Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Yang Membuat Banyak Orang Ketagihan Untuk Mendaki Gunung

Pasti ada saja cerita yang membuat seorang pendaki ketagihan untuk kembali berbetualang mendaki gunung. Entah gunung yang berbeda ataupun gunung yang pernah di singgahi dengan jalur yang berbeda.

Saya sendiri juga merasakan sesuatu demikian.

Walaupun ketika sedang mendaki terasa berat, beberapa hari setelah mendaki badan pegal-pegal. Tapi itu semua tidak membuat saya kapok untuk mendaki gunung.

Rasa ketagihan untuk mendaki gunung selalu muncul. Entah beberapa minggu, bulan, keinginan untuk berpetualang menyusuri jalan yang curam selalu terbayang di pikiran.

Dan Inilah penyebab saya selalu ketagihan untuk mendaki gunung.

Semua Terasa Nikmat

Ketika sedang berada di gunung, ada beberapa hal yang tidak saya rasakan saat sedang berada di rumah.

Salah satunya adalah makanan dan minuman yang rasanya berkali-kali lipat nikmatnya. Dan itu bukan saya saja yang merasakannya. Ketika teman sependakian saya tanya, ternyata dia juga merasakan apa yang saya rasakan.

Contohnya adalah ketika sedang melewati jalur pendakian yang cukup curam, setelah susah payah, lelah, menghabiskan banyak tenaga dan beristirahat sambil meminum air perbekalan, rasa satu tengguk air tersebut terasa begitu nikmat.

Selain makanan dan juga minuman, rasa nikmat juga saya rasakan ketika sedang tidur.

Padahal ketika sedang berada di gunung, saya hanya tidur beralaskan matras yang tertutupi oleh tenda. Kalau dibandingkan dengan tidur di atas kasur kamar yang empuk tentu banyak orang memilih untuk tidur di kasur.

Tapi ketika sedang berada di gunung, ketika sudah lelah mendaki, dan sampai di pos tempat mendirikan tenda untuk beristirahat, saya juga merasakan betapa nikmatnya terlelap dan tertidur pulas di tempat seadanya.

Hal tersebut membuat saya sadar betapa kurangnya rasa syukur saya terhadap sesuatu hal yang mungkin terlihat sepele, Contohnya adalah air dan tempat yang nyaman.

Rasa Bahagia

Saya sendiri merasakan saat sedang tidak berada di gunung, seperti saat sedang berada di rumah, tempat kerja, candaan atau obrolan yang diomongkan dengan orang lain tertengar sepele dan tidak ada artinya.

Tapi berbeda dengan apa yang saya rasakan ketika sedang berada di gunung. Sesuatu candaan atau obrolan yang sepele tadi bisa membuat saya tertawa bahagia.

Entah kenapa itu bisa terjadi, jujur saya juga tidak tahu penyebabnya. Mungkin tidak semuanya merasakan hal yang sama, tapi seperti itulah yang saya rasakan.

Beban Pikiran Hilang Terlupakan

Mungkin masing-masing orang mempunyai cara berbeda untuk menghilangkan beban pikirannya. Ada yang membelanjakan uangnya untuk membeli barang dambaan, ada yang pesan makanan sampai begitu banyaknya, dan lain sebagainya.

Selama itu menggunakan uang pribadi dan bukan merupakan tindakan negatif, saya rasa sah-sah saja.

Banyak juga orang yang melakukan pendakian gunung untuk melupakan sejenak beban pikiran yang tertampung dalam otak setelah lelah menjalani aktivitas kesehariannya.

Dan itu juga yang saya alami dan lakukan.

Ketika saya penat, lelah, bosan, stres dengan keseharian yang begitu-gitu saja seperti tidak ada perubahan, maka cara saya untuk mengobatinya adalah dengan menikmati alam, salah satunya adalah mendaki gunung.

Ketika sedang berada di gunung melihat luasnya jangkaun pemandangan yang nampak di mata, melihat rumah-rumah penduduk yang terlihat kecil, membuat saya sadar betapa sempitnya kehidupan saya yang terkurung dalam ruang kecil dan menutup mata untuk melihat luasnya dunia.

Pemandangan Yang Mengagumkan

Pemandangan Ketika Mendaki Gunung

Jauh lebih indah, jauh lebih keren, jauh lebih mengagumkan jika dibandingkan dengan foto atau video yang banyak diunggah orang di sosial media.

Ketika sedang berada di ketinggian gunung, menikmati langsung pemandangannya secara langsung, membuat saya sadar dan takjub akan kebesaran tuhan yang telah menciptakan alam semesta ini.

Melihat gunung lain yang berjajar dengan megahnya, menikmati semburat cahaya matahari pagi yang muncul dari timur, merasa berada di atas lautan awan putih yang begitu luasnya, memandang pemukiman penduduk yang nampak kecil, dan lukisan alam yang indah lainnya.

Bahkan sering juga saya jumpai beberapa hewan liar penghuni gunung hidup bebas mencari makan di habitat alaminya. Contohnya adalah gerombolan monyet, berbagai jenis burung, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa hal yang dapat saya jumpai dan rasakan ketika sedang berada di gunung.

Suasana Tenang, Sunyi Jauh Dari Kebisingan

Suasana seperti inilah yang membuat hati, pikiran dan jiwa saya menjadi terasa tenang, hanya terdengar suara alam jauh dari keramaian

Berbeda ketika sedang berada di lingkungan yang penuh dengan suara berisik dari sekitar, seperti orang ngomong, kendaraan berlalu lalang, suara pabrik, dan lain sebangainya yang menurut saya membuat tidak nyaman.

Kalau saya pribadi lebih suka memilih jal ur pendakian yang tidak ramai pendaki, kalaupun jalur tersebut memang ramai, maka saya akan memilih untuk lewat jalur ramai itu bukan hari di mana banyak orang mendaki, seperti ketika akhir pekan atau masa liburan.

Bisa Bertemu Dan Kenal Dengan Orang Baru

Mempunyai kegemeran sama, cerita sana-sini tentang pendakian gunung, mungkin itulah alasan bisa lebih nyambung dan akrab ketika bertemu orang baru saat berada di gunung.

Banyak dari para pendaki yang berangkat sendiri dari tempat tinggalnya. Memang ketika berangkat dia sendiri, tapi ketika di basecamp punya kenalan atau teman baru.

Bisa kenal dan berteman dengan orang baru ketika sedang mendaki gunung, adalah hal hal biasa selagi dari diri kita sendiri mau terbuka dengan orang lain yang baru kita temui.

Tidak susah untuk kenal dengan orang baru, selayaknya dimulai dengan obrolan pada umunya, seperti menanyakan berasal dari mana, gunung apa saja yang pernah didaki, dan banyak obrolan umum lainnya.

Penutup

Banyak hal yang dapat kita dapatkan ketika sedang mendaki gunung, mungkin apa yang tuliskan di atas, baru sebagian kecil saja hal yang membuat seseorang ketagihan untuk terus dan kembali mendaki gunung.

Dan banyak sekali gunung-gunung indah di negri ini. Salah satunya adalah kumpulan gunung di Provinsi Jawa Tengah yang bisa menjadi refrensi tujuan mendaki.

Mungkin cuma sedikit ini artikel yang saya punya kali ini. Semoga bisa menjadi bacaan yang menarik serta dapat memberikan manfaat, Terimakasih :D