puluh lima ribu untuk dua orang, Sedangkan dari Kartasura tujuan Terminal Penggaron Semarang dengan bus ber ac dikenakan biaya enam puluh ribu untuk dua orang.

Untuk bus ac maupun tidak ber ac jarak antar kota yang tujuannya dekat, tetap sama saja bisa menaik turunkan penumpang di mana saja selama masih di jalur yang dilewati bus tersebut.

Kalau untuk yang tujuan jauh contohnya jurusan Jogja Surabaya, penumpang harus datang ke terminal dan turun pun juga di terminal.

Kurang lebih memakan waktu sekitar dua jam dari kartasura sampai ke terminal penggaron yang ada di semarang.

Bahkan ketika hampir sampai di terminal penggaron, yang tadinya kursi hampir terisi penuh oleh para penumpang, menjadi kosong cuma tersisa dua orang penumpang yaitu saya dan pakde, ditambah supir beserta kondekturnya. Karena banyak penumpang lain yang turun sebelum ke terminal tersebut.

Jadi seperti menaiki kendaraan pribadi:D

Kesimpulan dan Penutup

Untuk masalah biaya, dari Jogja tepatnya dari perbatasan Kalasan Prambanan, Sleman sampai ke Kartasura dengan menggunakan bus kelas ekonomi yang tanpa ac, saya dikenakan tarif sebesar dua belas ribu lima ratus rupiah. Dengan estimasi waktu sekitar satu setengah sampai dua jam.

Transit ganti bus di Kartasura menuju terminal penggaron di Semarang, dengan bus ber ac dikenakan tarif tiga puluh ribu rupiah. Dengan estimasi waktu sekitar dua sampai tiga jam perjalanan.

Jika kalian naik bus, misalnya dari Prambanan sampai Terminal yang ada di Klaten contohnya, kayaknya tarifnya lebih murah. Tapi untuk berapanya saya juga tidak tahu :D

Baca Juga : Pertemuan Pertamaku Dengan Vespa

Oke, mungkin hanya ini artikel yang saya punya kali ini. Semoga bisa menjadi bacaan yang menarik serta dapat memberikan manfaat. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca:D