Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilihan Jenis Pakan Yang Bagus Untuk Ikan Cupang

Pakan Ikan Cupang - Setiap makhluk yang bernyawa pasti perlu makan untuk bisa tetap bertahan hidup, begitupun dengan ikan hias cupang. Dan kita pun sebagai sang pemilihara tentu harus memperhatikan itu, jagan cuma sekedar ingin punya tapi memberi makan saja tidak mau.

Pemberian pakan pun juga jangan terlalu banyak apalagi kurang dan berikan pakan yang sesuai supaya si ikan cupang tetap sehat tidak mudah terkena penyakit.

Pilihan Pakan Yang Bagus Untuk Ikan Cupang

Seringkali banyak yang bertanya tentang pakan apa yang bagus untuk diberikan ke ikan cupang. Jawabannya cukup simpel. Sebenarnya pakan cupang bisa dikatan bagus itu adalah pakan yang mau dimakan oleh si ikan.

Berikut ini adalah beberapa pakan yang bisa diberikan untuk si ikan cupang

Pakan untuk ikan cupang itu simpel dan mudah didapat, baik itu dari alam langsung ataupun beli di penjualnya. Tinggal pilih saja pakan mana yang sekiranya cocok dan sesuai dengan kebutuhan.

Lalu apa sajakah pilihan jenis pakan yang biasa diberikan untuk si ikan cupang?

1. Pakan Hidup

Pakan hidup adalah pakan sangat cocok untuk diberikan ke ikan cupang. Salah satu keunggulan dari pakan hidup adalah saat si ikan untuk mengejar pakan hidup tersebut, sehingga si cupang jadi lebih aktif bergerak.

Inilah beberpa pakan hidup yang biasa diberikan untuk si ikan cupang.

  • Jentik Nyamuk

Banyak orang menyebutnya dengan sebutan yang berbeda-beda, seperti encu, encuk, uget-uget dan lain sebagainya. Pakan ini sangat cocok diberikan untuk ikan usia diatas 3 bulan, terkhusus untuk ikan cupang betina supaya telur yang terisi di perutnya bisa banyak.

Jentik nyamuk bisa didapatkan dengan cara mencari di genangan air yang digunakan untuk nyamuk bersarang dan bertelur. Bisa juga dari budidaya dengan cara memindahkan telurnya supaya menetas ke tempat yang telah disiapkan.

Kalaupun tidak ada, biasanya di komunitas ikan hias juga ada yang menjualnya tapi masih terbilang jarang.

  • Cacing

Berhubung ikan cupang memiliki ukuran mulut yang kecil, jadi cacing di sini bukanlah cacing tanah yang memiliki ukuran besar, melaikan cacing yang memiliki ukuran tubuh keci seperti cacing darah dan cacing sutra.

Konon katanya dengan pemberian pakan berupa cacing, si ikan cupang akan cukup cepat pertumbuhannya.

Tapi kelemahan dari pakan cacing ini adalah tentang kebersihannya. Kita harus memastikan ketika cacing akan diberikan untuk si ikan, cacing harus sudah dibersihkan supaya tidak membawa penyakit untuk si cupang.

  • Kutu Air

Kutu air juga banyak digunakan oleh para pecinta cupang sebagai pakan ikan cupang kesayangannya.

Kita bisa mendapatkan kutu air di genangan air yang tenang seperti di sawah, parit, pinggiran sungai berarus tenang, waduk dan lain sebagainya. Bisa juga dari kultur sendiri atau beli di penjualnya.

Ada beberapa jenis kutu air, dan yang paling sering diberikan kepada cupang adalah jenis moina sp serta daphnia magna.

Dan ada juga kutu air yang dihindari para pecinta ikan cupang ini, yaitu adalah kutu air zet dan juga kutu air batu. Konon katanya kedua jenis kutu air ini tidak bagus jika diberikan ke ikan cupang.

  • Artemia

Pakan ini sangat cocok untuk diberikan ke burayak ikan cupang karena memiliki ukuran badan yang kecil, sehingga sang burayak dapat memakannya.

Biasanya bisa didapatkan di penjual perlengkapan ikan hias atau penjual online dengan harga sekitar 20-30 ribu untuk setiap 20 gramnya.

Kelemahan dari pakan ini adalah harganya yang lumayan, tidak bisa dicari di alam sekitar kita, serta proses penetasan telurnya yang memerlukan waktu sekitar 1x24 jam sampai siap diberikan ke ikan.

  • Infusoria

Infusoria adalah pakan hidup sejenis plangkton yang memiliki ukuran sangat kecil sehingga sangat cocok sebagai pilihan untuk pakan burayak yang masih memiliki ukuran tubuh dan mulut yang kecil juga.

Untuk mendapatkannya juga cukup mudah yaitu dengan cara mengkulturnya sendiri dengan proses yang tidak memerlukan waktu lama serta wadah dengan ukuran seadanya.

2. Pakan Buatan

Berikutnya kita beralih ke pakan buatan yang biasanya diberikan untuk pakan si ikan cupang. Keunggulan dari pakan ini adalah lebih efisien dan mudah untuk didapatkan.

Tapi kelemahannya jika pemberian pakannya berlebihan dan si ikan tidak mau memakan sampai habis, dapat menyebabkan air menjadi keruh dan ikan jadi gampang sakit.

Berikut ini adalah beberapa pakan buatan yang bisa kalian berikan untuk pakan si ikan cupang.

  • Pelet

Ada banyak jenis pelet yang beredar di pasaran, mulai pelet kiloan, mem, dan pelet jenis lainnya. Tinggal pilih saja mana yang sekiranya cocok dengan kebutuhan untuk diberikan sebagai pakan ke ikan cupang.

Yang perlu diperhatikan adalah ukuran dari pelet. Pastikan pelet dapat masuk ke mulut dan ikan mau untuk memakannya. Jika ukuran pelet masih belum bisa langsung termakan oleh ikan, bisa dilakukan dengan cara menumbuk atau memblender pelet tersebut sampai halus.

  • Artemia Tetas

Selain artemia yang perlu ditetaskan terlebih dahulu, tersedia juga artemia yang sudah ditetaskan, sehingga penggunaannya lebih efisien.

Sayangnya untuk harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan pelet, sehingga cukup menguras kantong. Tapi walaupun demikian, tak ada salahnya juga untuk mencoba pakan ini.

Penutup

Dan itulah tadi beberapa pakan hidup maupun pakan buatan yang bisa diberikan sebagai pakan untuk si ikan cupang, tinggal pilih saja mana yang sekiranya cocok atau bisa juga memadukkan kedua jenis pakan tersebut.

Oke, mungkin hanya ini artikel yang saya punya kali ini. Semoga apa yang tertulis di sini bisa menjadi bacaan yang menarik serta dapat memberikan manfaat. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca :D