Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perlukah Aerator Untuk Ikan Guppy? Berikut Ini Penjelasannya

Banyak pertanyaan tentang apakah ketika memelihara ikan guppy harus memerlukan aerator/ air pump?

Sebenarnya tanpa menggunakan aerator pun, ikan guppy dapat hidup bahkan sampai berkembang biak dan beranak pinak.

Saya sendiri memelihara ikan guppy di aquarium menggunakan aerator dan juga memelihara guppy di ember, di ruangan terbuka tanpa menggunakan aerator. 

Bahkan saya pernah uji coba menaruh satu ikan guppy di dalam plastik selama kurang lebih 3-4 hari, tanpa membuka dan memberinya pakan, dan hasilnya si ikan guppy mampu bertahan hidup.

Jadi kesimpulannya kalau untuk menguji daya tahan si guppy, sebenarnya tanpa aerator pun ikan mampu betahan hidup, dan tidak terkendala di kesehatan si ikan. Selama kwalitas air dalam kondisi baik.

Variasi aeratior juga berbeda-beda mulai dari merk, harga, kapasitas, daya listrik yang digunakan, dan lain sebagainya. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing.

Aerator untuk ikan guppy


Lalu Kenapa Banyak Pemilihara Ikan Guppy Memilih Menggunakan Aerator?

Jawabannya adalah aerator berfungsi sebagai media untuk menjalankan sistem filtrasi dan juga pembuat arus atau gelombang di air, supaya guppy lebih aktif bergerak, sehingga pertumbuhannya akan lebih cepat.

Nah, berikut ini adalah keunggulan dari menggunakan aerator bagi si ikan guppy.


1. Air Akan Lebih Jernih


Salah satu fungsi dari aerator adalah sebagai media untuk menjalankan sistem filtrasi dalam air.

Sistem filtrasi yang digunakan adalah jenis sistem semi undergravel. Dimana aerator berfungsi sebagai arus yang menyedot kotoran untuk masuk ke dalam filter, sehingga kotoran di air akan tersedot ke dalam filter, dan air akan menjadi lebih jernih.

Untuk filter semi undergravel, bisa beli di toko ikan hias atau jika ingin lebih hemat bisa membuatnya sendiri.

Biasanya dalam filter semi undergravel sendiri, terdapat berbagai macan media yang digunakan. Mulai dari busa filter, kramik ring, bioball, batu zeolit, pasir malang, dan lain sebagainya.

Ketika air menjadi lebih jernih maka ketika ikan guppy di taruh di aquarium, tentu akan lebih menarik untuk dinikmati keindahannya.


2. Ikan Menjadi Lebih Aktif


Akan nampak berbeda keaktifan ikan guppy ketika menggunakan aerator dan juga ketika tidak menggunakan aerator.

Ketika air dalam kondisi tenang, maka ikan guppy akan cenderung pasif dan sedikit bergerak. Begitupun ketika air terus tersikulasi dan bergerak, maka ikan juga akan lebih aktif.

Lalu apa keunggulan ikan guppy yang aktif bergerak?

Selain lebih bagus dipandang mata, ikan guppy yang lebih aktif bergerak, akan berpengaruh ke metabolisme dalam tubuh akan lebih cepat. Sehingga penyerapan pakan yang diberikan juga lebih maksimal. Dan tentu pertumbuhannya juga dapat lebih cepat maksimal.


3. Kwalitas Ikan Guppy Lebih Bagus


Tentu ketika kwalitas air terkontrol, dan ikan lebih aktif berenang, maka akan berdampak ke kwalitas ikan guppy yang dihasilkan.

Body ikan guppy akan menjadi lebih ideal dan sirip-sirip akan lebih berkembang.

Jadi akan sayang ketika kita membeli ikan guppy yang kwalitasnya bagus apalagi dengan harga yang cukup mahal, bila hanya ditaruh di wadah tanpa menggunakan aerator.

Tapi aerator bukan penentu utama dari kwalitas ikan guppy. Pakan, wadah, air, perawatan juga faktor penting terhadap kwalitas ikan guppy.


Walaupun banyak manfaat dari penggunaan aerator untuk ikan guppy, tapi ada juga kekurangan yang harus diterima. Yaitu adalah suara bising yang ditimbulkan dari mesin aerator yang dinyalakan, dan juga tambahan biaya mulai dari aeratornya sendiri, media filter yang digunakan, serta tambahan biaya listrik.

Tapi semua itu juga akan terbayar dengan kesenangan batin dan materi dari hasil kita memelihara ikan guppy dari berbagai macam keunggulan dari menggunakan aerator.