Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Olahraga Yang Cocok Dilakukan Sebelum Mendaki Gunung

Mendaki gunug bukanlah hal mudah. Perlu persiapan fisik, mental, peralatan, perbekalan, biaya yang cukup untuk melakukannya.

Persiapan fisik merupakan salah satu hal yang tidak boleh disepelekan, karena mendaki gunung tentu tidak bisa lepas dari hal ini.

Mulai jalur yang landai sampai curam, semua dapat kita rasakan ketika sedang mendaki gunug.

Apabila tubuh tidak terbiasa melakukan aktivitas berat, maka tubuh akan kaget dengan aktivitas tersebut, yang dampaknya tentu saja tidak baik. Seperti rasa pegal yang berlebihan, keram, badan terasa sakit, dan lain sebagainya.

Maka dari itu persiapkanlah fisik dan badan yang sehat jauh-jauh hari sebelum mendaki gunung dengan cara berolahraga.

Berikut ini ada beberapa olahraga yang cocok untuk pemanasan sebelum mendaki gunung.

Lari atau Jogging

Jogging untuk menguatkan otot kaki sebelum mendaki gunung

Selain bagus untuk menambah kekuatan fisik terkhusus di bagian kaki, joging juga bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Ketika sedang mendaki gunung, jarak yang ditempuh tentu cukup jauh, berkilo-kilo meter dan berjam-jam perjalan untuk sampai tujuan.

Tentu dengan sering melakukan jogging, tubuh akan lebih terbiasa dengan aktivitas yang cukup menguras tenaga. Sehingga ketika sedang mendaki gunung, tubuh tidak akan terlalu kelelahan.

Lakukanlah jogging setidaknya 2 sampai 3 kali dalam seminggu, sebulan atau beberapa bulan sebelum pendakian.

Push Up

olahraga push up

Tidak hanya tubuh bagian bawah saja perlu kita latih sebelum melakukan pendakian gunung. Tubuh bagian atas juga jangan sampai kita lupakan.

Karena ketika sedang mendaki gunung, beban perbekalan yang kita bawa memerlukan banyak tenaga, terkhusus di tubuh bagian atas, salah satunya di bahu. Push up merupakan salah satu olahraga yang cocok untuk dilakukan.

Selain itu banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari push up. Contohnya adalah melatih daya tahan tubuh, menguatkan otot bagian dada, memperkuat otot tubuh, dan masih banyak manfaat lainnya.

Push up juga merupakan olahraga yang cukup simpel tidak memerlukan peralatan khusus dan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Berenang

Olahraga berenang

Saat sedang mendaki gunung, pernafasan juga merupakan faktor penting untuk menunjang aktifitas pendakian. Dan salah satu olahraga yang cocok untuk melatih pernafasan adalah dengan berenang.

Selain untuk melatih pernafasan, olahraga dalam air ini juga sangat cocok untuk melatih kekuatan fisik. Karena ketika sedang berenang hampir semua bagian tubuh melakukan gerakan dan itu tentu sangat cocok untuk dilakukan sebelum pendakian gunung.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari olahraga berenang. Mulai dari memperkuat otot tubuh, menyehatkan jantung, melatih paru-paru, serta masih banyak yang lainnya.

Penutup

Oke, itulah beberapa olahraga yang cocok dilakukan sebelum melakukan pendakian gunung. Persiapkanlah fisikmu secara maksimal supaya ketika sedang serta setelah mendaki gunung badan tidak terlalu pegal dan kelelahan.

Banyak orang yang ketagihan mendaki gunung karena sudah mempunyai pengalaman dan kesiapan fisik yang cukup, ehingga tubuh akan lebih terbiasa dengan kondisi tersebut.

Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga apa yang tertulis di sini bisa menjadi bacaan yang menarik serta dapat memberikan manfaat :D