Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Manfaat Punya Hewan Peliharaan Di Rumah

SIMBAHNUR.COM - Mungkin banyak orang yang sudah mempunyai hobi dan pengalaman memelihara hewan peliharaan, ketika hewan peliharaan tersebut sudah tidak ada, mereka akan mencari hewan peliharaan pengganti.

Begitu juga dengan apa yang saya rasakan. Ketika hewan peliharaan saya sudah tidak ada, entah hilang, dicuri atau bahkan mati, saya akan mencari penggantinya. Karena seperti ada sesuatu yang kurang dalam hidup saya kalau tidak memelihara hewan.

punya hewan peliharaan

Walaupun jika sudah mempunyai hewan peliharaan, otomatis kita juga akan diberi kewajiban yang tidak tertulis untuk merawat, menjaga bahkan mengeluarkan biaya untuk hewan tersebut.

Punya Hewan Peliharaan, Mengapa Tidak?

Jika kalau cuma ingin sekedar punya tanpa ada yang mau repot mengurusi, lebih baik tidak usah punya daripada hewan tersebut cuma tersiksa dan akhirnya mati.

Tapi tentu ada manfaat atau dampak positif yang akan kita dapat jika mempunyai hewan peliharaan. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat punya hewan peliharaan di rumah.

1. Dapat Menjadi Teman

 Hewan menjadi teman?

Mengapa tidak, justru hewan peliharaan dapat menjadi pengganti teman manusia kita yang mungkin sedang tidak bisa diajak bermain dengan alasan kesibukannya masing-masing.

Walaupun artian teman di sini bukan sesuatu yang bisa kita ajak mengobrol selayaknya manusia, tapi teman yang bisa kita ajak bermain, dan akan ada perasaan senang ketika hewan tersebut jinak sudah kenal dengan pemiliknya.

2. Dapat Mempunyai Banyak Kenalan

Dari punya atau memelihara hewan peliharaan, kita juga bisa punya banyak kenalan dari para orang yang sehobi dengan kita.

Karena sekarang jamannya sudah maju, jadi sangat mudah untuk mencari orang yang mungkin sehobi,  sama kegemarannya memelihara hewan peliharaan. Tinggal buka social media dan cari kata kunci komunitas apa yang mau kita ikuti.

Ketika sudah tergabung dalam komunitas tersebut, kita akan bertemu dengan banyak orang yang sehobi. Dengan begitu kita bisa saling bertukar dan mencari informasi di dalamnya.

Baca Juga : Tips Memelihara Ikan Hias

Dengan punya hobi dan kegemaran yang sama, tentu kita akan lebih nyambung dengan topik yang sedang dibahas. Yang akhirnya kita akan punya banyak kenalan, karena cocok dengan banyak orang yang sehobi dengan kita.

3. Dapat Menjadi Pengusir Rasa Bosan

Hewan peliharaan juga dapat menjadi pengusir rasa bosan. Mungkin ini adalah salah satu alasan mengapa banyak orang yang punya hewan peliharaan.

Di kala penat penuh rasa bosan setelah seharian bekerja, tentu butuh yang namanya sesutu hal yang diperlukan untuk mengobati rasa bosan tersebut. Salah satunya ya dengan memelihara hewan pelihaaraan.

Dengan melihat tingkah laku hewan yang lucu, melihatnya dengan lahapnya memakan makanan yang kita berikan, melihat keindahan warnanya, mendengarkan suaranya, tentu akan ada efek relaxsasi yang mungkin tanpa disadari akan kita dapatkan.

4. Dapat Menjadi Sebuah Usaha atau Bisnis

Banyak juga dari penghobi yang bukan hanya sekedar memelihara tapi juga menjadi sumber penghasilan utama bahkan utamanya.

Banyak orang yang bilang kalau pekerjaan paling enak itu ketika menjalankan hobi dan kita akan dapat bayaran dari situ. Seolah kita tidak bekerja yang banyak menguras banyak fikiaran dan tenaga, cukup melakukan apa yang kita suka dan mendapatkan penghasilan.

Lalu dari manakah sumber penghasilan itu bisa didapat?

Banyak sekali peluang bisnis yang kalian bisa manfaatkan. Contohnya dengan mengembangbiakan hewan tersebut kemudian menjualnya, kemudian menjual aksesoris untuk hewan tersebut, dan masih banyak lagi peluang bisnis yang lainnya.

Penutup

Mungkin itu tadi sedikit artikel tentang manfaat punya hewan peliharaan di rumah menurut pendapat saya. Mungkin masih banyak lagi manfaat dari mempunyai hewan peliharaan, yang belum tertulis dalam artikel ini. Semoga ke depannya dapat diupdate atau diperbaharui.

Baca Juga : Cara Mengusir Tikus Yang ada Di Rumah

Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca. Semoga apa yang tertulis di sini dapat menjadi bacaan yang menarik serta memberikan manfaat :D