Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pelajaran Hidup Dan Hal Yang Bisa Didapatkan Dari Touring

Touring merupakan sesuatu yang tidak asing bagi para pencinta kendaraan bermesin berbahan bakar minyak, baik itu mobil maupun motor.

Kalau menurut saya, enaknya touring itu adalah saat sedang berkendara melewati jalan-jalan yang belum pernah dilewati dengan kendaraan yang kita tunggangi sembari menikmati alam yang indah selama di perjalanan menuju tempat tujuan.

Pelajaran Hidup Dan Banyak Hal Yang Bisa Diperoleh Dari Touring

Banyak sekali cerita yang bisa dikenang, bukan hanya keasyikannya saja tetapi juga masalah atau trouble selama di perjalanan. Seperti motor mogok, entah kehabisan bensin atau masalah di mesin dan lain sebagainya.

Selain itu kita juga bisa tahu betapa luasnya dunia yang tidak terbatas dengan hal itu-itu saja. Lalu apa sajakah yang bisa kita dapatkan ketika sedang melakukan touring?

Berikut ini adalah pelajaran hidup dan beberapa hal yang dapat kita peroleh selama melakukan touring

Seiap manusia tentu punya cerita dan pengalaman yang berbeda-beda. Dari situ kita bisa mengambil hikmah dan kisahnya untuk dapat kita kenang di kemudian hari nanti.

1. Bertemu Dengan Orang-orang Baru

Tidak bisa dipungkiri jika kita hidup di dunia ini tercipta sebagai makhluk sosial yang membutuhkan antara satu dengan yang lainnya.

Sayangnya di jaman yang semakin maju ini, banyak orang lebih memilih untuk bergaul dengan orang itu-itu saja tanpa mau membuka diri untuk orang baru, bahkan lebih sibuk dengan smartphone di genggamannya.

Dengan melakukan perjalanan touring, maka kita akan bertemu dengan orang-orang baru yang belum kita kenal dari berbagai macam kalangan dengan berbagai macam karakter yang berbeda-beda juga.

Dari situ kita bisa punya banyak kenalan, dan siapa tahu suatu saat nanti mereka bisa menjadi relasi pertemanan ketika kita sedang dalam kesulitan, atau sebaliknya.

Kita bisa belajar tentang keberagaman yang semua itu tidak akan kita dapatkan secara langsung jika hanya diam tidak kemana-mana.

2. Tahu arti Solidaritas Yang Sesungguhnya

Namanya touring menggunakan kendaraan, mungkin trouble di perjalanan adalah salah satu proses yang harus kita lewati untuk sampai tujuan dan ketika sedang dalam perjalanan untuk pulang.

Mungkin hal ini menjadi sesuatu ketakutan yang dikhawatirkan bagi orang yang belum pernah mengalami trouble ketika touring. Takut kalau tidak bisa memperbaiki sendiri dan berbagai macam ketakukan lainnya.

Tapi bagi mereka yang pernah meraskan trouble di jalan dan tahu rasanya ditolong orang lain, dari situ kita bisa mengerti arti solidaritas yang sesungguhnya, dan disaat kita menemukan orang lain yang butuh pertolongan maka dengan senang hati kita akan menolongnya karena didasari dari pernah mengalami hal yang sama dan tahu rasanya ketika ada orang lain yang membantu.

3. Mengerti Banyak Orang Yang Tidak Jauh Lebih Beruntung

Mungkin setiap orang punya anggapan yang berbeda-beda tentang pelajaran apa yang bisa didapatkan dari melalukan perjalanan touring yang masing-masing individu lakukan.

Rasa syukur, itulah kata yang tepat untuk menggambarkan betapa beruntungnya kita telah diberi waktu oleh tuhan untuk bisa menjelajahi setiap sudut dari kehidupan ini.

Bukan hanya gemerlap kota, bukan hanya sandang yang mewah, bukan hanya mengeluh dan putus asa. Kita akan tahu bahwa banyak orang yang terlahir di dunia ini tidak lebih beruntung jika dibandingkan dengan diri kita baik itu fisik, materi, dan banyak hal lainnya.

4. Mencicipi Makanan Dari Daerah Tertentu

Indonesia adalah negara kepulauan yang setiap daerah mempunyai ciri khasnya sendiri, salah satunya adalah keberagaman makanan yang berbeda-beda dari setiap daerahnya.

Bagi para penikmat kuliner, makanan yang mempunyai cita rasa berbeda tentu dapat memanjakan lidahnya karena banyak sekali makan unik dan tidak bisa ditemukan di daerah lain yang bisa kita jumpai ketika sedang touring.

Tapi pastikan kondisi kantong tercukupi untuk bisa menikmati apa yang ingin dicicipi kecuali kalau punya kenalan yang dengan tulus hati memberi makanan khas daerah tersebut untuk bisa kita nikmati.

5. Mengexplore Keindahan Alam 

Mungkin tidak akan cukup waktu kita untuk bisa menyusuri setiap jengkal tanah yang ada di bumi ini, tapi kita bisa menyambangi tempat-tempat indah yang telah diberikan oleh tuhan untuk kita jelajahi.

Kita diberi waktu tuhan untuk hidup di dunia ini hanya sekali, jadi jangan pernah membuang waktu tersebut untuk hal tidak berguna apalagi hal yang buruk. Lebih baik touring menikmati keidahan alam yang telah tuhan berikan.

Tidak perlu untuk touring ke luar negeri, di Indonesia sendiri banyak sekali surga dunia dengan begitu indahnya yang akan terasa sia-sia jika selama kita hidup di dunia ini tidak pernah sama sekali untuk menjelajahinya.

Maka juga tidak ada salahnya untuk kita menyisihkan harta, meluangkan waktu, menggunakan tenaga yang kita punya untuk sesekali atau berkali-kali untuk touring menjelajahi jalan yang ada di bumi ini.

Penutup

Kita hidup di dunia ini hanya sekali, tapi banyak sekali hal yang dapat kita lakukan untuk memaksimalkan waktu yang telah tuhan berikan. Jadi gunakanlah waktu tersbut dengan sebaik mungkin sebelum waktu tersebut habis dan kita baru akan menyesal.

Oke, mungkin hanya ini artikel yang saya punya kali, Semoga apa yang tertulis di sini bisa menjadi bacaan yang menarik serta dapat memberikan manfaat. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca :D