Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Suporter Sepakbola Yang Ada Di Daerah Istimewa Yogyakarta

Suporter Sepakbola Di Yogyakarta - Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang mempunyai banyak penggemar serta peminat. Dan kurang lengkap rasanya jika dalam suatu pertandingan sepakbola tidak ada orang yang memberikan dukungan atau yang lebih akrab kita sebut suporter suporter.

Banyak klub sepakbola di Indonesia ini yang mempunyai suporter yang loyal dan selalu bernyanyi, bersorak, memberikan sebuah dukungan dengan harapan klub yang didukungnya bisa meraih kemenangan dalam setiap pertandingan.

Salah satu Provinsi di Indonesia yang di dalamnya banyak penggemar olahraga sepakbola berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Provinsi yang terkenal dengan sebutan kota pelajar.

Ada beberapa klub sepakbola dari DIY yang sudah cukup mempunyai nama di kancah sepakbola negri ini. Contohnya adalah Psim Yogyakarata dengan julukan laskar mataram, kemudian ada Persiba Bantul dengan julukan the reds, serta Pss Sleman dengan julukan super elang jawa.

Suporter Sepakbola Yogyakarta

Tiga klub sepakbola dari Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut bisa dibilang klub sepakbola yang sudah mempunyai nama besar dan memiliki suporter yang banyak serta fanatik terhadap masing-masing klub sepakbola tersebut.

Dan berikut ini adalah kumpulan suporter yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta dengan masing-masing klub sepakbola yang didukungnya.

1. Brajamusti

Brajamusti sendiri adalah singkatan dari Brayat Jogja Mataram Utama Sejati. Brajamusti adalah suporter dari salah satu klub sepakbola tertua di Indonesia yaitu Psim Yogyakarta.

Loyalitas suporter ini tidak bisa diragukan lagi, setiap Psim bertanding pasti selalu ramai dengan chant-chant yang dinyanyikan untuk mendukung klub yang didukungnya.

Warna biru sesuai ciri khas dari jersey home Psim menjadi warna yang terlihat mencolok ketika mendukung tim kebanggaanya saat sedang bertanding.

2. Slemania

Slemania adalah kelompok suporter yang mendukung klup sepakbola Pss Sleman. Dan untuk para perempuannya dinamai dengan Slemanona.

Suporter ini menempati tribun hijau sebelah utara Stadion Maguwoharjo. Walaupun jumlahnya tidak seramai dahulu, tapi mereka masih tetap setia untuk mendukung Pss Sleman baik laga home maupun away.

Salah satu ciri khas dari suporter ini adalah warna hijau yang digunakan oleh setiap suporter ketika mendukung Pss Sleman. Bahkan dahulu sebelum adanya kelompok suporter lain, yaitu Brigata Curva Sud, Hampir setiap sudut dari stadion penuh dengan atribut hijau.

3. Paserbumi

Paserbumi adalah kelompok suporter yang mendukung klub sepakbola Persiba Bantul.

Paserbumi sendiri merupakan singkatan dari Pasukan Suporter Bantul Militan yang resmi berdiri pada tanggal 8 juli 2004.

Di era kejayaan Persiba Bantul, suporter dari bumi Projotamansari ini selalu memerahkan stadion, memberi dukungan dan nyanyian untuk klub kebanggaannya.

4. Brigata Curva Sud

Brigata Curva Sud atau yang biasa disingkat BCS adalah kelompok suporter pendukung klub sepakbola Pss Sleman.

Tribun selatan menjadi tempat mereka saat berada di Stadion Maguwoharjo. Mengikuti kultur ultras, suporter ini seperti suporter 2 yang ada di negara Italy. Dengan pakaian gelap serta bentangan giant flag menjadi ciri khas dari suporter ini.

Suara perut yang dipelajari terdengar begitu lantang ketika bernyanyi memberikan dukungan. Bahkan saat laga away pun suara nyanyian suporter ini sering mengalahkan suporter tuan rumah.

Tidak hanya itu, BCS juga sering membuat koreo dan terlihat kompak sehingga membentuk gambar atau tulisan yang indah dipandang mata. Tentu itu semua meraka lakukan demi untuk mendukung tim kebanggaannya yaitu PSS SLEMAN.

5. The Maident

The Maident atau Mataram Independent adalah kelompok suporter yang mendukung klub sepakbloa Psim Yogyakarta.

Walaupun jumlah suporternya tidak sebanyak Brajamusti, tapi The Maident selalu ada untuk mendukung tim kebanggaannya yaitu Psim Jogja baik laga home maupun away.

Penutup

Itulah kelompok suporter yang ada di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Siapun klub kebanggaanya, semoga setiap suporter bisa memberikan dukungannya dengan sepenuh hati dan tanpa ada keributan dari masing-masing kelompok suporter.

Oke, mungkin hanya ini artikel yang saya punya kali ini. Semoga apa yang tertulis di sini bisa menjadi bancaan yang menarik serta dapat memberikan manfaat. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca :D