Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Melatih Dan Membentuk Rasa Percaya Diri

Sadarkah kita kalau rasa takut bersumber dan terpengaruh dari lingkungan di sekitar. Seolah-olah lingkungan mendukung hal buruk selalu menyertai dan terbawa ke kehidupan kita.

Mungkin kita pernah merasakan masa-masa dimana pernah dibully, diejek, dipermalukan di depan umum, dan lain sebagainya, dan tertanam di alam bawah sadar sampai kita merasa di percaya lagi dengan diri sendiri.

Tips Membentuk Rasa Percaya Diri
Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay 

Tapi perlu disadari juga, bahwa percaya diri itu sebenarnya dapat kita latih.

1. Berlatih Setiap Hari Dengan Mengucapkan Kata-kata Positif Di Pikiran Kita


Sadarilah mulai sekarang, jika kita itu mampu, jika kita itu hebat, jika kita itu kuat, jika kita itu bisa sukses. Abaikan omongan sekitar bahwa kita bukan seperti apa yang mereka pikirkan.

Tanamkan  dalam pikiran kita bahwa kita akan menjadi sesorang yang berhasil sukses, walaupun tidak ada jaminan bahwa hal itu bisa terwujud. Tapi dengan kita yakin dan percaya, setidaknya sudah ada pondasi yang menopang untuk merealisasikan kessuksesan kita di suatu hari nanti.

Yakin kalau kita akan berhasil tentu lebih baik jika dibandingkan tidak yakin sama sekali, maka yakinilah.

Latih dan ucapkanlah kata-kata positif yang membangun dan lakukanlah secara konsisten setiap hari sampai alam bawah sadar kita terbentuk dengan kata-kata positif itu.

Ucapkanlah kata positif di pikiran kita secara terus menerus. Sebagai contoh kata kata saya bisa, saya hebat, saya bahagia, saya luar biasa. Lakukanlah, niscaya kata-kata tersebut akan tertanam di alam bawah sadar dan menjadi doa yang baik untuk kehidupan kita.

2. Belajar Untuk Menerima Diri Sendiri


Setiap manusia di dunia ini pasti mempunyai dua hal yang pasti dimiliki, yaitu adalah kelemahan dan juga kelebihan.

Kita harus belajar untuk bisa menerima kedua hal tersebut. Tapi ada satu hal yang semestinya kita lebih fokuskan. Yaitu tentang kelebihan yang diri kita miliki.

Mulailah belajar untuk bisa menerima diri sendiri, dan lebih baik berfokus kepada kelebihan daripada bingung memikirkan kelemahan.

Karena saat kita terlau berfokus pada kekurangan, niscaya akan timbul rasa minder, menjadi penakut, tidak berani mencoba, dan banyak hal lainnya yang berhubungan dengan percaya diri.

3. Melatih Dari Hal Kecil Dan Menjalani Prosesnya


Tidak perlu terburu-buru ketika ingin merubah diri kita ke arah yang lebih baik. Semua itu pasti ada prosesnya dan tidak bisa instan begitu saja langsung berubah.

Mulai berlatihlah dari merubah hal-hal keci yang kurang bermanfaat di hidup kita. Niscaya latihan kecil tersebut akan berdampak besar di kemudian hari nanti jika kita bisa konsisten dalam menjalankannya.

Ulangi secara konsisten setiap hari sampai terbentuk suatu pola yang positif, niscaya jika kita bisa konsisten dan bisa menerima prosesnya, maka akan terbentuklah hal-hal baik di kehidupan kita

Jika kita bisa perlahan demi berlahan, sedikit demi sedikit, tapi dilakukan secara berulang-ulang dan konsisten, pasti rasa tidak percaya diri, rasa takut gagal, akan memudar dan hilang dengan sendirinya tanpa kita sadari.