Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Beberapa Gunung Indah Dan Terkenal Yang Ada Di Provinsi Jawa Tengah

Indonesia merupakan negara indah dengan banyak pesona alamnya, butuh waktu bertahun-tahun untuk mengeksplore satu-persatu keindahannya.

Salah satu keindahan alam yang dapat kita nikmati adalah jajaran gunung menjulang tinggi dengan gagahnya, menjadi surganya bagi para penikmat, pecinta alam, penghobi mendaki gunung.

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang memiliki gunung-gunung indah dan menjadi tujuan bagi para penikmat alam.

Para pendaki akan disuguhkan pemandangan, karakter, dan pengalaman berbeda dari masing-masing gunung.

Berikut ini adalah beberapa gunung yang terletak di daerah Jawa Tengah.

Gunung Slamet

Gunug slamet merupakan gunung api aktif dan merupakan gunung tertinggi ke dua di pulau jawa setelah gunung semeru yang berada di Jawa Timur,serta menjadi gunung api tertinggi pertama di Jawa Tengah dengan ketinggian 3.428 mdpl.

Jalur pendakian yang paling populer dan banyak dilewati oleh para pendaki adalah via Bambangan yang terletak di Kabupaten Purbalingga.

Karena gunung slamet ini terletak di antara 5 Kabupaten di Jawa Tengah, tentu masih banyak jalur pendakian lainya. Seperti via Guci-Tegal, via Baturaden-Purwokerto, via dukuhliwung-Tegal, dan beberapa jalur pendakian lainnya.

Pastikan persiapkan terlebih dahulu segala hal sebelum mulai mendaki. Karena untuk bisa sampai ke puncak gunung slamet, perlu persiapan yang benar-benar siap. Seperti perbekalan dan kondisi fisik.

Gunung Sumbing

Pemandangan Dari Gunung Sumbing

Gunung sumbing merupakan gunung tertinggi ke dua di Jawa Tengah setelah gunung slamet, serta merupakan gunung tertinggi ke tiga yang ada di Pulau Jawa, dengan ketinggian mencapai 3.371 meter di atas permukaan laut.

Via Garung Wonosobo merupakan jalur pendakian yang cukup populer dengan pemandangan indah gunung sindoro yang cukup memajakan mata dan akan terlihat jelas saat cerah dengan cuaca mendukung.

Selain itu, salah satu ciri khas dari jalur pendakian via Garung ini adalah keberadaan tukang ojek yang bisa disewa mengantarkan para pendaki dari basecamp menuju pos satu dengan melewati jalan exstrem, tentu dengan kendaraan yang sudah dimodifikasi.

Namanya gunung, tentu bukan hanya mempunyai satu jalur pendakian saja. Ada beberapa jalur pendakian gunung sumbing selain via Garong Wonosobo, yaitu via Kaliangkrik-Magelang, Via Cepit-Temanggung, via Sipetung-Temanggung, serta jalur pendakian lainnya.

Gunung Sindoro

Banyak orang bilang kalau gunung sindoro merupakan kembaran dari gunung sumbing. Tidak salah juga dikatakan demikian, karena gunung ini terletak tidak jauh dari gunung sumbing. Dan dua gunung ini akan terlihat indah saat cuaca sedang cerah.

Gunung sindoro merupakan gunung api aktif dengan ketinggian 3.153 meter di atas permukaan laut, Terletak di antara dua kabupaten yang ada di Jawa Tengah yaitu kabupaten temanggung dan juga kabupaten wonosobo.

Menjadi salah satu gunung yang menjadi favorit bagi para pendaki, karena jika beruntung dapat menyajikan pemandangan indah yang memanjakan mata.

Jalur pendakian yang paling umum dilewati adalah via Kledung-Temanggung. Tidak jauh berbeda dengan jalur pendakian gunung sumbing via Garung, jika melewati jalur ini juga ada tukang ojek yang siap disewa untuk mengantarkan para pendaki dari basecamp menuju pos satu.

Jika kalian ingin melewati hamparan luasnya kebun teh, cobalah untuk mendaki via Sikatok atau banyak juga yang menyebutnya via Sigedang, Tambi-Wonosobo. Jalur ini tidak seramai jalur Kledung, jadi sangat cocok bagi kalian yang ingin menikmati kesunyian alam.

Gunung Merbabu

Gunung merbabu juga menjadi salah satu tujuan favorit para pendaki. Terletak di antara Kabupaten Boyolali, Magelang, Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Memiliki ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut.

Jalur pendakian via Selo-Boyolali merupakan jalur paling populer dan ramai oleh para pendaki, terkhusus di akhir pekan atau saat musim liburan tiba. Jadi bagi kalian yang suka keramaian ketika sedang mendaki gunung, maka cobalah untuk mendaki gunung merbabu via selo ketika musim liburan tiba.

Ketika memilih jalur pendakian via Selo maka ada 5 pos yang harus di lewati dari basecamp untuk sampai ke puncak. Yaitu pos 1, pos 2, pos 3, sabana 1, sabana 2, kemudian baru puncak.

Apabila mendaki via Selo, pemandangan indah gunung merapi akan mulai terlihat saat sudah berada di pos 3. Semakin naik ke pos berikutnya, keindahan gunung merapi akan semakin jelas terlihat.

