Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Refrensi Kumpulan Nama Anak dan Artinya Diambil dari Bahasa Sansekerta

 Menjalin hubungan dengan kekasih hingga menikah, salah satu yang paling ditunggu adalah kelahiran dari sang buah hati, sebagai pelengkap ikatan keluarga dan untuk meneruskan keturunan.

Ketika anak sudah terlahir di dunia ini, selain barang dan keperluan untuk menunjang kebutuhan bayi, menyiapkan nama tentu menjadi hal pokok yang harus diperhatikan orang tua.

Pertimbangan pemberian nama yang cocok tentu juga harus dipikirkan secara matang oleh orang tua. Karena nama adalah sebuah identitas yang melekat pada sang anak dari sejak masih bayi sampai datang masa tua nanti.

Ada banyak sekali sumber refrensi yang bisa digali untuk menemukan nama yang cocok bagi sang buah hati. Mulai dari bersumber dari agama, berbagai macam bahasa, alam, dan masih banyak yang lainnya.

Karena nama adalah sebuah doa, arti dari nama juga harus diperhatikan. Arti yang baik tentu akan terucap ketika nama sang anak dipanggil oleh orang lain.

Banyak orang tua memberi nama anaknya mengambil dari Bahasa Sansekerta. Karena selain indah untuk diucapkan dan didengarkan, Bahasa Sansekerta ini juga banyak kata yang mempunyai arti baik atau bagus.

Dan berikut ini adalah beberapa refrensi nama anak dari bahasa sansekerta dan maknanya.

Gambar oleh Press 👍👍 Love you 💖 dari Pixabay 


1. Agasthya Abimanyu

Agasthya sendiri berarti pelindung suci dan abimanyu adalah gagah berani. Jika digabungkan kedua kata ini adalah pelindung suci yang gagah dan pemeberani.

Diharapkan ketika sudah dewasa kelak akan menjadi sosok orang yang gagah dan berani unuk melindungi keluarga yang dicintai dan mencintainya.


2. Aryasetya Baasima

Aryasetya memiliki arti bangsawan yang jujur dan setia adan baasima memiliki arti terseyum.

Makna dari nama ini adalah kelak ketika sang anak sudah menjadi seorang pempimpin, dia akan membuat orang disekitarnya bisa tersenyum bahagia dari segala hal baik yang dilakukannya.


3. Caraka Byakta

Caraka mempunyai arti pengembara dan Byakta mempunyai arti tampak dan terang.

Maknanya adalah anak tersebut bisa menjadi sosok yang dipandang atau lebih menonjol ketika berada di segali situasi dan lingkungan tempat dia berada.


4. Chandra Bena

Chandra mempunya arti bulan bersinar dan Bena mempunyai arti berkilau dan berseri.

Filosofinya adalah bulan selalu memberi cahaya ketika kegelapan malam telah tiba. Harapan dan doanya adalah anak tersebut bisa menjadi penerang bagi mereka yang membutuhkan jalan keluar dari segala masalah.


5. Cayapata

Cayapata memiliki gugusan bintang.

Gugusan bintang akan sangat terlihat indah begitu kegelapan malam tiba, Tapi sayangnyaa penampakannya akan tertupi oleh cahaya buatan manusia.

Berbaharap suatu saat kelak banyak orang yang akan terasadar begitu penting hadirnya dalam segala macam urusan manusia di dunia ini,