Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Faktor Penyebab Ikan Guppy Berenang Di Permukaan Air

Ikan Guppy Renang Di Permukaan Air - Ketika memelihara ikan guppy, sering kita jumpai si ikan berenang di permukaan air. Bagi yang belum lama memilihara guppy, pasti penasaran dengan hal itu. Karena itu bisa menjadi indikator dari kesehatan serta kenyaman ikan di tempat kita memeliharanya.

Penyebab ikan guppy berenang di permukaan air

Daripada penasaran, berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa ikan guppy berenang di permukaan air.

1. Ikan Sedang Dalam Keadaan Lapar

Hal pertama yang menyebabkan ikan guppy berenang di permukaan air disebabkan karena ikan sedang dalam keadaan lapar dan minta diberi pakan.

Sebenarnya ini adalah kondisi wajar ketika ikan telat diberi makan dan cenderung bagus menandakan ikan dalam kondisi sehat saat ikan itu berenang lincah. Biasanya ikan akan bergerak aktif di permukaan air saat melihat ada orang datang untuk melihatnya.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan sering terlambat memberi pakan karena ikan perlu makan sebagai asupan energi untuk pertumbuhan si ikan. Dan juga jangan terlalu banyak dalam pemberian pakan karena itu akan berpengaruh ke kwalitas air yang menjadi cepat keruh jika pakan tidak termakan seutuhnya.

2. Suhu Air Terlalu Panas atau Terlalu Dingin

Suhu air yang terlalu exstrim juga dapat menyebabkan ikan menjadi stress sehingga lebih memilih untuk berenang di permukaan air. Biasanya hal ini disebabkan dari faktor alam atau cuaca yang tidak bisa dihindari.

Seperti hanya manusia yang tidak nyaman jika mengalami suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin, begitupun  ikan juga dapat merasakan hal demikian. Cuma bedanya manusia bisa lebih bertahan karena dibekali pikiran serta ruang gerak yang lebih bebas sedangkan ikan guppy tidak demikian karena terbatas dengan daya tahan tubuh dan ruang gerak yang dimilikinya.

Solusinya adalah tempatkan ikan di wadah yang dapat menampung air dengan volume banyak sehingga suhu air akan lebih terjaga walaupun suhu cuaca di luar berubah-ubah.

3. Kwalitas Air Yang Buruk

Kwalitas air juga sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup si ikan guppy. Salah satu indikator penyebab ikan berenang di permukaan bisa dari air yang buruk, kurangnya oksigen di dalamnya.

Salah satu penyebab kurangnya oksigen dalam air karena banyaknya kotoran ikan yang tidak segera terbuang dan terfilter dengan baik sehingga kandungan amoniak dalam air tidak terbendung.

Jika hal ini dibiarkan secara terus menerus, maka ikan dapat menjadi stress kemudian tidak mau makan yang dampak buruknya adalah menyebabkan timbulnya penyakit dan dapat berakibat pada kematian jika telat penangannya.

Solusinya adalah segera ganti air lama dengan air baru yang lebih baik supaya si ikan bisa berenang lincah lagi dan nyaman dengan kondisi air

4. Ikan Sedang Dalam Kondisi Sakit

Banyak faktor yang dapat menyebabkan ikan guppy sakit, termasuk dua hal di atas tadi dan banyak juga bermacam penyakit yang dapat menghampiri si ikan.

Indikator yang dapat menunjukkan ikan guppy sedang sakit dapat diketahui dari kurang aktifnya si ikan, cara berenang tidak terlihat seperti biasanya, serta ikan cenderung diam di bawah atau permukaan air.

Jika menjumpai ikan dengan ciri-ciri seperti itu, maka segera pisahkan ikan tersebut dari rombongan supaya ikan lain yang dalam satu wadah tidak tertular. Segera obati ikan yang sakit sembari berdoa supaya ikan dapat terselamatkan.

Penutup

Oke, mungkin itu tadi adalah jawaban dari pertanyaan yang penasaran " kenapa ikan guppy sering berenang di permukaan air ". Semoga bisa menjadi bacaan yang menarik serta dapat memberikan manfaat.

Dengan mengetahui kondisi si ikan maka kita juga bisa belajar tentan tips supaya indukan betina ikan guppy cepat beranak atau ngebroll.