Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara, Syarat dan Prosedur Perpanjang Sim Di Polres Sleman

Pada waktu itu, kurang dari sebulan sebelum sim saya habis masa berlakunya, saya mencoba untuk memperpanjangnya di Polres Sleman.

Kurang lebih satu jam berkendara dari rumah, sampailah saya di sana. Hari itu hari jumat, terlihat jam setengah sembilan pagi pun sudah ramai orang dengan berbagai keperluannya.

Berhubung saya belum pernah dan tidak paham tentang tata cara dan syarat apa saja yang harus dibawa untuk memperpanjang sim, maka saya bertanya ke tukang parkir yang ada di polres tersebut. Beliau mengarahkan saya untuk pergi fotocopy ktp, sim yang akan diperpanjang, serta membuat surat keterang dokter.

Dan semua itu bisa dilakukan di seberang Polres Sleman atau sebelah barat jalan magelang. Jadi yang sudah terlanjur memarkirkan kendaraannya dalam area Polres, bisa berjalan kaki menyebrang jalan magelang untuk sampai ke sana ( tidak begitu jauh ).

Waktu sampai sana, untuk fotocopy serta membuat surat keterangan dokter, ternyata sudah ramai orang mengantri untuk melakukan hal yang sama.

Sebelum mengantri untuk membuat surat keterangan dokter, saya memfotocopy syaratnya terlebih dahulu, ternyata setelah dicek oleh tukang fotocopyaannya, sim saya masih satu bulan sebelum masa berlakunya habis. Dan katanya, aturan yang berlaku untuk memperpanjang sim, minimal dua minggu atau 14hari sebelum masa berlakunya habis.

Karena belum yakin dengan apa yang dikatakan oleh tukang fotocopyannya, saya pun kembali ke Polres dan bertanya ke salah satu bapak polisi yang ada di sana. Dan ternyata benar memang aturannya seperti itu.

Sia-sialah saya datang pada waktu itu. Jadi bagi kalian yang belum tahu dan ingin memperpanjang sim, hal itu baru bisa dilakukan minimal 14 hari atau dua minggu sebelum masa berlakunya habis. 

Kecuali ada alasan kuat untuk tidak bisa memperpanjang di dalam 14 hari tersebut, seperti pergi lama ke luar kota, dan lain sebagainya. Dan syarat atau prosedur seperti apa yang harus dibuat, saya juga tidak tahu.

Setelah Bebeberapa Minggu

Akhirnya waktunya tiba. Tepat delapan hari sebelum masa berlaku sim habis. Saya kembali ke Polres Sleman untuk memperpanjang sim.

Cara dan Prosedur Perpanjang Sim Di Polres Sleman

Dan berikut ini adalah prosedur awal yang harus kalian lakukan jika ingin memperpanjang sim di Polres Sleman. Tapi sebelum itu siapkan Ktp, sim lama yang akan di perpanjang, serta surat keterangan dokter. Juga diri sendiri karena tidak dapat diwakilkan orang lain.

Fotocopy Ktp dan Sim Lama

Untuk memperpanjang sim di Polres Sleman, di seberang polres atau tepatnya barat jalan magelang ada tukang fotocopyan yang sudah tersedia untuk memfotocopy ktp serta sim lama untuk melengkapi syarat perpanjangan sim.

Waktu itu saya memfotocopy habis seribu rupiah untuk dua lembar kertas fotocopyan sim a, sim c, serta ktp. Dan untuk antriannya, waktu itu tidak terlalu ramai karena prosesnya juga cepat.

Membuat Surat Keterangan Dokter

Sehabis ktp serta sim sudah difotocopy, langkah berikutnya adalah membuat surat keterangan dokter, ke tempat yang sudah ditunjuk oleh Polres. Kalau di Polres Sleman, tempatnya tepat di sebelah toko fotocopyan tersebut. Biasanya sudah banyak orang yang juga mengantri.

Ambilah nomor antrian yang terletak di sebelah pintu masuk untuk mendapat nomer antrian membuat surat keterangan dokter. Tunggu sampai nomor yang kalian ambil dipanggil oleh petugasnya. Lama tidaknya tergantung jumlah antrian.

Setelah nomor dipanggil, masuk dan serahkan nomor antrian serta fotocopy sim serta ktp kepada petugas.

Seingat saya untuk mendapatkan surat keterangan dokter, cuma dites pengelihatan mata, cek tensi serta ditanya berat badan dan biaya dua puluh lima ribu untuk satu sim. Kalau perpanjang dua sim ya tinggal kalikan dua saja.

Melapor Ke Bagian Informasi Untuk Mengambil Id Card

Proses selanjutnya adalah kembali ke polres, tepatnya di bagian informasi untuk mengambil Id Card yang nantinya digunakan untuk mengambil sim baru. Jadi jangan sampai hilang Id Card tersebut.

Letaknya di sebelah pintu masuk ruangan pengurusan sim bersebelahan dengan Bank Bri yang juga ada di sana. Tunjukkan berkas sebelumnya tadi, kemudian petugas akan memberikan Id Card dan kalian akan diarahkan untuk membayar biaya perpanjangan sim di bank yang juga ada di sana.

Membayar Biaya Perpanjagan

Kemudian masuklah ke Bank untuk membayar biaya perpanjangan sim. Untuk perpanjang sim a biayanya adalah 80.000 sedangkan sim c 75.000.

Jika bingung proses pembayarannya, tinggal tanyakan saja ke pada satpam dan bilang "mau perpanjang sim". kemudian nanti diberi slip pembayaran yang perlu diisi nama serta tanda tangan penyetor.

Setelah itu, bayarkan uang ke teller bank sesuai biaya perpanjangan sim beserta berkas sebelumnya untuk di staples menjadi satu.

Menuju Loket 1

Masuklah ke ruang pengurusan sim untuk kemudian menuju loket 1.

Serahkan berkas tadi ( fotocopy sim ktp, surat keterangan dokter, slip pembayaran yang sudah distaples menjadi satu ) ke loket 1.

Tunggulah sampai namamu dipanggil yang kemudian akan diberi formulir yang harus diisi. Tidak perlu bingung untuk mengisinya karena di sana sudah ada contohnya.

Menuju Loket 2

Setelah formulir sudah diisi, langsung saja menuju ke loket dua yang ada di sebelahnya untuk mengembalikan formulir dan juga mengambil nomer antrian untuk dipanggil di loket 3.

Menuju Loket 3

Tunggulah sampai petugas memanggil nomer antrian yang kalian pegang. Biasanya akan dipanggil per sepuluh nomor.

Di loket 3, kalian akan difoto serta ditanya ulang tentang data diri yang kalian isikan di formulir sebelumnya sebagai data di sim baru yang akan diberikan nanti.

Menuju Loket 5

Proses terakhirnya adalah mengambil yang sudah jadi di loket 5.

Tunggu dan antrilah sampai nama kalian dipanggil oleh petugasnya. Serta siapkan Id Card serta Sim lama kalian sebagai syarat pengambilan Sim baru yang sudah jadi.

Penutup

Oke mungkin itu tadi sedikit cerita serta Cara Perpanjang Sim Di Polres Sleman yang saya alami. Prosesnya cukup mudah tapi perlu bersabar karena banyak orang mempunyai keperluan yang sama.

Semoga bisa menjadi refrensi bagi kalian dan dapat memberikan manfaat tentunya.