Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peralatan Dan Perlengkapan Yang Perlu Dibawa Ketika Sedang Mendaki Gunung

Mendaki gunung merupakan sesuatu hobi yang menyenangkan tapi banyak resikonya. Jadi perlu adanya persiapan mental dan juga fisik yang prima untuk melakukannya.

Tidak hanya fisik dan mental, peralatan pendakian sebaiknya juga dipersiapkan untuk menunjang keamanan dan kenyamanan ketika sedang mendaki gunung.

Sekarang ini juga sudah banyak tempat penyewaan alat-alat pendakian yang lengkap dan dengan harga bervariasi, tergantung berapa lama durasi dan alat pendakian apa saja yang disewa

Tapi resiko dari tempat penyewaan tersebut adalah, jika barang atau alat pendakian yang disewa mengalami kerusakan atau bahkan hilang, tentu kita sebagai penyewa harus bertanggung jawab untuk menggantinya.

Jika tidak mau menanggung resiko atas kerusakan dan kehilangan barang sewaan, kalian bisa membeli alat-alat pendakian sendiri, tentunya dengan harga yang bervariasi juga.

Oke, berikut ini adalah beberapa alat atau perlengkapan mendaki gunung yang umum dibawa oleh seorang pendaki

Perlengkapan mendaki gunung

Tenda

Ada bermacam-macam jenis tenda yang biasa dibawa ketika mendaki gunung. Mulai dari yang kapasitas 2,4,6, dan seterusnya, ada yang single layer dan double layer, tinggal pilih saja mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Tapi sebaiknya pilihlah tenda yang benar-benar kuat dan cocok untuk menghadapi cuaca exstrem, seperti hujan deras serta terpaan angin kencang.

Jika ingin tenda lebih bersih di bagian bawahnya, jangan lupa juga untuk membawa foot print yang berguna sebagai alas dasar sebelum mendirikan tenda.

Matras

Matras merupakan salah satu perlengkapan pendakian yang sebaiknya juga dibawa ketika sedang mendaki gunung.

Matras berfungsi sebagai alas di dalam tenda untuk meredam hawa dingin dari tanah dan pemberi rasa nyaman ketika beristirahat berada di dalam tenda.

Biasanya ada dua jenis matras yang biasa dibawa oleh para pendaki. Yang pertama adalah matras yang berbahan karet, dan berikutnya ada matras yang berbahan alumunium foil.

Untuk masalah harga, biasanya matras alumunium foil dibandrol dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan matras yang berbahan karet.

Tas Carierr

Tas carierr atau banyak orang menyebutnya keril adalah tas yang didesain khusus untuk mendaki gunung.

Ukuran dari tas ini jika dibandingkan dengan tas tas pada umumnya tentu lebih besar.

Kapasitasnya juga beragam, ada yang 35 liter, 40, 45, 50 liter dan seterusnya. Semakin besar kapasitasnya, tentu ukurannya semakin besar, begitu juga dengan daya tampungnya yang semakin banyak.

Untuk harganya juga bervariasi, yang pasti dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah, tergantung dari merk, bahan, kwalitas dan lain sebagainya.

Peralatan Perlengkapan Memasak

Perlengkapan memasak ini juga termasuk ke dalam perlengkapan umum yang biasa dibawa oleh para pendaki gunung.

Lalu apakah saja perlengkapan memasak tersebut?

Ya, perlengkapan memasak seperti pada umumnya. Seperti kompor, gas, korek, nasting, pisau dan lain sebagainya. Tentunya perlengkapan memasak yang memang sudah didesain khusus untuk kegiatan outdoor di alam terbuka.

Sleeping Bag

Sleeping bag dalam bahasa inggris dan dalam bahasa indonesia yang berarti kantong tidur, yang berfungsi sebagai perlengkapan untuk tidur dan menjaga tubuh supaya bisa lebih hangat.

Membawa sleeping bag ketika sedang mendaki gunung sangat dianjurkan. Apalagi bagi yang mau bermalam dan tidur di gunung. Karena suhu udara di gunung cenderung dingin, berbeda dengan ketika berada di kota.

Sleeping bag sendiri ada yang berbahan polar dan bulu angsa. Tinggal pilih saja mana yang sesuai kebutuhan. Untuk yang berbahan bulu angsa cenderung lebih ringkas dan lebih hangat jika dibandingkan dengan yang berbahan polar.

Sepatu atau Sandal Gunung

Sepatu atau sandal untuk mendaki gunung tentu berbeda dengan sandal atau sepatu yang umum digunakan oleh kebanyak orang.

Biasanya sepatu atau sedal yang khusus digunakan untuk mendaki gunung memiliki beban yang cukup ringan, serta memiliki daya tahan yang lebih awet.

Tak heran jika dibanderol dengan harga yang lumayan mahal, karena memang mempunya kwalitas bagus dan kenyamanan ketika digunakan.

Lampu Senter

Lampu senter merupakan salah satu perlengkapan mendaki yang perlu dibawa ketika sedang mendaki gunug, terkhusus bagi yang melakukan pendakian di malam hari.

Ketika di malam hari yang gelap, senter akan sangat berguna sebagai penerang jalan yang akan kita lalui.

Dan akan sangat kerepotan jika melakukan pendakian di malam hari tanpa membawa lampu senter, karena jalan tidak akan terlihat, sehingga bisa membahayakan di sendiri.

Trekking Pole

Trekking pole atau tongkat yang berfungsi sebagai tumpuan tangan untuk membantu menjaga keseibangan ketika sedang mendaki gunung.

Trekking pole ini akan sangat berguna ketika mendaki gunung dengan tingkat kecuraman yang lumayan, bisa sebagai pegangan ketika tidak ada sesuatu untuk dipegang.

Kita bisa menggunakannya sebagai tumpuan tubuh bagian atas, sehingga beban bagian atas tubuh akan terasa berkurang.

Alat Navigasi 

Alat navigasi ada yang manual seperti peta dan kompas dan ada juga yang digital seperti GPS.

Alat navigasi ini akan sangat membantu ketika kita tidak tahu arah atau jalur mana yang seharusnya dilalui.

Dengan alat ini kita jadi bisa tahu arah dan jalur mana yang seharusnya dilalui untuk sampai ke tujuan

Jas Hujan

Jas hujan juga merupakan salah satu barang yang jangan sampai kalian sepelekan dan tidak membawanya ketika sedang mendaki gunung.

Barang ini akan sangat penting ketika ketika sedang mendaki dan tiba-tiba hujan turun. Setidaknya dengan menggunakan jas hujan ketika mendaki dalam kondisi hujan, tubuh kita tidak akan terlalu basah terkena air hujan.

Tentunya juga untuk menghindari tubuh kita terserang hipotermia karean dingin kehujanan.

Logistik Makanan Dan Minuman

Lebih baik mempersiapak logistik makan dan minum yang lebih, setidaknya cukup, jangan sampai kurang bekal yang kita bawa ketika sedang mendaki gunung.

Ketika sedang di gunung, kita tidak akan dengan mudahnya mendapatkan apa yang kita inginkan, termasuk makan dan minum.

Makan dan minum juga merupakan sesuatu yang berguna untuk menjaga kondisi tubuh kita supaya tetap selalu terjaga kebugaran tubuh kita.

Penutup

Oke, mungkin cukup sekian artikel kali ini. Yang pasti ketika ingin mendaki gunung, persiapkanlah alat, perlekapan, dan bekal yang diperlukan. Jangan menyepelekan hal apapun ketika sedang mendaki gunung, karena kita tidak tahu hal seperti apa yang akan kita jumpai ketika sedang mendaki.

Bukan hanya peralatan dan perlengkapan. Olahraga sebelum mendaki gunung juga sangat penting dilakukan sebagai penunjang kelancaran, dan persiapan supaya fisik tubuh kita lebih optimal.

Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca. Semoga sedikit artikel ini dapat menjadi bacaan yang menarik serta dapat memberikan manfaat :D