Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah Istilah Dalam Dunia Vespa yang Wajib Kalian Tahu

Memang kendaraan keluaran tahun tua ini walaupun sudah tua tapi kepopulerannya tidak pernah termakan Zaman, bahkan terus bertambah banyak orang ingin memilikinya.

Tak heran, harga dari unit vespa semakin ke sini semakin mahal. Karena sudah punya uangpun belum tentu orang mau untuk melepaskan vespa miliknya kepada pembeli.

Vespa dua tak sekarang sudah menjadi barang unik, karena sudah tidak diproduksi lagi saat ini.

Pasti akan selalu ada cerita yang tercipta ketika berkendara dengan vespa, baik itu suka ataupun duka.

Salah satu yang berbeda antara vespa dengan motor lain, adalah tentang istilah atau kata-kata yang muncul berbeda dan jarang ditemukan di kendaraan lain.

Pernah dengar istilah amunisi, terus mesin kanan, satu vespa sejuta saudara? Itulah beberapa kata-kata yang tidak asing terdengar dalam dunia vespa.


Menjadi ciri khas tersendiri dan tak bisa terlepaskan serta banyak dari scooterist yang mengucapkan kata-kata tersebut.

Okelah mari kita bahas satu persatu beberapa istilah tersebut.

Mesin kanan


Istilah ini sangat lekat sekali dengan Vespa 2 tak.

Berbeda dengan kendaraan lain yang menggunakan rantai untuk terhubung ke roda, di vespa sendiri as roda langsung dari mesin.

Mesin pun lebih menonjol ke luar ke arah kanan, dengan karbu, pengangapian, kipas, buring, semua terletak di bagian kanan, sehingga tak heran jika ada istilah mesin kanan.

Scooterist


Secara garis besarnya scooterist adalah mereka yang menggunakan vespa sebagai tunggangannya. Bahkan ada yang bilang seseorang bisa disebut scooterist ketika sudah bisa touring sendiri dengan vespa dalam jarak jauh.

Dan makna yang lebih dalam lagi adalah tentang bukan sekedar punya vespa, tapi rasa yang bisa tercipata dari vespa. 

Mulai dari rasa persaudaraan yang kuat sesama pengguna vespa, saling sapa ketika bertemu di jalan, dan yang pasti bukan hanya sekedar gengsi untuk mengikuti trend masa kini.

Oli Samping


Mungkin bagi pemilik kendaraan dua tak istilah ini cukup umum untuk disebutkan. Tapi bagi mereka yang tidak pernah menyentuh motor dua tak, pasti cukup asing dengan istilah ini.

Oli samping sendiri adalah oli campuran untuk dicampur ke bensin. Dan wajib hukumnya mencampurkan oli ini ke bensin jika tidak ingin mesin vespanya ngejim.

Ada dua macam oli di vespa.

Pertama oli samping dan yang kedua adalah oli mesin.

Keduanya mempunyai fungsi masing-masing

Vespa dimiringkan ke kanan


Nah, mugkin kalian sering melihat seorang pengguna vespa memiringkan vespanya ke arah kanan.

Jika kalian belum tahu, cara ini dilakukan supaya bensin dari karburator bisa ada yang turun ke ruang bakar, sehingga mesin vespa lebih mudah untuk dinyalakan.

Fungsinya adalah seperti cook di motor biasanya.

Lalu di vespa memang tidak ada cooknya?

Sebenarnya sih ada, tapi yaitulah tampil beda jika dibandingkan dengan kendaraan roda dua pada umumnya.

Amunisi


Waduh, kok ada amunisi?

Sebenarnya istilah ini tidak hanya di vespa saja. di klub2 motor lain, kata amunisi ini juga lumayan populer, terkhusus di klub motor yang sering mengadakan event.

Begitu pun dengan event vespa.

Biasanya ketika acara vespa sedang berlangsung, ada beberapa orang yang menjual amunisi ini dengan membuat tulisan di kardus dan sebagainya.

Amunisi sendiri adalah minuman yang memabukan. Dan kalau di vespa yang cukup popular adalah bekonang yang berasal dari daerah Sukoharjo.

Apakah semua anak vespa suka minum?

Tentu saja tidak, ada yang iya dan ada yang tidak. Tidak jauh berbeda dengan lingkungan masyarakat kita.

Gigi Borobudur, Gigi Susun, Gigi Palang, Gigi Kapak 


Nah mungkin ini juga salah satu keunikan dari vespa. 

Itu tadi adalah nama-nama part yang terdapat dalam mesin vespa. Mungkin tidak akan dijumpai istilah seperti itu dalam kendaraan lain.

Jika sudah sering utak-atik mesin vespa, pasti tidak akan asing dengan istilah tersebut. Bahkan penjual sparepart vespa pun juga paham dengan istilah tersebut.


Entah mungkin masih banyak lagi istilah-istilah dalam dunia vespa yang belum tersebut di sini. Dan mungkin tiap daerah di indonesia bisa juga beda istilahnya. Tapi itulah vespa walaupun berbeda tetapi tetap satu.
Entah siapa yang mematenkan istilah itu, tapi itulah yang populer di kalangan anak vespa dari dahulu sampai sekarang ini.