Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menggabungkan Ikan Predator Dalam Satu Aquarium

Keputusan untuk menggabungkan ikan predator dalam satu aquarium, tentunya perlu petimbangan dan juga pengetahuan yang matang supaya ikan dapat hidup berdampingan dengan nyaman.

Karena masih banyak orang yang mungkin baru memulai hobi ikan predator tetapi belum begitu paham tentang tata cara perawatan dan aturan menggabungkan ikan predator dalam satu wadah, sehingga ikan mudah mati dan lain sebagainya.

Jika dibiarkan seperti itu secara terus menerus, maka selain kerugian kepada diri sendiri, tentu juga kasihan ke ikannya yang jadi sakit atau bahkan sampai mati akibat dari kurangnya pemahaman dari pemiliknya.

Silahkan baca point-point di bawah ini sebelum memutuskan untuk menggabungkan ikan predator.

Berikut ini adalah tips menggabungkan ikan predator dalam satu aquarium

Tempat yang Memadai

Tempat atau wadah yang memadai tentu akan membuat ikan lebih nyaman untuk hidup. Bisa berupa kolam atau aquarium yang sudah disesuaikan ukurannya.

Pastikan ukuran wadah benar-benar memadai untuk ikan tinggal. Mengingat kebanyakan ikan predator dapat tumbuh dengan ukuran yang cukup besar.

Jangan lupa juga perhatikan sistem filtrasi yang berfungsi untuk menjaga kwalitas air, supaya ikan yang hidup di dalalmnya dapat hidup sehat dan tidak mudah sakit.

Jenis Ikan yang Digabungkan

Walaupun ikan predator, tetapi ada jenis ikan yang bisa dan tidak bisa digabunggkan dalam satu tempat yang sama.

Banyak ikan predator yang bisa disatukan dalam satu wadah yang sama. Baik itu dalam satu, maupun berbeda jenis.

Contohnya adalah ikan jenis arwana, peacok bass, datz, oscar, palmas, aligator, dan masih banyak jenis ikan predator lainnya.

Tetapi ada juga ikan predator tipe single tank yang tidak bisa digabung dengan ikan predator jenis lain. Salah satu contohnya adalah dari keluarga ikan piranha.

Ukuran Dari Ikan Predator

Ukuran tentu akan sangat berpengaruh terhadap bisa atau tidaknya ikan predador untuk disatukan dalam satu wadah.

Jika ingin menggabungkan ikan predator dalam satu wadah, pilihlah ikan yang ukuran tubuhnya sebanding, pastikan sizenya tidak memiliki selisih yang cukup jauh.

Pakan yang Diberikan

Namanya ikan predator, tentu pakannya berupa sesuatu yang berdaging atau berupa makhluk hidup, seperti serangga, ulat, katak, ikan, dan lain sebagainya.

Walaupun ada juga yang mau diberi pelet buat pabrik, tapi ada bebera ikan predator tidak begitu suka dengan pelet bahkan tidak mau memakan pelet

Pastikan pemberian pakan jangan sampai terlambat dan berikan dalam jumlah yang tepat, supaya ikan tidak saling serang kalau perut dalam keadaan lapar.

Jangan juga terlalu banyak dalam pemberian pakan. Dampak terburuknya adalah air yang cepat keruh jika tidak diimbangi dengan sistem filtrasi yang baik, sehingga dapat memicu bom amoniak yang bisa menjadi racun bagi si ikan.

Populasi atau Jumlah Ikan Dalam Satu Wadah

Menggabungkan ikan predator dalam satu wadah atau tempat yang sama, sebaiknya diimbangi dengan populasi ikan di dalamnya juga.

Tidak perlu terlalu banyak, tetapi juga jangan satu wadah cuma diisi dua ekor ikan saja. Tentu resiko untuk saling serang tentu lebih besar juga.

Maka dari itu, pemilihan ukuran wadah untuk ikan tinggal akan sangat berpengaruh terhadap populasi ikan di dalamnya.

Idealnya, jika ingin menggabungkan ikan predator dalam satu tempat, setidaknya ada lima ekor ikan di dalamnya dengan ukuran yang tidak berselisih terlalu jauh.

Bisa dari jenis yang sama atupun berbeda. Perlu diingat, jangan juga terlalu padat populasi yang menyebabkan ikan sulit untuk berenang bebas.

Penutup

Dengan pengetahuan dan pemahaman pemeliharaan ikan predator yang benar, maka ikan yang kita punya dapat terawat dengan maksimal.