Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan Menjadi Seorang Penulis Dan Menjadi Blogger

Dahulu sebelum mengenal blogger, saya masih belum tahu tentang bagaimana seseorang bisa menghasilkan uang dari internet.

Setelah mencari sana sini, ternyata ada banyak cara tentang bagaimana mendapatkan penghasilan dari internet.

Dengan begitu banyak caranya, yang membuat saya tertarik adalah menjadi seorang penulis artikel di sebuah blog atau biasa disebut blogger.

Tapi ternyata itu semua tidak semudah apa yang dibayangkan. Yang tadinya berkhayal jika itu adalah hal mudah, ternyata pada kenyataannya tidak sesimpel dan semudah itu.

Saya juga mulai sadar kalau semudah itu menjadi blogger dan update artikel setiap hari dan dapat mengahasilkan rupiah dari situ, tentu akan banyak sekali orang yang akan memilih blog sebagai mata pencahariannya.

Terkhusus dalam hal mendatangkan banyak visitor. Perlu ketekunan dan konsistensi yang mungkin tidak semua orang bisa untuk melewatinya. Karena pada kenyataannya lebih banyak orang menyerah ngeblog dikarenakan impiannya sulit untuk terwujud sebab hanya terpaku ke uang daripada menulis artikel bermanfaat.

Sehingga dari banyaknya orang yang berkhayal bisa mendapatkan penghasilan dari blog setiap bulan, menyerah di tengah jalan serta lebih memilih untuk mencari uang dengan bekerja dan meninggalkan blognya.

Keuntungan Menjadi Seorang Penulis Di Blog


Manfaat Positif Dari Menjadi Seorang Blogger

Kalau dari awal sudah berpatokan ingin mendapatkan uang, akan lebih susah untuk terus bertahan karena faktanya orang yang sukses di blog adalah mereka yang bisa terus konsisten dan sudah menulis ratusan bahkan ribuan artikel. 

Berbeda jika mempunyai pasion dan kesenangan dalam menulis dan membuat artikel. Kita tidak akan terbebani dengan impian untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blog. 

Jika menulis itu adalah sebuah kesenangan dan bukan malah menjadi beban, bahkan tidak digaji sekalipun kita akan tetap senang untuk menjalaninya.

Sayapun juga mengelami hal seperti itu. 

Setelah sekian banyak tulisan, ternyata visitor di blog saya tidak terlalu banyak, bahkan penghasilan yang diimpi-impikan di awal terasa sulit untuk terwujud karena tujuan awal saya ngeblog memang mencari uang dari blog.

Seiring berjalannya waktu, saya mulai sadar bahwa ada lebih banyak hal yang saya dapatkan selain uang dari ngeblog.

  •  Mengetik Jadi Lebih Cepat 

Hal positif pertama yang saya peroleh dari ngeblog adalah dapat mengetik tulisan dengan cepat.

Tidak semua orang bisa mengetik di keyboard dengan cepat dengan tanpa melihat ke huruf yang ada di keyboard.

Namun setelah beberapa bulan saya main blog, ternyata tanpa saya sadari hal itu benar-benar dapat terwujud.

Yang awalnya mau mengetik satu artikel saja memerlukan watktu yang lama, sekarang saya sudah mulai bisa lebih cepat bahkan tanpa melihat huruf di keyboard seperti dahulu di awal main blog.

Jadi bisa dikatakan kalau ngeblog itu dapat melatih otak kita untuk terbiasa mengetik dengan cepat. Dan itu akan menjadi nilai lebih jika dibandingkan dengan orang yang tidak terbiasa.

  •  Menambah Kosakata yang ada di Otak

Seiring berjalanannya waktu dan mungkin tanpa disadari, karena sering mengetik untuk membuat konten artikel di blog, maka saya juga harus menambah kosakata yang ada di otak saya.

Dengan begitu materi yang ada di konten menjadi lebih beraneka macam kata dan tentu tidak akan membosankan untuk dibaca.

Bukan hanya dari mengetikannya saja. Untuk menambah kosakata dalam otak, tentu saya juga harus sering membaca artikel yang sudah ada.

Mungkin di awal akan terasa sulit untuk merangkai kata-kata apa yang harus ditulis. Tapi dengan konsisten menulis dan membaca, tanpa disadari semakin ke sini saya merasa tidak kebingungan untuk menuliskan sesuatu.

Dan saya yakin untuk bisa seperti itu perlu konsisten dan terus belajar.

  •  Bisa Berbagi Pengalaman Dan CeritMelalui Tulisan

Daripada hanya di simpan dalam fikiran dan hanya menjadi sebuah cerita yang mungkin akan berlalu begitu saja, kenapa tidak ditulis dalam blog yang barangkali ada orang yang mempunyai pengalaman sama dan tertarik untuk membaca.

Berbagai macam pengalaman dalam hidup ini dapat diarsipkan dalam sebuah tulisan untuk diri sendiri dan siapa tahu juga akan bermanfaat bagi orang lain.

Sebagai contoh pengalaman mendaki gunung, pengalaman memulai berwirausaha dan lain sebagainya. Semua itu dapat kita ceritakan dalam sebuah tulisan dengan mengambil point-point pentingnya yang akan menjadi materi baru dalam blog.

  •  Lebih Banyak Materi Yang Dipahami

Sebenarnya ada banyak sekali materi yang dapat kita tuliskan di blog. Mulai dari pengalaman pribadi, keterampilan yang kita kuasai dan lain sebagainya.

Tapi untuk bisa terus menulis di blog tentu bukan hanya materi itu-itu saja yang dapat saya tuliskan. Jika terus seperti itu, tentu akan ada titik dimana saya kehabisan materi untuk dituliskan.

Maka membaca adalah jawabannya.

Dengan membaca selain kosakata dan materi baru yang bisa didapatkan, tentu gaya menulis yang enak dibaca oleh pembaca juga akan saya dapatkan. Tapi ilmu dan pengetahuan adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari manfaat membaca ( tergantung apa yang dibaca ).

  •  Mendapatkan Penghasilan Dari Blog

Mungkin mendapat penghasilan dari blog adalah sesuatu yang ditunggu-tungu oleh seorang blogger.

Benarkah dari ngeblog bisa mendapat uang?

Tentu jawabannya adalah bisa karena saya sendiri pernah merasakannya dan terbukti dari banyaknya bloger-bloger senior yang bisa gajian rutin tiap bulan dari blog.

Jujur kalau saya untuk mendapaktan uang dari ngeblog butuh waktu sekitar tujuh bulan semenjak diterima oleh google adsense. Lama ya :D

Tapi seperti apa yang sudah tertulis di point sebelumnya, kalau ngeblog itu bukan cuma masalah uang dan penghasilan tapi sebuah kesenangan.

Kalau yang dikejar hanya uang tentu akan cepat bosan dan cepat menyerah karena faktanya untuk bisa medapat penghasilan dari blog perlu kerja keras serta konsistensi bukan sekedar kemauan semata.

  • Mengerti Tentang Sebuah Proses

Saya yakin mereka yang bisa gajian dan bisa menulis artikel secara rutin dari ngeblog juga memulai dari nol dan juga pernah mengalami seperti apa yang dirasakan oleh kebanyakan blogger lainnya.

Tapi yang membedakan adalah, mereka terus konsisten dalam melewati segala prosesnya. Baik itu sesuatu yang menggembirakan maupun tidak menggembirakan.

Proses adalah hal terpenting dari apa yang sedang kita kerjakan. Jika menjalaninya saja sudah tidak mau, bagaimana bisa kita mendapatkan hasil yang diinginkan.

Menjadi seoerang blogger sukses juga perlu ketekunan, dimana kita harus benar-benar niat menulis dan tidak hanya tergantung dengan perasaan hati yang sedang dialami saat ingin membuat artikel.

Penutup

Untuk terus bisa konsisten menulis di blog, perlu adanya ide atau materi baru. Dan ada banyak cara untuk menemukan ide atau materi baru untuk menulis di blog yang bisa didapatkan dari berbagai sumber.

Mungkin hanya ini artikel yang saya punya kali ini. Semoga apa yang tertulis di sini bisa menjadi bacaan menarik serta dapat memberikan manfaat. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca :D