Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Vespa Mogok Yang Sering Terjadi Di Jalan

SIMBAHNUR.COM - Lagi enak-enak berkendara tiba-tiba vespa mogok di jalan atau, bisa membut sebagian orang merasa kesal. Tapi hal tersebut bisa menjadi wajar kalau kalian baru belajar menggunakan vespa.

Bukannya mengeluh, tapi itu adalah warna-warni cerita yang bisa menjadi sebuah kenangan yang tidak akan pernah terlupakan. Banyak yang bilang itu adalah seni mengendarai vespa. Jadi jangan pernah mengeluh ketika vespa yang kalian gunakan tidak seperti harapan. Justru kita bisa mengambil ilmu dan hikmahnya dari pengalaman tersebut.

Tentunya hal itu bisa dibilang sebagai sebuah resiko yang harus diterima bagi para pecinta motor tua.
Karena memang motor umurunya yang bisa dibilang tua, bahkan mungkin umurnya lebih tua dari pemiliknya. Selain karena part-part atau onderdil yang sudah tidak layak, mungkin juga karena kurangnya perawatan.

Beberapa Penyebab Vespa Sering Mogok Di Jalan

Vespa mogok bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Jadi selalu persiapkan mental untuk menghadapinya :D

Jagan pernah menyerah dan kapok dalam menjalaninya.

Yang ada di bawah ini adalah beberapa penyebab vespa mogok dan sulit untuk dihidupkan.

Bensin Belum Turun Ke Karburator

Penyebab dari masalah ini bisa kemungkinan karena kran atau selang bensin dan juga tanki bensin yang kotor. Masalahnya ya kotoran itu yang menghambat aliran bensin dari tangki turun ke karburator.

Baca Juga : Cara Mengganti Selang Bensin Vespa

Untuk mengatasinya, bersihkan kotoran tersebut sehingga aliran bensin tidak terhalan dan menjadi lancar.

Satu lagi penyebab bensin vespa sulit untuk turun bisa jadi di karenakan tertutup atau terhambatnya lubang kecil aliran udara yang ada di tutup tangki bensin vespa. Mungkin terlihat sepele tapi ini juga sering terjadi.

Untuk mengatasinya bersihkan lubang tersebut dari kotoran yang menutupinya. Supaya aliran udara bisa lancar begitupun aliran bensin yang menuju karburator.

Bensin Banjir

Bensin banjir, suatu istilah yang umum dan tidak asing terdengar dalam dunia vespa. Masalah yang sebenarnya paling sering menimpa para penunggang vespa, apalagi yang baru kenal dengan vespa.

Bukan cuma bensin yang terhambat turun ke karburator, salah satu penyebab vespa sulit untuk dihidupkan bisa juga karena bensin yang terlalu banyak masuk ke ruang bakar mesin. Hali ini bisa ditandai dengan busi vespa yang ketika dilepas terlihat basah oleh bensin.

Penyebab vespa banjir bisa dari berkurangnya fungsi dari jarum, deksel, dan pelampung yang ada di karburator vespa.

Dan untuk mengatasinya kalian bisa mengganti bagian-bagian yang kurang berfungsi tersebut dengan onderdil yang baru.

Bisa juga penyebabnya ketika distandarkan, vespa dalam keadaan terlalu miring ke kanan. Sehingga tampungan bensin yang ada di karbutator tidak terbendung dan akhirnya bensin turun ke ruang bakar mesin. Untuk mengatasi hal ini, kalian bisa menutup kran bensin supaya aliran bensin bisa berhenti.

Jika bensin sudah terlanjur banyak yang masuk ke ruang bakar, maka vespa akan sulit untuk dihidupkan. Jika sudah seperti itu cara untuk menghidupkannya adalah dengan menggenjot kick starter secara terus menerus, sampai mesin bisa hidup kembali.

Pengapian Yang Bermasalah

Bagian dari pengapian juga sangat berpengaruh terhadap kenapa vespa tersebut susah untuk dinyalakan atau mogok. Seperti penyetelan platina, cdi, coil, spull, kondensor dan yang lainnya.

Apabila salah satu bangian dari pengapian tersebut bermasalah bisa menyebabkan vespa sulit dihidupkan.

Untuk mengatasinya ganti atau perbaiki bagian yang rusak dari pengapian tersebut. Jika kesusahan mintalah tolong kepada orang yang bisa atau bawa langsung ke begkel kepercayaan kalian.

Spi Magnet Patah

Spi magnet patah juga merupakan salah satu penyebab vespa tidak mau dinyalakan atau dihidupkan. Hal ini ditandai dengan seperti adanya ledakan kecil dari knalpot atau karburator yang terjadi apabila ketika kita engkol kick starter vespa tersebut keluar suara ledakan kecil tadi.

Kalau ditemukan gejala seperti ini, kalian bisa mencoba membuka kipas magnet dan cek apakah spi yang ada di as kruk as patah atau tidak. Jika patah yang harus kalian lakukan tentu saja menggantinya. Untuk harga tidak terlalu mahal, sekitar lima ribu rupiah saja.

Karburator

Tidak salah jika di kendaraan bermotor karburator diibaratkan seperti jantungnya motor tersebut. Sehingga apabila karburator tersebut bermasalah akan menyebabkan berkurangnya fungsi dan performa dari kendaraan tersebut.

Bahkan menyebabkan susahnya atau sulit untuk menghidupakan kendaraan tersebut. Jadi jangan lupa untuk merawat karburator supaya dapat berfungsi dengan normal dan sesuai fingsinya.

Seal Kruk As Jebol

Mungkin ini adalah salah satu masalah yang cukup serius. Karena seal ini terletak di dalam mesin, maka untuk memperbaikinya otomatis harus membelah mesin untuk mengganti seal kruk as yang jebol.

Beberapa penyebab seal kruk as vespa bisa jebol bisa disebabkan karena mungkin usianya yang sudah tua dan harus minta ganti, Bisa juga karena kurangya oli yang ada di mesin. Jadi sebaiknya selalu cek oli mesin kalian.

Jadi solusi apabila ketika di perjalanan kalian menemui keadaan seperti ini, maka solusinya adalah meminta bantuan, atau jika kalian membawa seal cadangan dan bisa untuk memperbaikinya sendiri, itu lebih baik. Tentu perlu tenaga dan waktu yang lumayan lama, karena harus membelah mesin si vespa.

Penutup

Mungkin untuk artikel kali ini, saya cukupkan sekian. Sebenarnya masih banyak lagi Penyebab Vespa Mogok. Tapi mungkin akan saya update artikel ini dan saya tuliskan di lain kesempatan.

Baca Juga : Naik Bus Dari Jogja Ke Semarang

Mungkin itulah sedikit tulisan yang saya punya kali ini. Beberapa penyebab umum vesa mogok yang sering terjadi. Kurang dan lebihya saya mengucapkan permohonan maaf, Semoga dapat menjadi bacaan yang menarik dan memberikan manfaat. Sekian Terimakasih :D