Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Ini Adalah Tips Memilih Ikan Guppy Yang Bagus

SIMBAHNUR.COM - Hallo semua berjumpa lagi di sini. Dan yang akan kita bahas kali ini adalah Tips Memilih Ikan Guppy.

Ikan guppy merupakan salah satu jenis ikan yang banyak penggemarnya. Walaupun ukuran dari ikan ini terbilang kecil, tapi warna dan corak dari badannya begitu mempesona menarik perhatian mata.

Cara pemeliharaan dan perkembangbiakannya juga bisa dibilang susah-susah gampang. Soalnya banyak yang mencoba untuk mengembangbiakannya tapi gagal dan banyak juga yang berhasil. Mungkin bisa dari faktor pengalaman dan lain sebagainya.

Ikan ini juga banyak dijual di pasaran atau kios-kios yang menjual ikan hias dengan harga yang bervariasi. Tapi sekarang banyak juga orang yang mengembangbiakan ikan guppy kwalitas bagus dan dijual dengan harga yang lumayan mahal.

Tips Memilih Ikan Guppy

Dan kebanyakan kalau guppy yang ada di kios-kios ikan hias dengan harga di bawah sepuluh ribu itu adalah guppy cendol atau rijekan.

Lalu apa itu guppy cendolan atau rijekan?

Guppy cendolan atau rijekan adalah ikan guppy buangan dengan kwalitas rendah yang tidak masuk dalam ketegori seleksi guppy yang bagus. Bisa dari bentuk, warna, ukuran tubuh, dan gen yang sudah tercampur-campur, sehingga kwalitasnya bisa dibilang jelek.

Tips Memilih Ikan Guppy

Lalu bagaimanakah memilih ikan guppy dengan kwalitas yang bagus?

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kalian coba kalau ingin memilih atau membeli ikan guppy yang bagus?

Pastikan Ikan Guppy Sehat

Jika ingin membeli ikan guppy, sudah menjadi keharusan bagi sang pembeli untuk memilih ikan guppy yang sehat. Soalnya apabila ikan guppy tersebut dalam keadaan sakit, kemungkinan besar ikan itu akan mudah mati, bahkan bisa menular ke ikan lain yang satu wadah dengan ikan sakit tersebut.

Lalu seperti apakah ciri-ciri ikan guppy sehat itu?

Bisa dilihat dari ukuran badan dan nafsu makannya.

Ketika ikan guppy memiliki badan yang tidak normal selayaknya ikan guppy sehat pada umumnya, ada kemungkinan ikan tersebut sedang sakit, bisa dikarenakan ikan itu stress, tidak mau memakan pakan yang diberikan oleh pemiliknya, sehingga badannya terlihat kurus.

Jadi pilihlah ikan guppy yang ukuran badannya normal dan pastikan ketika diberi pakan, ikan tersebut mau memakannya.

Lihat Cara Berenang, ekor, serta siripnya.

Ini juga bisa menjadi cara untuk mengetahui apakah ikan guppy tersebut sehat atau tidak. Yaitu dengan melihat cara berenang, bentuk ekor serta siripnya

Ikan guppy yang sehat, cenderung aktif berenang mencari makan serta ekor dan siripnya terbuka atau tidak mingkup.

Dan sebaliknya, ketika ikan guppy sedang sakit, ikan tersebut lebih banyak diam di dasar air serta sangat jarang bergerak. Dan ketika berenang ikan tersebut terlihat geal-geol seperti tidak bisa menyeimbangkan tubuhnya.

Jika menemukan ikan guppy seperti itu, maka segeralah untuk memisahkan guppy tersebut. Supaya tidak menular ke ikan yang lainnya.

Pilihlah Ikan Guppy Yang Warnanya Tajam

Kemudian adalah pilih ikan guppy dengan warna yang tajam atau kental. Selain lebih enak dipandang, hal ini akan berdampak terhadap kwalitas ikan guppy turunannya.

Disarankan ketika ingin mempunyai ikan guppy, untuk tidak memilih ikan yang warnanya pudar, baik di badan, ekor, sirip dan lainnya. Karena anakan yang dihasilkan cederung tidak jauh berbeda dengan indukannya.

Walaupun dalam satu indukan bisa menghasilkan burayak yang berbeda-beda kwalitasnya, tapi setidaknya ada beberap ekor yang kwalitasnya bagus seperti induknya. Jadi pilihlah indukan ikan guppy yang bagus kwalitasnya, dan salah satu guppy yang bagus bisa dilihat dari warnanya.

Contohnya ketika memilih ikan guppy jenis albino full red dengan ciri khasnya berwarna merah. Maka pilihlah ikan yang warna merahnya kental, dan perhatikan warna di siripnya juga, ini berlaku untuk guppy jantan maupun betina.

Lihat Bentuk Badan Dan Usia Ikan Guppy

Sebenarnya ketika usia sekitar tiga bulan, ikan guppy sudah bisa untuk dikawinkan. Tentu dengan usia segitu ikan tersebut masih memiliki ukuran badan yang terbilang kecil. Jadi warna serta pertumbuhan sirip-siripnya masih belum maxsimal.

Jadi jika usianya baru tiga bulan, usianya bisa dibilang belum dewasa, sehingga bila dikawinkan akan melahirkan burayak yang jumlahnya sedikit.

Lalu usia berapakah ikan guppy layak untuk dikawinkan?

Kurang lebih di atas usia lima bulan. Di saat segitu, ikan sudah memiliki ukuran badan yang cukup ideal dengan sirip yang sudah bisa dibilang lebar (Tergantung Jenis Guppynya).

Dan ketika usia segitu dikawinkan, kemungkinan burayak yang akan dihasilkan jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan guppy yang masih berusia sekitar tiga bulan.

Penutup

Oke mungkin itu tadi sedikit artikel tentang tips memilih ikan guppy. Jika sudah hobi kata mahal seolah-olah tidak ada dalam kosakata otak kita, selama itu bermanfaat dan tidak merugikan orang lain, maka jalani saja.

Jika sudah pahan dengan cara memilih ikan  guppy yang bagus, maka yang harus dipelajari adalah tentang cara membudidayakan serta pemasaran ikan guppy yang bisa menjadi peluang usaha untuk dapat menambah penghasilan.

Semoga apa yang tertulis di sini dapat menjadi bacaan yang menarik serta memberikan manfaat tentunya. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca :D