Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Karet Shockbreaker Belakang Vespa

SIMBAHNUR.COM - Salah satu penyebab vespa terasa kurang nyaman untuk dikendarai, bisa disebabkan karena ada part atau bagian dari vespa tersebut yang sudah tidak layak untuk digunakan.

Dan sudah menjadi kewajiban bagi para pemiliknya untuk mengganti ataupun memperbaiki part atau bagian yang sudah tidak layak pakai tersebut jika ingin si vespa nyaman untuk dikendarai.

Mungkin banyak dari pemilik vespa yang sering mengalami rasa kurang nyaman ketika berkendara.

Salah satu faktor yang bisa membuat para pemilik vespa kurang nyaman ketika berkendara bisa disebabkan dari kaki-kaki vespa yang kurang bekerja sesuai dengan fungsinya. Kaki-kaki yang dimaksud di sini bisa dari roda, shock breaker dan yang lainnya.

Dan yang mungkin kurang begitu diperhatikan adalah di bagian karet-karet yang ada di vespa. Seperti karet shock kemudian karet body dan yang lainnya.

Karet Shock Vespa

Padahal Fungsi dari karet tersebut cukup penting yaitu untuk meredam getaran dan guncangan yang berasal dari vespa ketika mesin dinyalakan dan dijalankan.

Yang akan dibahas kali ini adalah tentang karet shockbreaaker belakang vespa

Jika karet shock ini sudah terlalu tua dan sudah minta diganti maka cepat-cepatlah untuk segera menggantinya. Dampak apabila karet ini bermasalah bisa menyebabkan kerusakan dibagian yang lainnya.

Seperti contohnya mulai dari shock breaker itu sendiri, roda yang tergerus karena kegasruk dengan ban belakang atau bak kopling, Bahkan bisa menyebabkan rengkes rumah karet shock belakang patah.

Baca Juga : Penyebab Vepa Mogok

Tentunya jangan sampai hal seperti itu terjadi. Karena mencegah itu lebih baik daripada terlanjur rusak :D

Kali ini adalah bagaimana cara mengganti karet shockbreaker belakang yang sudah tidak layak dan menggantinya dengan karet shockbreaker yang baru

Dan yang mungkin bagi kalian yang belum mengetahui dan perlu tahu. Karet shockbreaker belakang vespa itu sediri ada dua. Yang pertama terletak di rengkes mesin dan yang kedua terletak di bagian atas dari shockbreaker itu sendiri dan biasanya banyak yang menyebut dengan istilah karet tahu. Mungkin karena bentuknya kotak dan menyerupai tahu :D

Oke yang pertama adalah karet yang ada di rengkes mesin vespa. Karet ini berbentuk oval dengan lubang ditengahnya dan ada selongsong as untuk memasukkan baut pengunci sock belakang bagian bawah.

Melepas Karet Berbentuk Oval Yang Terpasang Di Regkes Mesin Vespa

Untuk menganti karet ini, kalian perlu melepas baut as tumpuan shock belakang terlebih dahulu.

Kemudian untuk mengeluarkan karetnya, Jika karet tersebut sudah hancur akan lebih mudah, tinggal congkel saja. Tapi jika sulit keluar dan susah untuk dicopot, kalian memerlukan baut yang panjang kalau ngak sekalian menggunakan as drat. Ini difungsikan sebagai treker untuk menarik karet shock itu keluar dari rengkes mesin.

Pertama siapkan selonsong besi yang seukuran atau lebih besar dari karet shock itu. Kemudian masukkan as drat kedalam selongsong besi tersebut dan jangan lupa untuk menggunakan pengganjal diujung selongsong besi bagian luar sebagai tumpuan untuk memutar baut supaya karet bisa keluar.

Pengganjal di sini bisa menggunakan mur, bearing atau yang lainnya terserah sekreatif kalian. Masukkan as drat kedalam selongsong besi dan ke dalam karet shock dari arah luar. Kemudian kencangkan baut beserta tambahan mur yang ada dibagian dalam dan juga baut yang berada di pengganjal yang berada diujung luar selongsong besi bagian luar tadi. Putar baut yang ada diluar selongsong sehingga baut yang diujung as drat bagian dalam dapat menarik karet supaya bisa terlepas dari rengkes.

Mungkin juga kalian bisa mencobanya dengan dengan cara memukulnya mengunakan palu. Tapi kalau menurut saya lebih mudah menggunakan cara seperti yang saya tuliskan di atas tadi.

Dan Yang Satu Lagi, Cara Melepaskan Karet Tahu Yang berada Di Bagian Atas Shock Vespa

Untuk melepaskannya tidak serumit dan sesusah ketika melepaskan karet yang ada di rengkes.

Karet Tahu Vespa

Tetapi kalian harus mencopot tangki bensin terlebih dahulu. Karena baut penguncinya berada di dalam body vespa.

Cara melepaskannya tinggal putar bautnya dengan menggunakan kunci pas atau kunci ring. Setelah baut sudah terlepas, tinggal tarik dari bawah shock tersebut dan nanti shocknya akan terlepas dari body vespa.

Memasangnya Kembali

Untuk mengembalikannya tinggal balik saja seperti cara di atas. Jika kesulitan dalam pemasangan karet yang ada di rengkes kalian bisa melumuri dengan oli ataupun sabun. Dan apabila masih susah tinggal gunakan as drat sebagai treker untuk menarik karet tersebut supaya bisa terpasang kembali.

Baca Juga : Cerita Pengalaman Mendorong Vespa Yang Mogok

Memang memerlukan tenaga untuk melakukannya. Tapi setidaknya kita jadi paham dan mengerti tentang si besi tua ini. Dan untuk pengeluaran pasti lebih murah karena kita kerjakan sendiri.

Mungkin hanya ini artikel yang bisa saya bagi kali ini. Terimakasih telah meluangkasn sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca. Semoga bisa menjadi bacaan yang menarik serta memberikan manfaat tentunya  :D