Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Knalpot Vespa Tahun Tua

Salah satu penyebab performa vespa menjadi loyo dan kurang nyaman untuk dikendarai, bisa disebabkan dari bagian pembuangan yaitu knalpot yang sudah kotor penuh dengan kerak dari hasil sisa pembakaran, sehingga gas buang dari mesin menjadi terganggu.

Ya mau bagaimana lagi, memang seperti itulah resiko kendaraan yang menggunakan bahan bakar dicampur dengan oli samping, salah satunya adalah vespa tahun tua.

Lalu apakah solusinya?

Pertama adalah bawa ke tukang knalpot atau bengkel las untuk membedel dan membersihkan bagian dalam dari knalpot. Dan ke dua adalah menggantinya dengan knalpot baru yang lebih layak.

Kalau saya sendiri lebih memilih untuk mengganti knalpot sekalian. Alasannya karena, apabila kerak di dalam knalpot sudah menumpuk, otomatis usia knalpot tersebut memang sudah tua, kondisi serta fungsinya juga sudah berkurang.

Bahkan dengan mengganti knalpot, vespa bisa bertambah enak dan lebih nyaman untuk dikendarai. Karena knalpot yang dipakai di sebuah kendaraan itu berpengaruh cukup besar terhadap performa kendaraan itu sendiri.

Yang pasti ini pernah saya alami sendiri. Ketika dulu masih menggunakan knalpot ori vespa, yang umurnya sudah puluhan tahun. Laju vespa yang saya tumpangi seperti tidak ada tenaganya dan terasa seperti membawa beban yang cukup berat. Lalu ada teman yang memberikan saran untuk mencoba mengganti knalpot. Karena memang knalpot yang saya pakai sudah sangat kotor ditambah bahannya dari besi sehingga saking tua umurnya menyebabkan timbul karat yang akhirnya munculah lubang-lubang kecil dari beberapa bagian knalpot tersebut.

Knalpot Racing Untuk Vespa

Dan waktu itu karena penasaran, akhirnya saya mencoba untuk membelikan knalpot vespbaru dari toko khusus onderdil vespa dengan harga tiga ratus ribu sekian rupiah ( saya lupa )

Setelah knalpot lama sudah tergantikan dengan knalpot baru, saya pun  langsung mencoba untuk mengendarainya. Dan ternyata memang benar ada perbedaan antara knalpot lama dengan knalpot baru.  Yang dulunya vespa seperti terasa berat dan tidak ada tenaganya setelah ganti knalpot lebih terasa enak, enteng dan nyaman untuk dikendarai.

Knalpot Vespa Ada Beberapa Macam.

Pertama adalah knalpot standar yang bentuknya kotak, atau banyak orang yang menyebutnya knalpot tahu. Biasanya dari suara yang dikeluarkan akan lebih adem dan tidak terlalu berisik ketika didengar telinga.

Berikutnya ada knalpot racing dengan bentuk yang memanjang serta pembuangannya ada di kanan atau kiri mesin vespa, yang identik dengan suara kemrincing khas suara knalpot motor dua tak pada umumnya

Bahannya juga ada yang terbuat dari plat besi ada juga stainles steel yang anti karat. Harganya tentu juga bervariasi. Tinggal pilih saja mana yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan yang diharapkan.

Cara Mengganti Knalpot Vespa

Oke mungkin banyak dari kalian yang masih belum tahu cara untuk mengganti knalpot vespa. Padahal sebenarnya itu bukanlah hal yang sulit.

Kalian tidak perlu membawanya ke bengkel. Karena dengan alat yang seadanya, bisa dipraktekan sendiri di rumah. 

Yang pasti ini akan meminimalisir pengeluaran, tanpa perlu membayar uang jasa untuk orang lain. Walaupun tidak semua bengkel menuntut bayaran, tapi apa salahnya jika mencobanya sendiri .

Tanpa lama-lama dan yang akan menjadi bahan praktek di sini adalah vespa jenis large frame seperti vbb, super, sprint, px dan lainnya.

Jadi teori untuk mengganti knalpot vespa sebenarnya cukup simpel, yaitu adalah melepas dua baut pengunci yang ada di knalpot tersebut.

Pertama adalah baut yang ada di leher knalpot yang terhubung dengan blok buring mesin, dan yang kedua adalah baut yang ada di badan knalpot yang terpasang di rengkes mesin vespa sebelah kanan.

Setelah baut sudah beres, tinggal copot knalpot sehingga bisa terlepas dari tempatnya dan tinggal ganti dengan knalpot yang baru. Untuk cara memasangnya, ya tinggal ulangi dari kebalikan ketika melepasnya.

Walaupun di teori dan bayangannya terlihat mudah, tapi pada praktenya mungkin akan cukup menguras waktu dan tenaga, apalagi bagi yang tidak terbiasa denga hal tersebut.

Penutup

Oke, mungkin ini saja sedikit artikel tentang mengganti knalpot vespa yang saya punya kali ini. Kalau pesan dari saya, bagi yang mau bermain vespa, setidaknya belajarlah hal-hal dasar tentang si mesin kanan ini, seperti cara ganti sulur, cara menyetel platina, cara mensetting karburator, dan banyak hal dasar lainnya.

Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga dapat menjadi bacaan yang menarik serta memberikan manfaat :D