Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Penyebab Harga Cupang Mahal Di Pasaran Ikan Hias

Pakan Ikan Cupang - Pernahkah terbayang dalam benak kalian mengapa harga untuk seekor atau sepasang bisa dihargai dengan harga ratusan bahkan sampai jutaan rupiah.

Mungkin itulah pertanyaan bagi banyak orang yang penasaran dengan harga ikan cupang yang mahal.

Dahulu ikan cupang hanya dianggap sebagai ikan aduan dan yang suka dengan ikan ini hanya anak kecil. Tapi semua itu sudah mulai berbeda di beberapa tahun belakangan ini yang penggemarnya sudah merambah di berbagai kalangan.

Sebenarnya mahal murahnya harga ikan cupang itu tergantung persepsi atau pendapat masing-masing setiap individu. Kalau tidak paham dan mengerti pasti banyak yang menganggap kalau cupang hanyalah ikan aduan yang sering dijual kepada anak sd.

Tentu akan berbeda jika dibandingkan dengan para pencinta atau penghobi yang sudah terjun lama dalam dunia percupangan. Kalau ada ikan yang disuka dan sudah merasa cocok dengan pilihannya, tentu harga bukanlah penghalang untuk mendapatkan ikan cupang yang diinginkan. 

Mungkin itu adalah alasan umumnya. Tentu selain itu masih ada sebab mengapa harga ikan cupang bisa mahal, bisa tembus ratusan ribu bahkan jutaan rupiah.

Penyebab Harga Ikan Cupang Mahal

Dan berikut ini adalah beberapa alasan atau sebab mengapa ikan cupang bisa dihargai dengan harga mahal.

1. Cupang Memiliki Kwalitas Yang Bagus

Hal pertama yang menyebabkan harga ikan juga bisa tembus ratusan ribu bahkan jutaan rupiah adalah cupang tersebut memiliki kwalitas yang bagus.

Dan untuk tahu apakah cupang tersebut berkwalitas bagus atau tidak, kita bisa belajar dari berbagai sumber. Syukur-syukur bisa belajar langsung dari orang yang sudah lama terjun dalam dunia percupangan.

Dengan paham dan mengerti seperti apakah cupang yang berkwalitas bagus, tentu kita tidak akan mudah terpedaya dengan harga ikan cupang mahal padahal kwalitasnya biasa saja.

Biasanya para breeder telah menseleksi mana cupang yang berkwalitas bagus dan mana yang tidak masuk dalam kategori berkwalitas. Sehingga yang lolos seleksi dihargai dengan harga yang lebih mahal.

2. Harga Ketika Beli Sudah Mahal

Harga beli yang cukup menguras kantong, tentu inginnya menjual dengan harga yang sebanding juga.

Itulah alasan berikutnya kenapa para penjual menjual ikan cupang jenis tertentu dijual dengan harga mahal. Apalagi harga ikan impor dari luar negri yang tentu uang yang harus dikeluarkan tentu lebih banyak untuk biaya karantina, ongkos kirim, packing dll.

Masa ketika beli dengan harga, katakanlah dua ratus ribu perpasang setelah berhasil membudidayakannya mau dijual dua puluh ribu perpasang?

Tentu para peternak juga tidak ingin jika harga ikan cupang turun, sehingga harga jual tak berselisih jauh dengan harga beli.

3. Biaya Perawatan Dan Pakan Yang Tidak Murah

Bukanlah hal yang mudah untuk merawat ikan cupang dari mengawinkan, bertelur, menetas menjadi burayak hingga dewasa. Perlu pakan dan perwatan yang tepat supaya si ikan cupang bisa terus hidup.

Biaya pakan akan tinggi jikalau untuk mendapatkan pakan bagi si ikan cupang harus membeli baik itu pakan hidup maupun pakan buatan.

Bahkan jika mengandalkan pakan yang bisa didapat di alam seperti contohnya jentik nyamuk, kutu air, perlu waktu dan tenaga untuk mendapatkannya dan tentu itu akan berpengaruh ke harga ikan yang dijual.

Jadi hargailah perjuangan para peternak cupang dengan cara tidak menjatuhkan harga ikan cupang yang sudah ditentukan.

Penutup

Mahal atau murah harga ikan cupang itu relatif, tergantung dari masing-masing individu yang menilainya. Jika sudah tidak suka, harga lima ribu rupiah pun akan terasa sangat mahal, begitu juga sebaliknya. Jadi suka ya silahkan dibeli dan jika tidak suka enggak perlu dibeli.

Jika sudah berani membeli, berapapun harga ikannya jangan cuma mau memilikinya saja. Rawatlah ikan tersebut karena ikan cupang juga makhluk hidup yang bisa merasakan sakit dan mati. Berikanlah pakan cupang yang bagus dan sesuai untuk memenuhi gizi si ikan.

Oke, mungkin hanya ini sedikit artikel yang saya punya kali. Semoga apa yang tertulis di sini bisa menjadi bacaan yang menarik serta dapat memberikan manfaat. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca :D