Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Pohon Bagi Keberlangsungan Makhluk Hidup Di Bumi

Pohon merupakan salah satu makhluk hidup ciptaan Tuhan yang sama seperti kita manusia dari kecil hingga bisa menjadi besar.

Untuk pohon bisa menjadi besar tentunya memerlukan proses yang tidak sebentar, semua tidak instan begitu saja.

Banyak pohon tentu akan membuat suasana disekitar kita akan menjadi lebih Teduh, segar, nyaman, dan tidak terlalu panas berbeda jika tidak ada pohon sama sekali.

Pohon juga menjadikan dirinya sebagai tempat tinggal bagi makhluk hidup lain.

Banyak burung yang bersarang di pohon, berbagai macam jenis serangga, dan tentunya ekosistem akan berjalan di sana.


Sayangnya semakin kesini semakin banyak pohon yang ditebangi, kalau itu tidak dibarengi dengan kesadaran untuk menanam pohon kembali, tentunya akan banyak dampak buruk yang akan manusia rasakan.

Tidak bisa dipungkiri kalau berbagai macam bencana bisa datang dari serakahnya kita manusia karena menebangi pohon tanpa tahu fungsi pohon itu untuk apa, tanpa tahu dampak yang akan ditimbulkan jika pohon-pohon itu sudah tidak ada.

Penggundulan hutan yang dilakukan secara masif, tentunya juga akan berdampak terhadap makhluk hidup di sekitarnya tak terkecuali kita sebagai manusia.

Sering tersiar berita di televisi yang memberitakan tentang banyak daerah yang terkena bencana banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, dan berbagai macam hal dari dampak rusaknya hutan.

Dan Tahukah kamu? Untuk bisa pohon tumbuh besar tentu memerlukan waktu yang tidak Sebentar. Bisa tahunan puluhan tahun bahkan sampai ratusan tahun.

Dan bayangkan jika pohon-pohon yang usianya sudah ratusan tahun tersebut terpotong dalam waktu sekejap, tentu semua itu tidak akan sebanding dengan waktu yang diperlukan untuk pohon tersebut tumbuh sebesar itu.

 rusaknya hutan juga akan berpengaruh terhadap makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Banyak hewan-hewan yang akan kehilangan tempat tinggalnya, hewan-hewan akan lebih susah lagi untuk mendapatkan sumber pangan bagi kehidupannya, dan hewan tersebut lama-lama akan hilang karena tidak bisa bertahan hidup lagi.

Marilah kita mulai menanam tanaman apapun itu supaya di kemudian hari kelak kita bisa mendapatkan manfaatnya.

Jadikan kebiasaan menanam sebagai candu, yang membuat kita ingin dan ingin terus menanam pohon supaya lingkungan sekitar kita bisa hijau kembali.

Akan banyak hal baik yang akan kita dapatkan ekosistem dapat kembali berputar dan tentunya Kita sebagai manusia juga akan mendapatkan apa yang selayaknya kita dapatkan.

Kalian pasti juga sudah tahu kalau pohon ataupun tumbuh-tumbuhan berperan penting terhadap Supply Oksigen yang selama ini membantu kita untuk terus bisa bertahan hidup.

Jika dibayangkan, jika dipikirkan harga untuk satu tabung oksigen saja sudah ratusan bahkan jutaan rupiah.

Sedangkan kita sekarang tidak perlu membelinya karena pohon-pohon di sekitar kita selalu menghasilkan oksigen untuk makhluk hidup supaya bisa terus hidup.

Dan bisa dibayangkan jika penghasil oksigen alami penghasil oksigen alami itu akan terus berkurang seiring dengan populasi pohon yang semakin kesini semakin menipis.

Yang akan paling terdampak tentunya adalah diri kita sendiri sebagai manusia sebagai makhluk hidup yang bisa berpikir dan mempunyai perasaan.

Dan sudah Sadarkah kalian bahwa pohon-pohon kalian bahwa pohon-pohon Sadarkah kalian bahwa pohon-pohon kalian bahwa pohon-pohon itu berperan penting terhadap sumber kehidupan kita sebagai manusia.

Salah satunya adalah sumber air semakin banyak pohon tentu akan membuat mata air bermunculan dan tanah pun tidak tandus atau kering karena kekurangan air.

Sungai-sungai akan mengalir deras dengan air yang bersih mengaliri sawah sawah dan sekitar tempat tinggal kita, menjadikan kita tidak kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Tanaman di sawah juga akan teraliri air sehingga sumber kehidupannya juga akan tercukupi dan akan berdampak pada hidup kita sebagai manusia untuk bisa terus mendapatkan sumber pangan dari alam.