Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Memelihara Ikan Predator Dan Beberapa hal Yang Harus Dipahami

Tips Memelihara Ikan Predator - Memiliki ikan peliharaan tentu menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi para penghobi ikan hias. Selain menjadi hewan peliharaan, ikan juga dapat menjadi penawar lelah setelah seharian bekerja.

Kali ini kita akan bahas tentang Ikan Predator. Salah satu spesies ikan yang memiliki keunikan  karena kerakusan ketika memangsa buruan serta sifat galaknya

Beberapa tahun belakangan ini, ikan predator menjadi salah satu hobi yang banyak peminatnya karena keunikannya tersebut yang berbeda dari ikan hias  lainnya.

Lalu seperti apakah ikan bisa dikatakan sebagai predator?

Bisa dibilang ikan predator karena makanannya identik dengan pakan daging atau hewan hidup ( bahkan sesama ikan ) dan cenderung bersikap galak jika dicampur dengan ikan lain.

Tips Memelihara Ikan Predator

Keunikan lainnya adalah ukuran badan ikan predator yang bisa tumbuh besar dan menambah kesan ganas ketika mamangsa pakan yang diberikan.

Pahami Beberapa Hal Berikut Ini Jikan Ingin Memelihara Ikan Predator

Sebelum memutuskan untuk memilih ikan predator sebagai hewan peliharaan, pastikan kalian harus pahami dan perhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Wadah Untuk Memelihara Si Ikan Predator

Pastikan wadah atau tempatnya memiliki ukuran yang cukup luas untuk si ikan predator tinggal, supaya ikan merasa nyaman dan bisa tumbuh besar. Bisa berupa aquarium ataupun di tempatkan ke dalam kolam.

Memilih wadah yang luas juga dapat membuat sang pemilik untuk merasa lebih puas bisa melihat ikan peliharaannya berenang dengan bebas tidak terbatas di ruang yang sempit.

Tentu kekurangan wadah yang memiliki ukuran luas adalah bakal memakan banyak ruangan ( contonya aquarium ), sehingga harus dipikirkan penempatan yang tepat supaya nyaman dipandang mata.

Intinya adalah, jangan menempatkan ikan ke dalam wadah yang tidak sesuai dengan ukuran ikan. Apalagi kalau ikan sudah tumbuh besar. Wadah yang terlalu sempit akan menyebabkan ikan kesulitan untuk berenang bebas.

2. Perhatikan Pakan Untuk Si Ikan

Berani memelihara berarti harus siap dan mau untuk memberi makan supaya si ikan dapat tercukupi kebutuhan pakannya.

Pakan ikan predator biasanya berupa pakan hidup, seperti udang, ikan-ikan kecil, cacing dan lain sebagainya. Tinggal pilih saja pakan mana yang sekiranya cocok untuk diberikan ke si ikan.

Sayangya untuk mendapatkan pakan hidup tersebut, biasanya para pemilik ikan predator akan mencarinya di alam, kalaupun tidak, untuk mendapatkannya harus membeli di penjual pakan ikan predator ( biasanya kios ikan hias ada yang jual ) tentu akan menambah jumlah pengeluaran.

Jadi bisa dibilang hobi memelihara ikan predator bukanlah sebuah hobi yang murah. Jadi jangan takut boros jika sudah memutuskan untuk terjun ke hobi ini.

3. Perhatikan Sistem Filter 

Hal ini harus diperhatikan jika ingin kwalitas air untuk si ikan predator dapat terjaga kebersihannya. Karena ikan predator terkenal dengan keraskusannya dalam memakan mangsanya yang bisa menyebabkan air menjadi keruh.

Kwalitas air yang buruk dapat menyebabkan hal yang fatal bagi si ikan. Seperti ikan menjadi stress, ikan tidak mau makan, ikan menjadi sakit, dan parahnya adalah si ikan bisa mati.

Maka dari itu kwalitas air harus dijaga salah satu caranya adalah sistem penyaring kotoran yang bagus.

4. Perhatikan Ini Jika Ingin Mencampur Ikan Predator 

Ikan predator terkenal dengan keganasannya, maka perlu diperhatikan jika ingin mencampur beberapa ikan predator ke dalam satu wadah yang sama, supaya si ikan tidak saling serang satu sama lain.

Jika ingin mencampur, sebaiknya dicampur sejak ukurannya masih sama-sama masih kecil supaya ikan akan lebih terbiasa antara satu dengan yang lainnya.

Tapi memang ada juga jenis ikan predator yang benar-benar tidak bisa digabungkan dengan ikan lain. Sebagai contohnya adalah beberapa jenis ikan piranha yang sangat bersifat teritori menjaga wilayahnya.

5. Belajar Dari Berbagai Sumber 

Kita harus terus belajar jika ingin berhasil, begitu juga ketika memilih ikan predator sebagai hewan peliharaan.

Kita harus tahu terlebih dahulu cara merawatnya, pakan yang cocok diberikan, penanganan yang dilakukan ketika ikan sedang sakit, dan lain sebagainya.

Sekarang sudah banyak sumber ilmu tentang ikan predator yang bisa kita peroleh contohnya adalah internet atau lebih bagus lagi jika belajar dari orang yang sudah berpengalaman dalam hobi ikan predator.

6. Jangan Melepas Liarkan Ikan Predator Ke Alam

Mungkin ini adalah hal penting dan harus dipahami oleh setiap orang yang mempunyai ikan predator. Yaitu, jangan pernah melepas ikan predator ke alam karena dapat memusnahkan ikan endemik yang asli alam itu.

Karena pada faktanya memelihara ikan predator itu adalah suatu hobi yang tidak mudah dan murah karena kita perlu mengorbankan biaya, tenaga, dan waktu untuk merawatnya.

Jadi ketika merasa sudah tidak mampu untuk merawatnya, lebih baik dijual atau dihibakan ke orang lain yang bersedia untuk menerima dan mau untuk merawatnya. Jangan sesekali untuk melepaskan ikan predator ke alam seperti sungai, waduk, rawa, dan lain sebagainya.

Penutup

Mememelihara ikan predator sekarang banyak digemari oleh banyak pecinta ikan karena sifat galaknya yang memiliki keunikan tersendiri. Jadi pastikan sebelum memutuskan untuk mencoba memeliharanya, pahamilah berbagai hal yang berkaitan dengan hobi ini.

Oke, mungkin hanya ini sedikit artikel yang saya punya kali ini. Semoga bisa menjadi bacaan yang menarik serta dapat memberikan manfaat. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca :D