Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengkilapkan Cat Body Vespa Tahun Tua

SIMBAHNUR.COM - Penampilan vespa kalian terlihat kotor dan kusam?

Sebenarnya itu adalah hal yang biasa dan banyak yang mengalaminya. Kusam mungkin karena tidak pernah dibersihkan atau karena usianya yang tua dan banyak debu yang menempel.

Juga bisa karena cat warna vespa yang sudah tua. Kalau diibaratkan kulit manusia adalah kulit yang sudah mati dan menempel menutupi kulit yang ada sehingga kulit terlihat tidak segar dan kusam. Dan cara untuk mengatasinya adalah dengan membersihkan kulit yang mati tersebut supaya bisa bersih dan terlihat lebih cantik.

Begitu juga dengan vespa yang cat lamanya sudah memudar menutupi warna aslinya sehingga warna vespa terlihat kusam dan kotor. Untuk membuat tampilan vespa tidak terlihat kusam maka yang harus dilakukan adalah membersihkan debu dan cat vespa yang sudah memudar.

Membuat Cat Body Vespa Tampak Lebih Bagus

Mungkin kalau cuma dimandikan tidak akan terlalu singnifikan hasilnya. Dan salah satu cara yang ampuh adalah dengan menggunakan compound atau banyak orang menyebutnya  kompon yang berfungsi untuk mengangkat atau mengikis bagian terluar dari cat vespa yang sudah kusam sehingga vespa terlihat lebih bersih.

Baca Juga : Cara Mengganti Karet Shockbreaker Belakang Vespa

Karena compound di sini bersifat mengikis cat, penggunaanya harus dibatasi sebab dapat membuat cat kendaraan kita menjadi tipis.

Ada beberapa macam compound dari yang kuat, halus dan cair. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda, semakin kuat compund tersebut daya kikis catnya pun semakin kuat. Sehingga harus menggunakannya sesuai kebutuhan

Untuk pengaplikasian compound di body vespa langsung saja simak tulisan dibawah ini.

1. Oleskan Compound Ke Body Vespa

Oleskan compound ke body vespa secara menyeluruh tapi tipis-tipis saja. Oleskan dari bagian kepala, selebor, body, tepong hingga seluruh lapisan sudah terolesi oleh compound.

Untuk mengoleskannya tidak perlu terlalu berlebihan. Yang penting oleskan secara merata, supaya tidak ada bagian yang terlewatkan.

2. Gosok Menggunakan Kain 

Setelah body sudah terolesi oleh compound hal berikutnya adalah menggosoknya menggunakan kain.

Gunakan kain yang bersih supaya tidak ada kotoran di kain yang justru akan mengotori si vespa.

Gosok seluruh bagian yang sudah terolesi oleh compund dan gunakan tenaga untuk menggosoknya. Dan lihatlah di kain tersebut, nanti akan ada kotoran dan cat bagian luar yang terkikis.

3. Poles Menggunakan Pengkilap Warna Kendaraan

Untuk memaksimalkan warna cat vespa supaya lebih mengkilap, hal terakhir yang harus dilakukan adalah memolesnya menggunakan spray atau wax yang banyak beredar di pasaran. Gunakan sesuai petunjuk yang ada dalam kemasan.

Hal di atas dapat kalian lakukan sendiri di rumah.
Yang pasti untuk urusan biaya tentu tidak akan terlalu mahal. Mungkin yang terkuras cuma tenaga yang digunakan untuk mengosok body si vespa :D

Baca Juga : Cerita Pengalaman Mendorong Vespa Mogok

Oke mungkin itu sedikit artikel yang saya punya kali ini, semoga dapat memberikan manfaat dan dapat kalian praktekan sediri di rumah. Kalau tidak ingin ribet dan mengeluarkan banyak tenaga tinggal bawa saja vespa kalian ke tukang poles body kendaraan. Masalah biaya tanyakan saja langsung saja kepada tukang polesnya. Terimakasih telah berkunjung dan membaca :D