Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunggulan Memilih Ikan Guppy Untuk Budidaya Serta Sebagai Peluang Wirausaha

Di jaman yang semakin maju ini, banyak sekali orang yang ingin berwirausaha tetapi bingung bidang usaha apa yang akan dipilih karena saking banyaknya refrensi-refrensi yang mereka dapatkan dari berbagai sumber yang justru malah membuat bingung.

Nah kali ini saya mau berbagi refrensi bagi kalian yang suka dengan dunia ikan hias. Daripada cuma sekedar suka atau hobi, kan lebih baik jika bisa mendapatkan penghasilan dari hobi yang kita sukai.

Keunggulan Ikan Guppy Untuk Dibudidayakan

Yaitu adalah berbisnis atau berwirausaha budidaya ikan guppy.

Berikut ini keunggulan yang bisa jadi refrensi bagi kalian yang ingin mencoba berwirausaha budidaya ikan guppy

Silahkan simak beberapa point-point di bawah ini dan semoga mendapatkan pencerahan tentang apa yang sedang dicari.

1. Tidak Perlu Modal Besar

Berbeda dengan bisnis lainnya yang memerlukan modal jutaan mungkin sampai puluhan juta seperti membuka rumah makan, membuat kontrakan atau kos-kosan, bisnis jual beli kendaraan, dan bisnis lainnya yang memerlukan modal besar.

Kalau bisnis ikan guppy ini tidak memerlukan modal sebanyak itu. Cukup sediakan puluhan atau ratusan ribu saja kita sudah bisa untuk membeli satu pasang indukan yang siap untuk dikawinkan, tergantung dari kwalitas ikan dan di mana membelinya.

Jika masih ragu ingin membeli indukan yang mahal, bisa mencoba terlebih dahulu membeli indukan yang murah dan ketika nanti sudah berhasil dan merasa bisa, barulah bisa mencoba untuk menguprade ikannya ke jenis atau kwalitas yang lebih bagus.

2. Tidak Memerlukan Tempat atau Lahan Luas

Alasan berikutnya adalah ternak atau budidaya ikan guppy tidak memerlukan lahan yang luas karena bisa dilakukan di mana saja dengan lahan yang terbatas sekalipun. Contohnya seperti di ruang kosong yang ada di dalam atau halaman rumah, dan tempat lainnya yang tergolong tidak luas.

Tapi jika punya lahan yang luas itu lebih baik lagi karena semakin banyak jumlah dan jenis guppy yang dapat dipelihara. Yang terpenting adalah perhatikan kondisi air yang digunakan untuk memilihara serta cahaya yang masuk.

Kenapa cahaya juga perlu diperhatikan?

Beberapa jenis guppy memiliki keunikan tersendiri. Ada beberapa jenis yang perlu dan bagus jika ditaruh ke tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Tapi ada juga ikan guppy yang lebih indah dan nyaman jika ditaruh di tempat yang minim cahaya.

3. Tidak Perlu Aksesoris Dan Wadah Yang Sedemikian Rupa

Bisa dibilang untuk guppy jenis-jenis tertentu memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Sehingga ditempatkan di wadah yang kecilpun si ikan bisa berkembangbiak tanpa perlu aksesoris tambahan seperti filter, aerator dan lain sebagainya.

Jadi tidak perlu kolam yang luasa atau aquarium lebar untuk bisa memelihara atau bertenak ikan guppy. Cukup sediakan ember-ember bekas, si ikan guppy  sudah bisa hidup bahkan berkembangbiak di situ.

4. Mudah Berkembang Biak

Nah ini dia keunggulan dari ikan guppy yaitu adalah ikannya mudah dikawinkan dan satu kali kawin indukan betina yang sudah dewasa bisa hamil sampai tiga kali, serta setiap satu kali hamil bisa mengeluarkan burayak sebanyak lima puluh ekor lebih.

Dan proses untuk mengawinkan ikannya juga bisa dibilang cukup mudah. Cukup gabungkan indukan jantan dan betina yang sudah siap kawin, tunggu proses perkawinan sekitar satu sampai satu setengah atau dua bulan dan si indukan betina sudah bisa brojol mengeluarkan burayak dalam perutnya.

5. Pakan Yang Murah Dan Mudah Didapat

Untuk masalah pakan, ikan guppy sendiri termasuk makhluk hidup yang makanannya mudah untuk didapat tanpa perlu merogoh uang yang cukup banyak.

Pilihan jenis pakannya ada dua, yaitu berupa pakan hidup seperti jentik nyamuk, cacing kecil, infusoria, kutu air dll dan yang satunya lagi adalah pakan buatan bisa berupa pelet yang dihaluskan serta banyak lagi macam-macam pakan buatan lainnya. Yang terpeting adalah si ikan bisa dan untuk memakan pakan yang diberikan.

Masing-masing pakan memiliki keunggulan dan kelemahan. Mungkin akan dijabarkan dalam artikel lain dengan lebih rinci dan jelas supaya mudah untuk dimengerti.

6. Tidak Perlu Perawatan Rumit

Kalau cuma sekedar memilihara dan memperbanyak jumlah ikan, bisa dibilang kalau ikan guppy tidak memerlukan perawatan yang rumit. Simpelnya, cukup menjaga kondisi ikan guppy tersebut nyaman di tempatnya supaya tidak stress dengan memperhatikan kondisi air dan juga pakan yang diberikan.

Walaupun perwatan tidak terlalu rumit tapi pastikan jika pemberian pakan mencukupi jangan terlalu banyak apalagi sampai kurang. Jangan lupa untuk menjaga kwalitas air dengan cara mengannti air secukupnya dan mengantinya dengan air baru jika dirasa perlu dilakukan.

7. Penjualannya Tidak Sulit Tapi Juga Tidak Mudah 

Untuk masalah pemasaran dan penjualan bisa dibilang gampang-gampang susah. Tapi berkat perkembangan teknologi sekarang ini, kita akan terbantu ketika ingin menjual ikan, yaitu dengan cara memasarkannya secara online.

Selain menjual melalui media online, melalui media offline pun juga bisa dilakukan dengan cara menawarkannya secara langsung ke kios-kios ikan hias daerah masing-masing.

Intinya semakin sering mencoba untuk memasarkan maka peluang semakin banyak orang yang akan datang bahkan tidak tertutup kemungkinan untuk menjalin kerjasama.

Penutup

Dari semua keunggulan yang ada di atas, tentu ada juga kekurangannya yang akan dibahas di artikel lain. Bagian terpentingnya adalah memiliki rasa suka terlebih dahulu terhadap ikan guppy yang tentu akan membuat kita bisa merasa nyaman dengan proses yang harus dijalani.