Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membahas Channa Maruliodes Ikan Predator Asli Indonesia

Channa Maru atau yang banyak orang menyebutnya sebagai toman bunga merupakan salah satu ikan predator asli Indonesia yang yang terdapat di wilayah pulau Kalimantan dan pulau Sumatera.

Di era sekarang ini sekarang ini tidak bisa dipungkiri bahwa tren Cana sedang mewabah di negara Indonesia. Banyak sekali para penghobi pemula yang jatuh cinta dengan ikan channa.

Tentunya yang tidak kalah populer adalah jenis channa Maru, baik itu yang yang berasal dari pulau Kalimantan ataupun yang berasal dari pulau Sumatera.

Masing-masing daerah mempunyai ciri khas tersendiri terhadap ikan channa yang hidup di alamnya.


Channa marulioides juga terbagi dalam beberapa varian. Yang pertama adalah varian red atau merah atau merah dan yang kedua adalah varian yellow atau kuning.

Untuk sekarang ini varian red bisa dibilang lebih mahal jika dibandingkan dengan varian Yellow. Itu adalah harga untuk anaknya, tapi untuk ikan yang sudah lumayan berukuran dewasa tentu akan tergantung pada kualitas ikan itu sendiri.

Konon katanya sekarang ini untuk jenis channa maruliodes atau channa Maru ini masih sulit atau masih sedikit orang yang bisa untuk mengembangbiakan nya.

Konon katanya juga hampir semua baby-baby atau anakan channa Maru yang beredar di pasaran adalah ikan yang berasal dari alam nya langsung, ditangkap oleh para petani dan diedarkan di seluruh wilayah di Indonesia oleh para pedagang.

Mudah-mudahan walaupun ikan channa Maru ini sedang naik daun, semoga populasinya di alam juga bisa terjaga dan semoga juga akan ada atau banyak orang yang berhasil untuk breeding atau mengembangbiakan channa Maru ini.

Banyak yang bilang kalau jenis channa Maru ini dahulu hanya dijadikan sebagai ikan konsumsi dengan dihargai seharga per kg.

Beda dahulu beda sekarang. sekarang. Sekarang semakin bagus ikan harga jualnya Tentu juga akan semakin naik dan tentunya juga tidak dihargai per kilo melainkan per ekor.

Apalagi sekarang sudah sering diadakan kontes ikan channa dan channa Maru Inipun juga memiliki kelas tersendiri di dalam kontes.

Dan untuk sampai sekarang ini bisa dibilang bahwa Masih banyak orang yang menyukai ikan ini. Terbukti ketika sedang ada kontes ikan channa, pasti selalu ramai peserta dan juga para penonton yang ada di tempat kontes tersebut.

Ikan channa maruliodes ini juga termasuk ikan channa yang bisa berukuran lumayan besar, bisa tumbuh dengan panjang sekitar 80 cm sampai 1 meter.

Ikan ini akan terlihat indah ketika memiliki bar yang tebal dan juga bunga yang banyak ditambah ketika ikan channa Maru ini memiliki mental yang pemberani.

Semakin sesuai dengan kualitas kontes tentu ikan ini akan dihargai dengan harga yang lumayan mahal, Karena untuk bisa juara di kontes ikan channa di kategori channa Maru tentu sudah melewati penilaian dari juri berdasarkan kualitas ikan terbagus, baik itu dari adaptasi, mental, bar, bunga, dan poin lainnya.

Karena ikan ini dapat bertumbuh dengan ukuran yang cukup besar dan termasuk ikan predator pemakan daging, gigitan channa maru ini juga bisa merobek kulit manusia. 

Jadi hati-hati ketika ingin memelihara ikan channa ini ini ini, apalagi ketika ikan sudah berukuran besar dan sering kejadian tangan tergigit ketika memberi makan ikan.

Media untuk memelihara ikan channa maruliodes ini juga berbeda-beda. Ada yang ditaruh di akuarium, kolam, ember, dan beberapa media yang dapat menampung air.

Ikan channa Maru ini juga termasuk jenis ikan yang kuat untuk bertahan hidup. Banyak para penghobi atau pemelihara tanpa menggunakan filtrasi atau pun aerator, dan ikan pun bisa tetap hidup.

Berhubung channa Maru ini adalah ikan predator tentu makanannya adalah apapun itu yang berupa daging. Bisa udang, ikan-ikan kecil, daging-dagingan, dan berbagai macam jenis pakan lainnya.

Semoga ikan channa Maru ini bisa menjadi salah satu ikan Primadona asli Indonesia yang tidak kalah dengan ikan arwana atau ikan apapun itu yang bisa terus terjaga kepopulerannya.

Begitupun juga alamnya tempat mereka berkembang biak tempat mereka bisa tumbuh besar supaya tetap terjaga kelestariannya.