Tidak hanya jalur pendakian via Selo saja untuk sampai ke puncak gunung merbabu. Masih ada jalur lain, Seperti jalur pendakian via Wekas, via Thekelan, via Suwanting, dan beberapa jalur pendakian lainnya.

Gunung Merapi

Gunung merapi merupakan gunung api aktif yang termasuk sering terjadi erupsi. Memiliki ketinggian 2.930 meter di atas permukaan air laut. Terletak di antara dua provinsi yaitu Diy dan juga Jawa Tengah.

Jalur pendakian via New Selo-Boyolali merupakan jalur favorit dan umum dilewati. Terletak di sebelah utara, tentu pemandangan indah dari gunung sebelahnya yaitu Mermbabu akan terlihat jelas saat cuaca cerah.

karena pasca letusan gunung merapi tahun 2010,  beberapa jalur pendakian lainnya rusak sehingga ditutup dan baru dibuka kembali belum lama ini, seperti via Sapuanging-Klaten.

Batas akhir pendakian gunung merapi yang diperbolehkan cuma sampai pasar bubrah saja dan tidak boleh untuk naik lagi sampai puncak. Larangan itu muncul setelah beberapa tahun lalu ada seorang pendaki yang jatuh di kawah gunung tersebut.

Gunung Prau

Pemandangan Dari Camping Ground Gunung Prau

Gunung ini merupakan salah satu tujuan favorit pendaki karena tidak memerlukan waktu lama untuk sampai ke camping ground atau puncaknya.

Dengan titik tertinggi 2.590 meter diatas permukaan laut, ini merupakan titik tertinggi di kawasan dieng.

Golden sunrise merupakan salah satu favorit yang diinginkan oleh para pendaki. Dan infonya, akan terlihat sempurna saat musim kemarau tiba. Bahkan banyak orang bilang, jika matahari terbit di gunung prau merupakan sunrise terbaik.

Dengan pemandangan indah, estimasi perjalan cepat, Tak heran jika gunung ini akan sangat ramai sekali saat musim libur dan akhir pekan tiba, layaknya pasar di atas gunung. Terkhusus jika melewati jalur Pathak Banteng-Wonosobo.

Tidak Percaya? Silahkan Coba Sendiri

Gunung Ungaran

Gunung ini terletak di Ungaran Kabupaten Semarang. Titik tertingginya berada di 2.050 meter di atas permukaan laut. Lumayan tinggi untuk memandang hamparan luasnya daratan di sekitar daerah Jawa Tengah.

Ada beberapa tempat wisata di sekitar lereng gunung ungaran ini. Contohnya adalah daerah wisata bandungan dan situs peninggalan purbakala yaitu candi gedong songo.

Jalur pendakian via Mawar-Pondok Wisata Sidomukti merupakan jalur favorit yang sering dilewati untuk sampai puncak.

Gunung Kembang

Gunung Kembang merupakan salah gunung yang baru populer belakangan ini. Memiliki ketinggian 2.340 mdpl.

Salah satu gunung dengan tinggi di bawah 2.500 mdpl yang banyak mengundang banyak pendaki untuk mencapi puncak. Karena pemandangannya tak kalah keren dengan gunung-gunung lainnya.

Banyak yang menyebut gunung kembang sebagai anak dari gunung sindoro karena letaknya yang bersebelahan dan puncak dari gunung sindoro akan terlihat dekat ketika dilihat dari puncak gunung kembang.

Jalur yang paling umum dilewati adalah via Blembem-Wonosobo. Tak jauh beda dengan pendakian gunung sindoro via Sigedang, hamparan luasnya kebun teh akan menyambut kalian ketika melewati jalur ini.

Pengelola dari gunung kembang juga sangat memperhatikan kebersihan dari gunung ini. Yaitu dengan tidak diperbolehkannya membawa tisu basah dan mengganti botol plastik dengan menggunakan jerigen yang telah di sediakan.

Gunung Andong

Memiliki ketinggian di bawah 2.000 mdpl tapi menyuguhkan pemandangan yang luar biasa kerennya. Sehingga tidak salah jika gunung ini akan sangat ramai saat akhir pekan dan musim liburan tiba.

Terletak di Kabupaten Magelang, dengan ketinggian 1.726 mdpl, Tak jarang banyak orang yang cuma sekedar tiktok untuk sampai ke puncaknya tanpa membawa peralatan mendaki gunung yang cukup lengkap.

Beberapa gunung lain yang ada di daerah Jawa Tengah dapat terlihat jelas jelas. Tentu itu akan menarik banyak orang untuk datang ke gunung ini, bahkan yang sudah pernah mencobanya banyak juga yang ketagihan untuk datang kembali.

Tidak perlu khawatir untuk masalah bekal makan dan minum, karena di gunung ini ada beberapa warung yang menjual makan dan minuman. Tapi tetap saja, pastikan untuk jangan sampai meremehkan urusan perbekalan saat mendaki gunung.

Penutup

Bukan hanya gunung yang ada di Jawa Tengah, di Provinsi Jawa timur juga ada beberapa gunung yang bisa menjadi rekomendasi tujuan pendakian berikutnya. Salah satunya adalah yang cukup terkenal, yaitu Gunung Lawu.

Oke, mungkin hanya ini artikel yang saya punya kali ini. Semoga apa yang tertulis di sini bisa menjadi bacaan menarik serta dapat memberikan manfaat. Terimakasih telah melulangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca :D