Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Point Penilaian Untuk Kontes Channa Maru Varian Red dan Yellow

Dunia perikanan beberapa tahun belakangan ini sedang ramai dan semakin banyak orang terjun di dalamnya.

Salah satu yang sedang naik daun adalah ikan channa. Biasa banyak orang menyebutnya dengan ikan snakehead atau ikan kepala ular. Ikan yang cukup tangguh untuk bertahan hidup dan mudah perawatanya.

Walaupun mudah untuk dirawat, tapi untuk membuat ikan channa menjadi bagus bukanlah hal yang mudah. Bahkan banyak sekali teori yang beredar di luar sana tentang tata cara memprogres ikan channa.

Dan salah satu ikan lokal yang berasal dari perairan Indonesia yang cukup menantang untuk diprogres menjadi bagus adalah ikan channa maruliodes.

Ikan channa maruliodes sendiri ada lumayan banyak lokalitynya, tersebar di dua pulau besar yaitu kalimantan dan sumatera.

Untuk varian warna channa maru sendiri memiliki dua varian warna, yaitu yellow dan red atau dalam bahasa indonesianya kuning dan merah.


Salah satu cara untuk menjaga kepopuleran channa ini supaya tetap eksis adalah dengan diadakannya kontes ikan channa dengan segala macam jenisnya. dan channa maru sendiri juga ikut di dalamnya.

bagi yang belum tahu kontes ikan channa maru terbagi ke dalam beberapa kelas berdasarkan ukuran si ikan.

Berikut ini adalah kelas-kelasnya.

1. Kelas Progres

Untuk ikan channa maru yang bisa masuk kedalam kelas progres ini, adalah ikan yang berukuran antara 15-20 cm

2. Kelas Juvenile

Ukuran ikan channa maru yang bisa masuk kelas juvenile ini adalah 21-30 cm

3. Kelas Junior

Ukuran ikan channa maru yang bisa masuk kelas ini adalah 30-35 cm

4. Kelas Senior

Untuk kelas senior sendiri yang bisa masuk adalah ukuran 35-45 cm

5. Kelas Jumbo

Dan yang paling besar adalah kelas jumbo, ikan channa maru harus burukuran diatas 45 cm untuk bisa masuk dalam kelas jumbo ini.


Lalu point penilaiannya berapa dan seperti apa.

Untuk ikan channa maru sendiri sudah ada standar point penilaian yang sudah disepakati dan digunakan ketika penjurian ikan sedang berlangsung.

Dengan adanya standar point yang sudah disepakati ini, diharapkan bisa menjadi patokan para peserta dan juga juri ketika penilaian sedang berlangsung. Sehingga tidak ada lagi omongan liar yang bersliweran di luar sana karena masing-masing menganggap ikan jagoannya adalah ikan yang paling bagus.

Dan salah satu hal pentingnya adalah point  para peserta kontes channa maru yang didapat adalah saat juri sedang melakukan penilaian.

Berikut ini adalah penjabaran untuk point penilaian ikan channa maru varian red dan yellow.


1. Adaptasi

(point 10)

Keaktifan ikan dan penguasaan tank tanpa interaksi

-Ikan langsung bereaksi berenang menghadap juri keka  juri ada di depan tank ( juri tidak memberikan interaksi apapun dengan tangan, pulpen dan lainnya.


(point 5)

Keaktifan ikan dan penguasaan tank dengan interaksi

-Ikan baru bereaksi berenang menghadap juri ketika juri memberian interaksi dengan tangan, bulpen, dan benda lainnya.


(point 1)

Ikan tidak aktif biarpun sudah diberikan interaksi

-Ikan tetap diam ketika juri meberikan interaks dengan tangan, pulpen, dan benda lain


2. Mental

(point 4)

Ikan merespon ( di tengan/permukaan air) saat didekati tanpa menggunakan benda/ perantara.


(point 3)

Ikan merespon dengan agresif (di tengah / permukaan air ) hanya saat didekati dengan menggunakan benda atau perantara.


(point 2) 

Ikan merespon kurang agresif (di tengan / permukaan air ) atau merespon agresif tapi cuma di dasar, tidak berani naik ke tengah atau permukaan air.


(point 1)

Ikan pasif, tidak memberikan respon sama sekali.


3. Bunga

(point 5)

Bunga membentuk ring sempurna di seluruh area bar dari bawah sampai punggun hingga tersambung di setiap barnya, di area berlakang sirip dayung atau di area samping maupun atas kepala.


(point 4)

-Bunga membentuk ring sempurna hanya di seluruh area bar dari bawah sampai punggung dan di setap barnya, idak ada diluar area bar.

-Bunga memberntuk ring sempurna dari bawah samapi punggung hingga di luar area bar ( menyambung antar bar ) Tetapi tidak di setiap bar ( tidak menimpa bar depan )


(point 3)

_Bunga membertuk ring sempurna d seluruh area bar ( di setiap bar ) tapi cuma setengah badan, dari sekitar lateral line ke bawah (atas tidak ada) atau dari lateral line ke ke atas ( bawah tidak ada )

-Bunga membentuk ring sempurna dari bawah sampai punggung di setiap bar tetapi tidak penuh di area bar (cuma bebera sisik di setiap bar).


(point 2)

Bunga membentuk ring sempurna di seluruh area bar, tapi hanya di bar tengah ke belakang.


(point 1)

Bunga membentu ring sempurna tidak di setiap bar (acak)


4. Bar

(point 4)

Bar simetris kanan kiri, rapi, bersih, berwarna hitam pekat.


(point 3)

Bar simetris kanan kiri, rapi, bersih, berwarna hitam tapi kurang pekat atau tidak rapi, kotor tapi berwarna hitam pekat.


(point 2)

Bar tidak simetris kanan kiri, berwarna hitam pekat.


(point1)

Bar tidak simetris, berwarna hitam tapi kurang pekat.


5. Warna Ikan

(point 4) 

Untuk yellow maru, warna kuning pekat mengarah orange di seluruh badan. Dan untuk red maru , warna merah pekat( mengarah merah maroon ) di seluruh badan.


(point3)

Untuk yellow maru, warna kuning cerah di seluruh badan atau kuning pekat mengarah ke orange tapi cuma di samping badan. Dan untuk red maru, warna merah pekat tapi cuma di samping badan.


(point 2)

Untuk yellow maru, arna kuning muda cuma di samping badann. Dan untuk red maru warna orange pekat cuma di samping badan atau orange muda di seluruh badan.


(point 1)

Untuk yellow maru, warna masih cenderung putih di bagian samping badan. Dan untuk red maru, warna masih cenderung kuning atau orange muda di bagian samping badan.


6. Anatomi dan proporsi


(poit 3)

Badan Ideal

-Tampak samping masih bisa membentuk garis horizontal dari dagu sampai anus

-Tinggi dorsan fin min3/4 dari lebar badan, tdak cacat fisik, tidak ada tulang sirip (dorsal, anal, dayung) serta ekor yang hilang(tidak rapi, bengok atau keriting.


(point 2)

Badan kurang Ideal

-Terlalu gemuk, tampak samping perut melebih garis horizontal dagu

-Terlalu kurus, besar kepala dan mata tidak sesuai proporsi badan.

-Tinggi dorsal fin kurang dari 3/4 lebar badan, tidak cacat fisik, tidak ada tulang sirp (dorsal, anal, dayung) serta ekor yang hilang (tidak rapi), bengkok atau keriting.


(point 1)

Ada tulang sirip ( dorsal,anal, dayung ) serta ekor yang hilang ( tidak rapi ), bengkok atau keriting, ada cacat fisik, badan ideal atau tidak ideal.



Nah itu tadi adalah pint penilaian yang bisa dipelajari dan dipahami jika ingin memenangkan kontes channa maru tentunya dengan ikan standar kontes yang bagus.

Selamat belajar dan tetap semangat dalam memprogres ikan channa maru.