Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Head Kop Boring Vespa Tahun Tua

Membersihkan head kop vespa - Sebenarnya sebagai kendaraan dua stroke yang membutuhkan oli samping sebagai campuran bahan bakar, menjadi hal wajar jika bagian kepala piston dan juga head kop buring menjadi hitam. Hal itu dapat disebabkan karena campuran oli samping dan bensin tidak terbakar dengan sempurna.

Dan efeknya bisa menyebabkan busi menghitam yang efeknya dapat membuat performa vespa menjadi berkurang bahkan menjadi sulit untuk dihidupkan.

Maka sudah sewajarnya pembersihan setiap beberapa bulan sekali penting untuk dilakukan supaya performa serta kenyamanan vespa dapat optimal. Jika malas untuk membawanya ke bengkel, pembersihan dapat dilakukan sendiri dengan cara yang sebenarnya tidak terlalu sulit,

Berikut ini adalah cara tutorial atau cara membersihkan head kop serta kepala piston vespa tua yang sudah berkerak yang bisa dipraktekan sendiri di rumah.

Membuka Tutup Boring

Hal pertama yang harus dilakukan jika ingin membersihkan head kop adalah melepas tutup boring. Tutup boring pada vespa tahun tua sendiri berfungsi sebagai peredam serta pendingin suhu panas head kop boring yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar yang terjadi di ruang bakar.

Untuk vespa tahun tua di bawah tahun delapan puluhan seperti, sprint,super, vbb, dll, biasanya tutup boring ini terbuat dari bahan besi, sedangkan untuk vespa keluaran setelahnya berbahan plastik.

Caranya cukup mudah, tinggal melepas dua baut yang terpasang satu di dekat lobang busi dan yang satunya lagi di bawah tutup kipas dengan menggunakan obeng atau kunci yang sesuai untuk melepasnya.

Membuka Head Kop Boring

Langkah berikutnya adalah melepas empat buah mur yang terdapat di empat sisi head kop boring dengan menggunakan kunci T ukuran sebelas ( Biasanya Jika Masih Standar Pabrik )

Banyak yang menyarankan, ketika melapas mur tersebut dilakukan dengan cara menyilang, dikendorkan murnya sedikit demi sedikit supaya ulir yang ada di baut tanam serta mur tidak rusak atau dol. Jadi tidak langsung dilepas secara melingkar satu persatu.

Sebagai contoh mur bagian kiri atas dikendorkan sedikit terlebih dahulu, kemudian di susul mur bagian kanan bawah, kemudian kanan atas lalu kiri bawah dan seterusnya sampai ke empat mur terlepas semua.

Setelah mur sudah terlepas, tinggal angkat saja head kopnya. Jika sulit congkel saja menggunakan obeng secara berlahan sedikit demi sedikit.

Cara Membersihkannya

Cukup bersihkan kepala piston dan juga head kopnya saja. Karena dua bagian ini adalah tempat berkumpulnya kerak dari hasil pembakaran bahan bakar serta campuran oli samping yang tidak terbakar dengan sempurna.

Jadi tidak perlu untuk mencopot boring.

Untuk pembersihan kepala piston atau seher bisa dilakukan dengan cara memposisikan kepala piston sampai menonjol keluar, kemudian gosok menggunkan amplas sembari siram dengan bensin supaya keraknya rontok. Begitupun dengan bagian head kop, caranya tidak jauh berbeda.

Pemasangan Kembali

Begitu pembersihannya telah selesai, langkah berikutnya adalah memasangnya kembali. Pemasangan head kop bisa menggunakan lem sealant sebagai perekat dan untuk mencegah kebocoran di ruang bakar.

Kemudian adalah pemasang empat mur dapat dilakukan dengan cara yang sama seperti halnya ketika melepasnya, tentu dengan alasan yang sama. Pastikan jika mur terpasang dengan kencang. Lalu jangan lupa juga memasang tutup boringnya juga.