Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Ampuh Untuk Bisa Tidur Lebih Awal Di Malam Hari

Tidur Lebih Awal Di Malam Hari - Tidur yang cukup akan membuat badan menjadi lebih bugar karena dengan tidur yang cukup maka tubuh yang sudah dipakai untuk menjalakan aktivitas akan teristirahatkan.

Tapi yang jadi masalah adalah banyak dari kita yang menyepelekan dengan kurangnya jam tidur atau tidur terlarut malam hanya untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya tidak ada manfaatnya sama sekali. Seperti nongkrong, nonton televisi hingga pagi menjelang, dan lain sebagainya.

Karena aktivitas buruk tersebut, menjadikan itu sebagai kebiasaan yang sulit untuk dirubah sehingga meyebabkan kita tidak bisa tidur lebih awal di luar kebiasaan jam tidur biasanya.

Padahal kurangya jam tidur dapat menyebabkan kita menjadi kurang maksimal dalam beraktivitas seperti kurang fokus, badan terasa lemas, ngantuk ketika jam kerja, dan banyak masalah lainnya.

cara tidur lebih awal di malam hari

Jika sudah terbiasa dengan kebiasaan susah tidur lebih awal, pasti akan terasa sulit merubah kebiasaan tersebut. Tapi tenang saja semua itu dapat dirubah dengan beberapa tips berikut ini.

Menghilangkan Kebiasaan Begadang Dengan Cara Di Bawah Ini

Berikut ini adalah tips supaya kebiasaan tidak bisa tidur lebih awal itu dapat teratasi dan tergantikan dengan kebiasaan yang lebih baik. Okelah langsung saja simak tulisan di bawah ini.

1. Niat Untuk Bisa Tidur Lebih Awal

Jika kalian sedang atau sudah membaca artikel ini, setidaknya sudah punya keinginan atau niat untuk bisa merubah kebiasaan begadang untuk bisa tidur lebih awal.

Seperti lagunya dari bang roma irama yang tertulis lirk lagunya "Begadang jangan begadang jika tak artinya". Jadi daripada kalian begadang tapi tidak ada hal bermanfaat yang kalian lakukan lebih baik tidur saja.

Yakinkan dalam diri dengan niat dan tekad yang kuat untuk bisa tidur lebih awal di malam hari. Karena kalau sudah niat berarti dalam diri kita sudah ada kemauan, tinggal apakah kita mau merealisasikan niat tersebut atau tidak.

2. Jangan Tidur Selain Malam Hari

Biasanya orang yang sering begadang pada malam hari, siangnya akan merasakan rasa kantuk yang teramat sangat, sehingga aktivitas di jam siangnya akan terganggu.

Apalagi bagi orang yang  tidak ada kerjaan, tentu waktu luang di siang hari hanya akan digunakan untuk mengganti jam tidurnya di malam hari karena begadang.

Jika ingin bisa terhindar dari kebiasaan tidur yang terlarut malam, cobalah untuk melawan rasa kantuk yang datang di siang hari dan biasakan untuk tidak tidur selain di malam hari.

3. Buat Harimu Dengan Kesibukan

Salah satu alasan orang begadang dan menyebabkan sulitnya untuk tidur malam lebih awal adalah karena di pagi atau siang harinya tidak ada kesibukan yang dilakukan.

Cobalah untuk membuat jam pagi dan siang hari penuh dengan aktivitas yang positif. Sehingga harimu akan jauh lebih berguna ketimbang cuma menghabiskan waktu di atas tempat tidur ketika orang lain sedang beraktivitas

Buatlah kesibukan dengan cara melakukan kegiatan positif yang dapat mengisi setiap waktu dengan aktivitas yang berguna. Seperti bekerja mencari uang atau berkarya dengan apa yang kita suka.

4. Berolahraga Secara Teratur

Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari yang namanya olahraga. Yang sudah pasti dan jelas manfaatnya tentunya adalah kesehatan yang akan kita peroleh.

Cobalah untuk meluangkan sedikit waktu pagi atau sore hari untuk berolahraga. Untuk yang baru awal-awal mungkin bisa melakukan olahraga yang ringan-ringan saja terlebih dahulu. Seperti lari, push up, dan lainnya.

Rasakan apa dampak positif terhadap kebiasaan tidur malam kalian. Badan yang lelah setelah olahraga dapat membuat kita tidur lebih awal dan akan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

5. Biasakan Dan Biasakan

Semua bisa karena terbiasa.

Cobalah untuk melakukan apa yang sudah tertulis dalam artikel ini. Jadikan itu sebagai sebuah kebiasaan yang harus kalian lakukan setiap harinya.

Percuma kalau sudah punya niat tapi melakukan prosesnya dengan setengah hati dan tidak konsisten. Karena yang paling sulit itu adalah konsisten dengan proses yang sedang kita jalankan.

Jadi jangan pernah bosan dengan kebiasaan baru yang bersifat positif jika ingin kebiasaan buruk berakhir.

Penutup

Baik kurang maupun terlalu banyak tidur dapat menyebabkan berbagai aktivitas terganggu. Maka dari itu bijaklah dalam menggunakan waktu tidur mu.

Oke, mungkin hanya ini artikel yang saya punya kali ini. Semoga apa yang tertulis di sini bisa menjadi bacaan yang menarik serta dapat memberikan manfaat. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca:D