Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Hewan Peliharaan Yang Cocok Dipelihara Di Rumah

SIMBAHNUR.COM - Di rumah sepi tanpa ada yang menemani?

Tenang, teman bukan hanya manusia saja. Makhluk hidup lainnya, contohnya seperti hewan juga bisa menjadi teman kita.

Bermain dengan hewan peliharaan juga dapat mengusir rasa bosan dan stress, bingung mau melakukan hal apa ketika sedang ada di rumah sendiri dan tidak ada orang yang menemani, bisa bermain dengan hewan peliharaan kita.

Memelihara Hewan Di Rumah

Ada banyak jenis hewan peliharaan yang ada di luar sana. Kita tinggal pilih saja sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tentunya pelajarilah terlebih dahulu tentang karakteristik dan cara perawatan hewan tersebut.

Beberapa Hewan Peliharaan Yang Umum Dipelihara Di Rumah

Jangan cuma senang mepunyainya saja tetapi tidak mau mengurusi. Rawatlah, peliharalah hewan tersebut dengan penuh kasih sayang. Supaya hewan tersebut bisa betah bersama kita dan tidak tersiksa karena kita menyanyanginya.

Kan kasihan juga, makhluk hidup yang diciptakan oleh tuhan dan mempunyai nyawa kalau cuma sekedar ingin punya tanpa mau untuk merawatnya yang akhirnya hewan tersebut mati.

Baca Juga : Tips Jika Ingin Memelihara Hewan

Berikut ini adalah beberapa hewan peliharaan yang mungkin cocok menjadi teman anda ketika di rumah.

Kucing

Kucing menjadi hewan peliharaan di rumah yang termasuk paling umum kita jumpai.

Ketika kucing sudah akrab dengan pemiliknya, biasanya kucing tersebut bakal jinak bahkan mau untuk diajak bermain. Bahkan ketika tahu sang pemilik membawa makanan untuknya, dengan sendirinya kucing tersebut akan datang menghampiri.

Mungkin ada beberapa jenis kucing yang bisa untuk kita pelihara di rumah. Seperti kucing kampung sampai kucing dengan ras yang bagus dengan harga yang lumayan mahal, contohnya jenis anggora, persia dan jenis kucing yang lainnya.

Salah satu dampak positif memilihara kucing di rumah, terkhusus kucing kampung biasa adalah dapat menjadi hewan pemangsa tikus. Jadi sangat cocok bagi yang di rumahnya terdapat banyak tikus.

Ikan

Mungkin memelihara ikan di rumah juga bisa menjadi alternatif penghilang stress ketika seharian lelah bekerja.

Banyak jenis ikan yang cocok untuk dipelihara di rumah. Tergantung mau dipelihara di mana ikan tersebut. Jika dirumah ada kolam, ikan yang cocok untuk dipelihara di kolam adalah ikan yang terlihat indah ketika dipandang di permukaan air contohnya seperti ikan koi.

Sedangkan jika ingin memelihara ikan di aquarium, maka pilihlah ikan yang terlihat indah ketika dilihat dari samping. Contohnya adalah ikan arwana, kemudian ikan louhan, dan lain sebagainya.

Kalau menurut saya, pilihlah ikan yang sesuai dengan keinginan kalian. Kan ada banyak sekali jenis, karakter, bentuk, ukuran, dan sifat yang berbeda-beda dari masing-masing ikan.

Burung

Memelihara burung di rumah juga bisa menjadi warna tersendiri bagi suasana rumah.

Pagi-pagi mendengar suara burung berkicau dengan indahnya, pasti akan memberikan nuansa yang memberikan suasana tenang bagi pemiliknya.

Banyak sekali jenis burung yang memiliki sifat, karakter dan keunikan dari masing-masing burung itu sendiri. Tinggal sang pemiliknya saja, menginginkan burung yang seperti apa. Apakah mau jenis burung berkicau seperti murai batu, love bird, dll, atau burung yang dapat diajak bermain seperti burung merpati dan lain sebagainya.

Mungkin salah satu kelemahan dari memelihara burung adalah bau dari kotoran burung tersebut yang cukup menusuk hidung. Jadi jika ingin memelihara burung di rumah, maka pastikan untuk menjaga kebersihan kandangya.

Kelinci

Kelinci juga bisa menjadi hewan peliharaan yang bisa di pelihara di rumah.

Banyak orang yang beranggapan kalau kelinci ini adalah salah satu hewan yang lucu, sehingga banyak juga orang yang menggemarinya, terkhusus anak-anak kecil.

Ketika masih kecil, saya dulu juga pernah mencoba untuk memlihara kelinci. Tapi berhubung kurang pahamnya saya tentang cara memlihara si kelinci ini, jadi yang ada di pikiran saya cuma hanya ingin mengajaknya bermain saja. Sehingga tak berselang lama kelinci tersebut malah mati.

Jadi bagi kalian yang ingin memelihara kelinci di rumah, pastikan jika kalian benar-benar mau untuk merawat dan memberinya makan. Jangan hanya cuma ingin punya saja, tanpa mau merawatnya. Kan jadi kasihan kalau kelinci yang lucu itu mati gara-gara kitanya sendiri.

Penutup

Mungkin menyenangkan jika di rumah ada hewan peliharaan yang kita miliki. Tapi yang terpenting adalah bukan hanya memilikinya saja. Tetapi kita juga harus memperlakukannya selayaknya makhluk hidup yang kita sayangi, supaya hewan tersebut bisa betah dan merasa nyaman dengan kita.

Baca Juga : Manfaat Punya Hewan Peliharaan Di Rumah

Oke, mungkin cukup sekian artikel tentang memelihara hewan peliharaan di rumah. Semoga bisa menjadi bacaan yang menarik serta dapat memberikan manfaat. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca :D