Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Ikan Hias Air Tawar Yang Banyak Kita Jumpai Di Pasaran

SIMBAHNUR.COM - Hallo semua, kembali lagi dengan saya. Kali ini kita akan membahas tentang Ikan Hias Air Tawar Yang Banyak Dipelihara.

Memelihara ikan hias sudah menjadi sebuah hobi yang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Mulai dari yang muda sampai orang tua, pria maupun wanita, dan lain sebagainya.

memelihara ikan hias air tawar

Hobi bukan cuma sekedar hobi saja. Bahkan banyak juga yang menggantungkan hidupnya dari yang awalnya cuma hobi, menjadi sumber penghasilan sampingan bahkan penghasilan utama.

Banyak banget ikan hias air tawar yang beredar di pasaran. Mulai dari yang ukurannya kecil, sampai yang ukurannya bisa mencapai lebih dari satu meter, bisa kita miliki. Tergantung keinginan kita masing-masing dan juga dana tentunya.

Memelihara Ikan Hias Air Tawar

Selain sekedar menjadi hobi dan hewan peliharaan, ternyata dari berbagai sumber yang saya baca, dengar, dan tonton, melihat ikan hias yang dengan gemulainya sedang berenang di air itu dapat menjadi obat relaxsasi dan menenangkan pikiran.

Berikut ini adalah beberapa ikan hias air tawar yang cocok untuk dipelihara di rumah.

Ikan Guppy

Ikan ini memiliki ukuran badan yang kecil dengan warna yang beraneka macam dan biasanya ukuran ekornya cukup lebar jika dibandingkan dengan ukuran badannya. Itulah yang membuat ikan ini banyak penggemarnya.

Ikan inipun termasuk jenis ikan yang tidak sulit untuk dikembangbiakan. Biasanya ketika disatukan antara guppy jantan dan juga betina dalam satu wadah, tak berselang lama perut ikan guppy betina akan membesar dan anakannya akan terlahir.

Dan perbedaan antara jantan dengan betina juga mudah untuk dibedakan. Kalau pada umumnya, ikan guppy jantan memiliki ukuran badan yang lebih becil dari yang betina dengan ekor yang lebar dan warna yang lebih mencolok jika dibandingkan dengan ikan guppy betina.

Ikan Cupang

Cupang juga menjadi salah satu ikan dengan banyak penggemar dan juga peminatnya.

Mungkin bagi banyak orang yang kurang paham dengan ikan cupang, mereka menganggap ikan ini cuma ikan anak sd yang bisanya cuma untuk diadu atau ditarungkan dengan harga yang cukup murah.

Padahal banyak jenis ikan cupang berkwalitas bagus dihargai dengan harga yang lumayan menguras kantong. Tapi ya namanya sudah hobi pasti uang bukan lagi masalah. yang penting hobi dapat tersalurkan.

Untuk ikan cupang sendiri, banyak macamnya. Mulai dari ikan cupang liar, ikan cupang aduan, dan ikan cupang kelas kontes. Tinggal pilih saja, ikan cupang seperti apa yang ingin kalian pelihara.

Ikan Koki

Seperti ada yang kurang lengkap jika toko ikan hias tidak ada ikan mas kokinya. Ikan ini bagaikan sebuah maskotnya ikan hias air tawar.

Dengan ciri khas perut besar dan juga kepala yang ada jenong seperti mahkota, ikan ini banyak digemari oleh para pecinta ikan hias.

Ikan ini juga termasuk salah satu jenis ikan yang banyak dikonteskan. Tentu jika dibandingkan dengan ikan koki yang biasanya dijual di pasaran tentu akan sangat berbeda jau kwalitasnya. Baik itu dara ukuran, bentuk, warna , dan lain sebagainya.

Ikan Koi

Ikan ini akan sangat indah ketika ditaruh di kolam dan dilihat dari permukaan air. Jika perawatannya bagus dan dalam kondisi sehat, ikan ini dapat bertahan hidup dengan usia yang cukup lama.

Bahkan ketika sudah lama dipelihara, ikan ini dapat tumbuh dengan ukuran yang cukup besar. Ikan ini dapat jinak dengan siapa saja ketika telah lama berinteraksi dengan manusia. Dan itu akan menambah rasa cinta sang pemilik terhadap ikan arwana ini.

Bahkan untuk ikan koi dengan kwalitas bagus, apalagi telah memenangi banyak kontes, harganyapun dapat melambung tinggi.

Ikan Arwana

Mungkin arwana merupakan salah satu ikan dengan harga yang lumayan mahal di pasaran. Untuk anakan dari jenis super red masih dibanderol dengan harga jutaan rupiah. Jadi akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi seseorang yang memiliki ikan jenis ini.

Ada beberapa jenis ikan arwana, contohnya arwana silver, arwana jardini, arwana golden red, arwana super red, dan lain sebagainya. Dan dari yang saya sebutkan di atas beberapa jenisnya adalah asli dari perairan indonesia.

Ikan ini termasuk dalam ikan predator, yang artinya pakannya adalah pakan hidup. Seperti udang, jangkrik, ikan-ikan kecil, dan pakan hidup lainnya.

Ikan Louhan

Ikan louhan pernah menjadi salah satu ikan yang ngetrend di tahun 2000 an. Berhubung banyak peminatnya, ada saja oknum yang tidak bertanggung jawab yang menjual ikan louhan biasa dengan harga yang mahal. Dampaknya adalah setelah beberapa tahun kemudian, harga dari ikan ini menjadi anjlok.

Tapi beberapa tahu kebelakang ini, sudah mulai banyak lagi orang yang tertarik dengan ikan ini. Otomatis pamor dan juga harganya dari waktu ke waktu semakin naik lagi.

Bedanya dengan jaman dahulu adalah, di era sekarang ini dengan semakin majunya teknologi, orang sudah dapat mendapat banyak informasi. Salah satunya ya untuk ikan louhan ini sendiri, sekarang sudah banyak yang dapat membedakan ikan louhan dengan kwalitas bagus dari mencari informasi di internet.

Dengan begitu, pengetahuan tentang ikan louhan juga semakin baik. Tentu ini berdampak positif bagi para pecinta ikan louhan ini.

Penutup

Oke munginn cukup sampai di sini dulu artikel tentang Ikan Hias Air Tawar Yang Banyak Dipelihara Di Rumah. Sebenarnya masih banyak lagi ikan hias lainnya yang belum tertulis dalam artikel ini. Semoga ke depannya dapat diupdate atau diperbaharui.

Baca Juga : Tips Memelihara Hewan Di Rumah

Semoga apa yang tertulis di sini dapat menjadi bacaan yang menarik serta dapat memberikan manfaat tentunya. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membacaa :D