Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Memelihara Hewan Bagi Kalian Para Pecinta Satwa

SIMBAHNUR.COM - Bagi para pecinta satwa, tentunya kurang lengkap rasanya jika tidak mempunyai hewan untuk dipelihara.

Lalu apakah hanya pecinta satwa saja yang bisa memelihara atau boleh mempunyai hewan peliharaan?

Hewan Peliharaan

Tentu tidak, semua orang berhak untuk bisa memelihara hewan peliharaan. Baik itu pecinta satwa ataupun orang biasa atau siapapun itu yang ingin punya peliharaan di rumah.

Banyak sekali jenis atau spesies hewan yang bisa dipelihara di rumah. Mulai dari hewan yang lucu, contohnya kelinci, kucing, anjing dan lain sebagainya. Bahkan sampai hewan yang bisa di bilang hewan extreme dan berbisa, contohnya ular, kalajengking, tarantula dan lain sebagainya.

Pahami Ini Jika Ingin Mempunyai Hewan Peliharaan

Mungkin bagi kalian yang ingin mencoba untuk memelihara hewan di rumah, sebaiknya baca terlebih dahulu artikel di bawah ini. Supaya lebih bisa mengerti tentang bagaimana cara memelihara hewan atau binatang yang ingin dipelihara di rumah.

Berikut ini adalah beberapa tips bagi kalian yang ingin mencoba untuk memelihara hewan di rumah.

Baca Juga : Manfaat Punya Hewan Peliharaan Di Rumah

1. Tentukan Hewan apa Yang Mau Dipelihara

Tentukan atau pilih hewan peliharaan seperti apa yang mau dipelihara. Karena banyak sekali jenis serta karakter hewan di luar sana.

Mungkin bagi kalian yang masih bingung mau memilih hewan seperti apa yang ingin dipelihara, pilihlah hewan yang perawatannya mudah dan sumber pakannya tidak susah untuk didapatkan.

Jika tidak mempunyai pengalaman dan keahlian dengan hewan yang mau dipelihara, sebaiknya jangan memilih hewan yang sulit untuk memeliharanya atau bahkan cenderung berbahaya bagi sang pemilik. Contohnya adalah hewan yang mempunyai bisa seperti ular dan lain sebagainya.

Karena sudah ada beberapa kasus orang kehilangan nyawa karena kelaliannya dalam meperlakukan hewan berbisa yang dipeliharannya, sehingga hewan tersebut menyerang sang pemilik dan akhirnya nyawanya malah tidak tertolong.

Semua hewan pada dasarnya mempunyai naluri atau insting mempertahankan diri ketika meraka merasa terancam. Jadi jika ingin memelihara hewan di rumah, sebaiknya pilihlah hewan yang tidak berbahaya bagi sang pemeliharanya

2. Pastikan Hewan Yang Mau Dipelihara Itu Sehat

Hewan yang sehat tentu lebih baik daripada hewan yang sakit. Jadi berhati-hatilah sebelum membeli hewan apa yang mau dibeli. Periksalah apakah hewan tersebut sehat atau tidak, periksalah apakah bagian dari tubunya ada yang cacat atau tidak, Dan lain sebagainya.

Salah satu indikasi hewan tersebut kurang sehat dapat dilihat dari sifat serta nafsu makan hewan tersebut. Bila mendapati hewannya lemas dan ketika diberi makan tidak mau memakannya, maka saran saya jangan membeli hewan yang seperti itu.

Kan hewan juga makhluk hidup, yang tentu setiap makhluk hidup memerlukan makan untuk bertahan hidup. Jika diberi makan saja tidak mau memakannya, otomatis kan ada yang salah. Ini berlaku untuk kebanyakan hewan pada umumnya.

Tapi ada juga hewan yang cukup diberi makan satu kali dalam beberapa hari sekali saja. Contohnya adalah ular yang sistem pencernaan dalam mencerna makanan memang lambat, sehingga butuh waktu yang cukup lama dalam mencerna makanan.

3. Siapkan Tempat Yang Layak

Tempat yang layak untuk tempat tinggal hewan juga harus sangat diperhatikan. Pilihlah tempat yang cocok, baik dari segi ukuran, bentuk, dan fasilitas untuk si hewan yang mau dipelihara.

Jika diibaratkan dengan rumah yang ditinggali oleh manusia, jika rumah tersebut sempit, kemudian kotor, tidak ada wc, dan lainnya yang bisa dikatakan tempat tidak layak huni, pasti manusia yang tinggal di situ tidak akan betah. Begitupun dengan tempat untuk hewan peliharaan.

Jika belum mempunyai tempat yang layak untuk hewan yang mau dipelihara, lebih baik jangan mencoba untuk memliharanya. Yang ada nanti kasihan hewannya, karena tersiksa dengan tempat yang kurang layak.

4. Pelajari Tentang Bagaimana Cara Merawat Hewan Tersebut

Ini juga merupakan salah satu hal penting yang harus kalian perhatikan jika ingin mempunyai atau memelihara hewan peliharaan di rumah. Yaitu tentang bagaimana cara merawat dan dan mempelajari karakteristik hewan tersebut.

Setidaknya kalian bisa mempelajari hewan yang mau dipelihara lewat orang yang sudah berpengalaman. Sekarang jaman juga sudah semakin maju. Banyak sekali materi dan sumber informasi yang diberikan di dalamnya.

Dengan begitu ketika nanti sudah punya hewan yang dipelihara, kalian tidak akan terlalu kesulitan lagi tentang bagaimana cara merawat hewan tersebut. Dan si hewanpun akan betah dengan sang pemilik atau pemeliharanya.

Penutup

Meginginkan memlihara hewan itu boleh-boleh saja. Yang pasti ketika sudah ada hewan yang dipelihara maka, pelajari, kenali, rawat dan perlalukan hewan tersebut selayaknya kalian menyayangi apa yang kalian sayangi.

Jangan cuma modal ingin punya saja tanpa mau repot untuk mengurusi, yang nantinya cuma menyiksa si hewan tersebut. Jika demikan adanya, lebih baik tidak usah mempunyai dan serahkan saja pada yang mau dan bisa mengurusi serta merawatnya.

Oke, mungkin artikel tentang tips memlihara hewan cukup sampai sekian. Semoga dapat menjadi bacaan yang menarik serta memberikan manfaat tentunya. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca :D