Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri serta Perbedaan Guppy Mahal dengan Guppy Murah

Ciri Guppy Mahal Dan Murah -  Banyak yang belum tahu tentang perbedaan atau ciri ikan guppy mahal dan murah itu seperti apa.

Kalau yang ditanyakan soal mahal dan murah, tentu jawabannya relatif karena kalau sudah hobi dan suka, uang bukan menjadi penghalang selama keinginannya dapat terpenuhi, begitu juga sebaliknya.

Jika dibandingkan satu dengan yang lainnya, tentu tetap saja ada perbedaannya.

Berikut ini adalah perbedaan ikan guppy mahal jika dibandingkan dengan ikan guppy murah jika dilihat dari berbagai aspek.

Ciri serta Perbedaan Guppy Mahal dengan Guppy Murah

1. Tempat Membelinya

Hal pertama yang membedakan ikan guppy mahal dengan guppy murah, biasanya dapat diketahui dari tempat membeli ikan guppy tersebut.

Jika membeli ikan guppy di kios-kios ikan hias, ikan yang dijual mayoritas adalah ikan guppy rijek atau buangan dari sortiran yang tidak masuk dalam kategori bagus menurut peternaknya. Serta ikan guppy cendolan yang gennya telah tercampur sehingga sulit dibedakan itu guppy jenis apa.

Sedangkan jika membeli di peternak terkhusus penghobi yang menjaga kwalitas dan harga, tentu cara perawatan yang diberikan akan berbeda jika dibandingkan dengan ikan guppy yang di jual di kios-kios ikan hias, sehingga harganya lebih mahal.

Karena kalau sudah masuk ke kios-kios, terdapat banyak varian jenis ikan hias lain bukan hanya guppy. Kalau di tempat peternak atau penghobi, biasanya mereka hanya berfokus pada satu macam ikan.

2. Kwalitas Ikan

Perbedaan berikutnya kwalitas ikan yang berbeda. Ikan dengan kwalitas bagus tentu akan dijual dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan ikan guppy rijek atau cendolan.

Biasanya peternak atau penghobi akan mulai mensortir ikan tahap demi tahap sampai menemukan ikan yang paling bagus dari satu indukan.

Dan untuk pensortiran sampai menemukan ikan yang memiliki kwalitas paling bagus memerlukan waktu lama yang mungkin dari burayak sampai dewasa, ikan guppy yang lolos seleksi tidak lebih dari sepuluh persen saja.

Dalam pensortiran sendiri meliputi banyak hal contohnya corak atau warna, ukuran badan, bentuk dorsal yang diingkan, dan kesehatan ikan. Jadi untuk mendapatkan kwalitas ikan guppy yang bagus bukanlah hal mudah, sehingga wajar saja jika harganya bisa lebih mahal.

3. Harga Yang Dijual

Harga tentu juga salah faktor penentu apakah ikan tersebut tergolong murah atau mahal. Dan harga juga berpengaruh terhadap kwalitas ikan itu sendiri.

Lebih disarankan jika ingin membeli ikan guppy dengan harga mahal, datang langsung ke peternak atau breeder yang sudah paham tentang kwalitas, sehingga bisa belajar langsung sembari menjalin silaturahmi.

Jika ingin membeli secara online, pastikan jika penjualnya adalah orang yang terpercaya dan sudah mempunyai nama dalam dunia ikan guppy supaya bisa meminimalisir resiko penipuan dan mendapatkan ikan sesuai harapan.

4. Jenis Ikan Yang Dijual

Banyak sekali jenis ikan guppy yang ada di dunia saat ini. Karena ikan ini adalah salah satu ikan yang bisa disilangkan jenis satu ke jenis yang berbeda, sehingga memunculkan varian baru begitu seterusnya. Tentu untuk mendapatkan varian baru yang diinginkan, perlu adanya dasar ilmu yang harus dikuasai dan memerlukan proses yang tidak sebentar.

Semakin bagus dan masih sedikit orang yang punya serta banyaknya permintaan, maka semakin mahal juga harga ikan guppy tersebut. Begitu juga pemiliknya.

Untuk ikan dengan grade A yang biasanya diikutsertakan dalam kontes tentu harganya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan ikan yang memiliki grade dibawahnya.

Penutup

Semakin bagus kwalitas dari ikan guppy, apalagi pernah juara kontes, tentu harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan ikan guppy dengan kwalitas di bawahnya. Jadi lebih bijak jika belajar secara langsung ke orang yang sudah paham, supaya bisa mendapatkan ilmunya.