Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjadi Seorang Penulis Bagi yang Baru Mulai Mencoba

Menjadi Seorang Penulis - Apakah ada yang mempunyai cita-cita menjadi seorang penulis?

Jika Anda mempunyai cita-cita menjadi seorang penulis, maka kejarlah serta tekunlah belajar dari berbagai hal untuk bisa meraih kesuksesan.

Sudah banyak sekali contoh orang yang sukses sebagai penulis. Baik itu penulis buku, novel, blog, komik, majalah, dan lain sebagainya. Mereka menulis bukan hanya sekedar mencari uang saja, tapi menulis memang sudah sebagai jalan hidupnya.


Berikut ini adalah tips bagi kalian yang ingin menjadi penulis sukses, jangan cuma dibaca tapi lakukan dengan konsisten!

1. Menulis Dengan Ikhlas

Tanyakan kepada diri sendiri apakah sebenarnya yang ingin kamu tulis.

Banyak sekali materi yang dapat kita tuliskan. Mulai dari pengalaman pribadi, sesuatu hobi atau kegemaran, masalah percintaan, tentang apa yang ada dalam pikiran semua dapat tercurahkan dalam bentuk tulisan.

Tidak perlu memikirkan apakah tulisan kita enak dibaca atau tidak, karena dengan ikhlas menulis, tanpa disadari dan seiring berjalannya waktu, kita akan menemukan ciri khas dari dari tulisan kita sendiri yang berbeda dengan karya orang lain.

2. Menulis Untuk Pembaca

Setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti mempunyai masalah yang hampir sama antara satu dengan yang lainnya, sehingga mereka mencari jawaban atas masalah tersebut dari berbagai sumber termasuk dari cerita atau pengalam orang lain dalam bentuk tulisan.

Tulislah point-point penting dari pengalaman atau cerita hidup yang pernah kita lewati sebagai jawaban atasa permasalan orang lain.

Sebagai contoh adalah pengalaman kita tentang cara membuka tabungan di bank, membayar pajak kendaraan, cerita pertama kali membangun usaha, dan masih banyak yang contoh lainnya.

3. Menggunakan Kata Yang Sederhana

Tidak perlu memikirkan untuk menggunakan kata-kata atau kalimat kiasan rumit supaya terlihat keren untuk dibaca, yang justru akan membuat bingung para pembaca.

Sekeren-kerennya kata dan kalimat dalam tulisan, jika maksud dan tujuan tidak bisa sampai ke pembaca maka semua itu akan sia-sia.

Cukup gunakan kata dan kalimat sederhana saja, agar kita tidak membuang waktu untuk merangkainya, serta supaya pembaca bisa lebih mudah paham dan mengerti tentang apa yang kita tulis.

4. Sering- sering Membaca Dari Berbagai Sumber

Membaca adalah jalan supaya kita bisa kreatif dan konsisten untuk bisa menemukan ide dalam menulis. Berilah waktu dalam kesaharianmu untuk bisa membaca.

Banyak-banyaklah membaca dari berbagai sumber, supaya pengetahuan yang kita miliki tidak terbatas dengan hal-hal itu saja. Kita akan mendapatkan banyak sudut pandang berbeda dari suatu masalah jika rajin membaca.

Bukan hanya itu saja, semakin banyak tulisan yang kita baca, niscaya pengetahuan serta cara kita menyampaikan uneg-uneg dalam bentuk tulisan bisa menjadi lebih mudah.

5. Rajin Dan Tekun Menulis Setiap Hari

Buatlah target serta jadwal supaya kita menjadi konsisten untuk bisa menulis setiap hari.

Jangan terlalu pusing dengan apa kata orang tentang hasil tulisan yang kita tulis. Setiap ada kesempatan untuk bisa menulis, maka curahkanlah apa yang ada di dalam otak menjadi sebuah karya.

Semakin sering menulis, disadari atau tanpa disadari, kita akan menemukan karakter atau gaya menulis yang berbeda dengan penulis lain.

Penutup

Jangan menunggu menjadi sempurna baru berani memulai, maka mulailah melakukan sesuatu, niscaya kesmpurnaan akan datang seiring berjalannya waktu.