Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Macam Penyakit Pada Ikan Cupang Dan Cara Mengobatinya

Memelihara ikan cupang yang sedang sakit, tentu bukanlah hal yang diinginkan oleh para pecinta ikan hias satu ini.

Walaupun ukuran bandannya yang kecil tapi ikan cupang memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan ikan hias lainnya. Salah satunya warna di tubuhnya yang indah dipandang mata dan sifat galaknya yang tidak bisa disatukan dengan ikan lain.

Tapi ketika ikan cupang kesayangan kita sedang sakit tentu keindahan yang dimilikinya tidak akan terlihat sempurna karena ikan menjadi tidak aktif cenderung diam dan lemas.

Yang lebih parahnya lagi kalau ikan sampai tidak mau bergerak dan sudah tidak bernafsu lagi untuk memakan pakan yang diberikan. Dan mungkin ikan cupang tersebut tinggal menunggu waktu untuk mati.

Mencegah Ikan Cupang Sakit

Tentu hal seperti di atas jangan sampai terjadi.

Pepatah mengatakan kalau mencegah lebih baik jika dibandingkan dengan mengobati.

Maka selalu lakukanlah hal berikut ini untuk mencegah ikan cupang supaya tidak terkena penyakit.

Memperhatikan Kwalitas Air

Air merupakan tempat hidup si ikan, jadi pastikan jika air yang digunakan memiliki kwalitas yang bagus.

Salah satu cara supaya kwalitas air dapat terjaga adalah dengan cara mengendapkan air terlebih dahulu sebelum ikan dimasukkan dan juga menambahkan garam ikan serta daun ketapang.

Dan ketika air sudah terlihat keruh atau kotor oleh sisa pencernaan pakannya pastikan untuk menguras air tersebut dan mengganti atau menambahkan dengan air baru yang sudah disiapkan.

Memperhatikan Pemberian Pakan

Pakan ikan cupang yang bagus adalah pakan yang mau dimakan oleh si ikan. Baik itu pakan hidup maupun pakan buatan.

Pakan hidup biasanya berupa kutu air, jentik nyamuk, cacing dal lain sebagainya. Sedangkan pakan buatan biasa berupa pelet.

Yang terpenting adalah jangan sampai kurang dalam pemberian pakan karena ikan cupang merupakan makhluk hidup yang butuh makan. Dan juga jangan terlalu berlebihan dal pemberian pakan karena tidak bagus juga kalau pemberian pakannya berlebihan.

Mungkin dua hal di atas merupakan hal penting yang harus kita perhatikan supaya ikan cupang kesayangan tidak mudah sakita.

Penyakit Pada Ikan Cupang Dan Cara Menanganinya

Lalu bagaimana jika si ikan sudah terlanjur sakit?

Melihat ikan cupang kesayangan sedang sakit tentu menjadi beban tersendiri bagi pemiliknya, apalagi kalau sampai tidak tertolong karena kurangnya pengetahuan kita tentang cara mengobatinya.

Oke di sini saya akan berbagi informasi tentang mengobati ikan cupang yang sedang sakit.

Mungkin ada beberapa penyakit yang sering menghampiri ikan cupang kesayangan kita. Dan berikut ini adalah beberapa penyakit yang sering menghampiri si ikan cupang dan cara menangani atau mengobatinya.

  • Ekor Dan Sirip Kuncup

Salah satu cara menikmati ikan cupang adalah bukaan ekor atau siripnya yang mengembang sehingga terlihat bagus. Otomatis jika si ikan ekor ada siripnya kuncup tentu keindahan dari ikan tersebut akan berkurang.

Penyebab ikan ekor dan sirip ikan cupang menjadi kuncup, biasanya disebabkan karena si ikan sedang dalam kondisi stress.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan si ikan cupang menjadi stress. Bisa dari wadah, air, pakan atau ikan tersebut kurang nyaman dengan kondisinya.

Dan untuk penangannya siapkan tempat yang lebih besar untuk si ikan tinggal. Bisa berupa ember atau tempat lainnya. Ini difungsikan untuk mengkarantina si ikan.

Pastikan air yang digunakan adalah air yang digunakan adalah air yang sudah diendapkan dan jangan lupa untuk menambahkan daun ketapang dan juga garam ikan secukupnya.

Bisa juga ditambahakan tumbuhan air supaya si cupang merasa nyaman dengan tempat barunya. Dan yang terpenting selama karantina, jangan sering menganggu cupang tersebut supaya si ikan merasa nyaman.

Dan selama karantina juga pastikan pemberian pakan jangan sampai terlupakan. Yang pastikan si ikan mau memakan pakan tersebut dan jangan kurang serta berlepihan pakan yang diberikan.

Setelah kurang lebih satu minggu, ikan cupang sudah bisa dipindahkan ke soliter atau wadah yang telah disiapkan.

  • Ikan Cupang Mengambang Di Permukaan Air

Hal ini bisa ditandai dengan keadaan si ikan seperti selalu berada di permukaan air dan kesulitan untuk berenang ke bawah.

Biasanya disebabkan karena pemberian pakan yang terlalu berlebihan sehingga ikan lebih lama untuk mencerna pakan tersebut.

Dan jika si ikan mengalami kondisi seperti ini, penanganannya dapat dilakukan dengan cara memindahkan ikan ke tempat baru dengan volume air yang tidak terlalu tinggi supaya si ikan tidak terlalu berada di permukaan air sehingga cupang tersebut lebih mudah mencerna makanan dalam perutnya.

Pindahkan ke tempat gelap atau tertutup dan selama pemindahan tersebut ikan jangan diberi makan selama kurang lebih satu kali dua puluh empat jam atau sampai si ikan mengeluarkan sisa pencernaannya.

Setelah ikan sudah normal, bisa ditandai dengan perut yang sudah normal lagi, si ikan sudah bisa dipindahkan lagi ke tempat sebelumnya dan sudah bisa diberi pakan lagi ( Jangan telalu banyak dalam pemberian pakannya )

  • Mata Bengkak ( pop eye )

Penyakit ini ditandai dengan mata si ikan cupang terlihat bengkak dan seperti ada selaput putih yang menutupi matanya.

Penyebab mata cupang mengalami mata bengkak atau biasa disebut pop eye disebabkan bakteri yang muncul karena kwalitas air yang buruk. Dan penyebab air buruk bisa dari pakan, kotoran si ikan yang tidak dibersihkan dll.

Untuk penanganannya bisa dilakukan dengan cara memindahkan ikan cupang ke tempat baru yang ainya telah disiapkan dan diberi tambahan obat biru serta garam ikan secukupnya.

Untuk mengihindari penyakit mata di ikan ini, tentu kwalitas air yang baik harus kita perhatikan. Karena kwalitas air yang buruk akan menyebabkan banyak masalah penyakit bagi si ikan cupang.

  • Fin Rot

Fin rot adalah penyakit yang biasa menyerang sirip si ikan. Ekor atau sirip akan terlihat memerah dan kemudian busuk. Jika hal ini dibiarkan, bukan tak mungkin merambat ke seluruh badan yang akhirnya menyebabkan ikan mati.

Penyebabnya dikarenakan kwalitas air yang buruk.

Sebelum saktinya terlalu parah, segeralah melakukan pengobatan dengan cara memindahkan ikan cupang yang sakit ke tempat wadah atau air baru yang sudah diberi obat serta garam ikan.

Ketika ikan sirip atau ekornya sudah mulai tumbuh kembali, ikan sudah bisa dipindahkan kembali. Dan pastikan untuk selalu menjaga kwalitas airnya supaya ikan tidak terkena fin rot kembali.

  • White Spot

White spot atau munculnya titik titik putih di badan ikan termasuk ekor dan siripnya. Dapat menyebabkan ikan menjadi lemas untuk bergerak, bahkan ikan tidak mau makan. Jika dibiarkan tanpa segera diobati ikan bisa mati.

Penyebab munculnya white spot pada ikan adalah kwalitas air yang buruk serta suhu air yang terlalu dingin.

Untuk penanganannya bisa dilakukan dengan cara memindahkan cupang ke rendaman air ketapang yang sudah disiapkan serta tambahan garam ikan secukupnya dan pastikan suhu air tidak terlalu dingin.

  • Sisik Nanas 

Penyakit sisik nanas, mungkin salah satu penyakit di ikan cupang yang sulit untuk disembuhkan karena penyakit ini menyerang organ bagian dalam ikan.

Penyebab ikan bisa terkena penyakit ini, biasanya dikarenakan pakan yang diberikan kurang bersih, sehingga masuk kedalam pencernaan ikan dan membawa bakteri penyakit di sana.

Jika ikan cupang terkena penyakit ini, dapat ditandai dari, ikan selalu berenang di permukaan air serta sisiknya seperti membuka, tidak seperti sisik ikan yang menutup pada umumnya.

Untuk penanganannya bisa dilakukan dengan cara memindahkan ikan ke tempat baru dengan volume air yang tidak terlalu tinggi serta diberi daun ketapang dan tambahan garam ikan secukupnya. Dan yang paling penting adalah berdoa, berharap supaya si ikan dapat sehat kembali.

Penutup

Ikan cupang adalah makhluk hidup yang mempunyai nyawa dan bisa merasakan sakit. Jika ingin cupang peliharaan sehat, maka kita harus mau untuk merawatnya terkhusus untuk masalah air dan pakan. Karena faktor terbesar penyebab cupang sakit terdapat di dua hal tersebut.

Maka ikan cupang yang berkwalitas bagus adalah ikan yang sehat. Dan untuk merawat serta menjaga supaya ikan tetap sehat perlu perhatian serta perlakuan khusus, sehingga tidak heran jika harga ikan cupang menjadi mahal.

Mungkin ini sedikit artikel yang saya punya kali ini. Semoga bisa menjadi bacaan yang menarik serta dapat memberikan manfaat. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca :D