Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Bagian-bagian Dari Karburator Vespa Tahun Tua

Bagian-bagian dari karburator vespa, udah pada tahu apa belum?

Oke, yang akan kita bahas kali ini adalah bagian-bagian dari karburator vespa.

Karburator vespa mempunyai keistimewaan tersendiri jika dibandingkan dengan kendaraan lain pada umumnya. Salah satunya adalah dilihat dari bentuk karburatornya, yang kalau boleh saya bilang, bentuknya itu unik, berbeda, dan hanya dapat dijumpai di vespa tahun tua.

Karburator vespa tahun tua sendiri ada beberapa merk dan tipe. Setahu saya yang ori bawaan vespa adalah karburator merk dellorto yang asli bawaan pabrik yang ada di italy sana ( maaf kalau salah ). Dan tipenya juga bermacam-macam, ada yang 20:15, 20:17, 20:20, 26:26, dan lain sebagainya.

Bagian-bagian dari karburator vespa

Berikut ini adalah bagian-bagian atau komponen yang ada di karburator vespa tahun tua. Dan yang ada di foto dan menjadi bahan prakteknya adalah karburator vespa dengan kode mesin VBC atau banyak orang yang menyebutnya vespa super.

Dan tanpa lama-lama, langsung saj simak foto dan keterangan yang ada di foto dan tulisan di bawah ini.

Badan Karburator


Entah apa namanya, yang pasti bagian ini, merupakan kerangka inti dari karburator vespa, merupakan bagian terbesar dari karburator vespa. Jadi saya menyebutnya tubuh atau badan dari karburator vespa (maaf apabila salah).

Di bagian ini terdapat banyak lubang-lubang kecil, yang dari setiap lubang tersebut mempunyai fungsi dan kegunaannya masing-masing.

Spuyer Karburator Vespa


Di vespa sendiri ada beberapa spuyer. Pertama adalah spuyer main jet atau banyak juga yang menyebut spuyer bensin. Ukurannya lebih besar jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Kemudian ada spuyer pilot jet atau spuyer angin, ukuran dari spuyer ini lebih kecil jika dibandingkan dengan spuyer main jet. Kalau di karburator, letak spuyer ini terletak di sebelah spuyer bensin atau main jet.

Spuyer cook atau entahlah namanya apa, yang pasti spuyer ini terletak di dekat tampungan bensin yang ada di karburator atau di bawah dexsel vespa. Jadi untuk membongkar pasangnya harus membuka dexsel terlebih dahulu.

Jarum Stasioner Karburator Vespa


Jarum stasioner karburator vespa. Jarum ini terletak di bagian atas. Dan apabila mangkuk karbu ditutup, akan ada bagian yang menonjol ke atas. Nah itulah yang dinamakan jarum stasioner. Fungsinya ya untuk mengatur stasioner.

Ketika jarum ini diputar searah jarum jam atau dikecangkan, maka bagian dari lidah skep yang ada di karburator vespa akan terbuka, sehingga ketika mesin dihidupkan gas akan meninggi, begitu juga sebaliknya.

Jarum Stelan Angin


Jarum ini ukurannya lumayan kecil, dan ada pirnya juga. Fungsi dari jarum setelan angin ini adalah untuk mengatur percampuran antara angin dan bahan bakar. Letaknya ada di bagian belakang bawah karburator vespa.

Selain dari spuyer dan bagian karburator yang lainnya, jarum stelan angin ini juga dapat berpengaruh besar terhadap performa dari si vespa. Jadi pelajarilah cara menyetel jarum stelan angin ini.

Pipa Cangklong Selang Bensin


Pipa cangklong adalah pipa kecil untuk menghubungkan antara selang bensin yang ada di karburator dengan yang ada di keran bensin. Biasanya di bagian ini sering terjadi rembesan bensin dari kran yang ada di tangki bensin menuju karburator. Jadi jangan lupa untuk menambahkan kertas perpak ketika memasang bautnya.

Selang Bensin

Selang ini berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki menuju karburator. Ukuran panjangnya tidak terlalu panjang. Mungkin cuma sekitar 30-40cm an saja. Harganya sekitar sepuluh ribu rupiah saja.

Tapi sayangya, ketika beberapa bulan pemakaian, selang bensin ini cepat mengeras. Sehingga harus sering di cek dan diganti dengan yang baru, selain itu untuk menghindari kotoran yang mengendap dan menumpuk di selang ini, sehingga dapat memperngaruhi aliran bahan bakar.

Dexsel 


Bagian ini juga mempunyai beberapa komponen di dalamnya. Seperti filter bahan bakar, Pelampung dan jarum pelampung. Di deksel ini fungsinya untuk menerima, memfilter, dan menakar bensin yang turun dari tangki bahan bakar ke karburator.

Pelampung Karburator Vespa


Pelampung ini terletak di bawah dexsel. Fungsi dari pelampung ini adalah untuk mengangkat dan mebuka jarum pelampung. Apabila tampungan bensin di karburator penuh, maka pelampung ini akan naik, begitu juga sebaliknya.

Jarum Pelampung

Jarum pelampung ini ukurannya cukup kecil. Walaupun demikian untuk masalah harga lumayan mahal untuk benda sekecil ini. Tapi memang fungsinya juga penting, yaitu untuk membuka dan menutup aliran bensin yang turun dari tangki bensin.

Kertas Perpak Karburator Vespa atau Gasket


Kertas perpak atau banyak juga yang menyebutnya gasket. Ini juga merupakan bagian dari karburator vespa. Fungsinya untuk menahan bahan bakar supaya tidak merembes dari sela-sela karburator. Untuk memasangnya tidak perlu dilem, cukup dipasangkan saja sudah cukup.

Lidah Skep Gas


Lidah skep gas berfungsi untuk membuka, menutup gas. Untuk menghubungkan dengan grip gas, diperlukan  yang namanya sulur atau kawat gas. Jadi apabila sulur ditarik, maka lidah skep yang ada di karburator akan membuka.

Baut-baut Karburator Vespa


Baut juga merupakan bagian dari karburator vespa, ada baut setelan angin, baut untuk memasang filter, baut karburator, baut dexsel, baut tutup karburator, dan lain sebagainya. Jadi baut merupakan salah satu bagian penting dari karburator vespa.

Filter Udara Karburator


Di karburator vespa juga ada filternya, fungsinya sama dengan filter di karburator lainnya. Yaitu untuk menyaring udara yang ada di karburator. Filter ini merupakan salah satu bagian dari karburator yang sering kotor. Jadi rajin-rajinlah untuk membersihkannya.

Magkuk atau Rumah Karburator


Salah satu keunikan karburator vespa, yaitu ada tempat untuk menutupi dan melindungi karburator. Banyak orang yang menyebutnya dengan istilah mangkuk atau rumah karburator.

Tutup Mangkuk Karburator


Tutup mangkuk karburator vespa juga merupakan salah satu bagian penting dari karburator vespa. Salah satu fungsinya untuk menutupi karburator dari kotoran atau air yang mencoba masuk ke ruang karburator.

Penutup

Oke, mungkin itu tadi sedikit informasi tentang bagian-bagian dari karburator vespa tahun tua. Semoga dapat menjadi bacaan yang menarik serta dapat bermanfaat tentunya. Mohon maaf apabila ada iformasi yang kurang tepat. Saya hanya menulis berdasarkan apa yang saya tahu :D