Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menemukan Ide Materi Baru Untuk Menulis Di Blog

Ide Menulis Di Blog - Menghasilkan uang dari menulis artikel di blog bukanlah sesuatu yang mustahil dan itu bisa menjadi peluang usaha untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Banyak dari bloger sukses yang bisa mendapatkan gajian rutin setiap bulannya. Bahkan pendapatan yang dihasilkan dari blog bisa melebihi pegawai kantor yang setiap hari berangkat pagi pulang sore.

Di era yang semakin maju ini, banyak orang yang tertarik dengan pekerjaan tersebut karena tergiur dengan uang yang didapatkan dari menulis di blog. Tapi faktnya untuk bisa gajian rutin setiap bulan bukanlah hal yang mudah. Perlu adanya konsistensi yang dituntut untuk menemukan ide baru untuk dibuat artikel.

Sebenarnya untuk mendapatkan kesuksesan yang didampakan dalam segala hal apapun perlu kerja keras termasuk jika ingin menulis artikel di blog.

Menemukan Ide Materi Untuk Menulis Di Blog

Salah satu faktor yang menghantui setiap orang yang baru terjun menulis di blog adalah menemukan ide apa yang ada di otak untuk kemudian dituliskan di blog.

Maka dari itu jika ingin sukses di blog kita harus menemukan ide atau materi baru supa blog menjadi kaya dengan artikel yang kita punya.

Sumber Ide atau Materi Untuk Ditulis Di Blog

Berikut ini adalah beberapa cara supaya kita selalu mempunyai ide atau materi baru untuk ditulis dalam bentuk artikel dan dijadikan konten dalam blog yang kita punya.

  • Mengambil Ide Dari Pengalaman

Banyak orang mengatatakan kalau pelajaran paling berharga dalam hidup ini adalah belajar dari pengalaman. Entah itu pengalaman kita pribadi maupun orang lain.

Kita bisa menemukan ide atau materi baru dari pengalaman yang bisa kita tuliskan dalam blog, yang mungkin akan dapat menjadi informasi dan berguna bagi orang lain.

Seperti contoh pengalaman membayar pajak kendaraan di samsat, pengalaman membuka tabungan di bank, dan banyak contoh lainnya. Dari situ kita bisa mengambil point-point pentingnya dan kita tuliskan dalam bentuk artikel di blog.

Jadi perbanyaklah pengalaman dalam hidup ini supaya ide-ide dalam otak kita tidak terbatas itu-itu saja dan juga dapat menjadikan kita sebagai manusia yang selalu berkembang setiap harinya.

  • Mengamati Lingkungan Di Sekitar Kita

Menemukan ide atau materi membuat artikel dari mengamati lingkungan sekitar kita?

Mengamati apa yang ada di sekitar dapat melatih kepekaan kita terhadap apa yang sedang terjadi. Dan dari situ kita dapat mengambil point-pointnya untuk merangkai sebuat tulisan dalam gaya bahasa kita.

Salah satu contohnya adalah mengamati lalu lintas kendaraan bermotor yang lewat silih berganti. Kita bisa menemukan ide, seperti penyebab kemacetan di jalan, bahaya dari asap kendaraan bermotor, dan lain sebagainya.

Semakin kita terbiasa untuk mengamati semakin mudah kita untuk menemukan ide baru dan mengambil setiap point pentingnya untuk kita tuliskan dalam bentuk artikel.

  • Membaca

Semakin banyak membaca, maka ilmu pengetahuan yang kita miliki semakin luas. Kita akan menemukan sesuatu yang baru dari membaca.

Sudah ada banyak sekali materi yang terangkum dalam berbagai sumber bacaan. Kita dapat menemukan ide menulis artikel di blog dari sana. Tentu dapat kita tuliskan dengan gaya tulisan yang kita miliki.

Dan jangan takut atau khawtir apakah tulisan yang kita buat akan ramai dibaca oleh pembaca atau tidak karena sudah banyak materi yang sama sudah terlebih dahulu ditulis oleh penulis lain. Karena banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari kebiasan menulis.

  • Menulis Dan Terus Menulis

Untuk terus bisa membuat artikel di blog, maka mau tidak mau kita harus terus konsisten untuk menulis kata demi kata, kalimat demi kalimat, paragraf demi paragraf dan dirangkai dalam sebuah artikel setiap harinya.

Dengan konsisten menulis maka secara tidak sadar kita akan terbiasa menyusun kata menjadi sebuah kalimat supaya enak dibaca oleh para pengujung blog kita. Jadi dalam kondisi apapun cobalah luangkan sedikit waktumu untuk tekun menulis.

Ide-ide tulisan yang akan kita tulis lebih mudah untuk kita terjemahkan dengan bahasa kita supaya mudah dipahami oleh para pembaca di blog kita.

Mungkin di awal-awal akan terasa sulit. Tapi percayalah kalau proses itu memang ada dan kita harus melewati langkah demi langkah proses tersebut untuk sampai di titik yang kita tuju.

Penutup

Otak kita tidak terbatas dengan ide-ide yang sudah ada. Tinggal apakah kita mau mengembangkan ide tersebut menjadi ide baru versi kita masing-masing untuk dibagikan kepada orang lain atau tidak.

Mungkin hanya ini sedikit artikel yang saya punya kali ini. Semoga apa yang tertulis di sini bisa menjadi bacaan menarik serta dapat memberikan manfaat. Terimakasih telah mau meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca :D