Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Menjaga Pondasi Kebiasaan Positif

Banyak dari kita ingin memperbaiki hidup ke arah yang lebih baik. Supaya itu bisa terjadi, maka kita harus berbuat hal positif dan harus terus ditingkatkan.

Pada dasarnya, kebiasaan mempunyai peran penting terhadap kehidupan kita setiap hari. Tapi masing-masing kebiasaan mempunyai dampak yang berbeda juga.

Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengalisa kebiasaan apa yang kita lakukan sehari-hari, memilih, dan mengembangkan kebiasaan yang baik.

Akan ada satu kebiasaan penting sebagai pondasi (baik itu kebiasaan baik atau buruk), yang mana apabila kebiasaan itu terganggu, maka akan berdampak ke keseimbangan kebiasaan lain, dan terkadang itu bisa mengacaukan semuanya.

Itulah sebabnya, perlu bagi kita untuk menjaga pondasi kebiasaan penting yang bersifat positif  dengan cara apapun.

Tentu saja saat ada kebiasaan baik sebagai pondasi, maka akan ada kebiasaan buruk yang dapat merusaknya.

Kebiasaan baik dapat merubah kita untuk menjadi orang yang lebih baik, tapi kebiasaan buruk dapat menjerumuskan kita ke jurang kehancuran.

Jadi sangat penting bagi kita, mulai dari sekarang juga untuk menganalisa setiap kebiasaan yang kita lakukan supaya terhindar dari kebiasaan yang dapat menghambat kita untuk menjadi lebih baik.

Jika kita menganilisa dan berhasil mengakhiri ( pondasi ) kebiasaan buruk yang kita miliki, maka kita juga akan menemukan kebiasaan buruk lainnya dan mengakhirinya juga.

Beberapa kebiasaan utama yang memiliki potensi besar untuk mempengaruhi kebiasaan lainnya

Lalu apa sajakah itu?

Olahraga, pola makan, tidur

Tiga kebiasaan ini cenderung menuntun kita ke kebiasaan baik lainnya dan yang terpenting adalah kebiasaan itu saling terhubung dan membangun.

Sebagai contoh

Bisa tidur nyenyak di malam hari -=> bangun pagi, badan terasa segar => bersemangat untuk melakukan pekerjaan => semua terasa mudah => lingkungan sekitar seperti mendukung => hasil optimal didapatkan

Akan berbeda jika pondasi kebiasaan itu terganggu

Tidak bisa tidur di malam hari => bangun kesiangan => serba tergesa-gesa => badan terasa lemas => malasa untuk bekerja => sesuatu sederhana jadi tersa sulit => tidak bisa mendapatkan hasil maksimal

Dari contoh di atas kita akan tahu kalau tidur yang cukup mempunyai peran penting terhadap produktifitas kerja di hari berikutnya. Maka apabila pola tidur terganggu, yang lain juga terganggu.

Mulai sekarang, indentivikasilah kebiasaan-kebiasaan dari diri kita masing-masing yang mempunyai dampak besar ke aktivitas lain. Jika sudah menemukan, dan dipikir itu sebagai sumber masalah, maka segeralah untuk memperbaikinya

Itulah pentingnya bagi kita untuk menemukan pondasi kebiasaan dari diri kita masing-masing. Karena apabila pondasi itu terganggu, maka akan berdampak ke aktivitas lain yang juga terganggu.

Kebiasaan baik lainnya yang dapat menuntun kita ke arah lebih baik adalah

Membuat percanaan yang jelas dan menganalisai setiap dampak dan mencatatnya

Penting bagi kita, meluangkan waktu sejenak untuk membuat perncanaan yang jelas tentang apa yang akan kita kerjakan di hari itu bahkan hari-hari berikutnya.

Dengan cara seperti itu, maka kita dapat memprioritaskan hal-hal yang berdampak baik bagi diri kita.

Namun, ketika kita tidak punya perencanaan apapun, kita seperti tidak mempunyai arah dan tujuan yang ingin dicapai.

Jadi, jika ingin kebiasaan baik tetap ada, peting bagi kita untuk membuat rencana dan menganalisanya.

Dampak besar lain yang akan didapatkan adalah kita bisa melacak dari apa saja yang kita kerjakan. Sehingga kita bisa mendapatkan data objektif sebenarnya.

Sebenarnya seringkali kita melihat seberapa banyak kita melakukan dan tidak melakukan hal-hal tertentu. Dengan adanya catatan atau data, maka kita akan lebih sadar tentang dampaknya.

Meditasi untuk mengenal diri sendiri

Banyak orang yang menganggap kalau meditasi itu adalah buang-buang waktu. Padahal itu juga penting kita lakukan untuk lebih mengenal diri kita sendiri.

Menditasi mempunyai banyak manfaat bagi diri kita, seperti kesadaran diri yang lebih baik, membuka pikiran yang lebih luas, bisa mengurangi kecemasan dan stress, dan banyak manfaat lainnya.

Semua itu sangat cocok bagi orang yang selalu berpikir keras, sehingga jiwanya juga terdampak. Setidaknya rasa rileks akan didapatkan dan pikiran menjadi lebih tenang.

Dan itu juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan mental bahkan fisik. Saat kondisi mental dan fisik dalam kondisi prima, maka akan ada banyak hal baik lain yang akan mengikuti.

Itulah pentingya meditasi untuk membuat kebiasaan lain menjadi lebih mudah.



Mulai sekarang, cobalah untuk menyesuaikan pondasi kebiasaan diri kalian sendiri. Setidaknya setelah membaca tulisan ini, kita akan sadar bahwa merubah gaya hidup tidak sesulit apa yang kita pikirkan. Mulailah untuk mencobanya.