Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Supaya Ikan Guppy Cepat Beranak Alias Ngebrolll

Ikan guppy merupakan ikan hias dengan ukuran tubuh kecil tetapi pesona dari warna dan juga kemolekan sirip-siripnya menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemarnya.

Tak heran jikan banyak pecinta ikan hias ingin memelihara bahkan mengembangbiakan supaya jumlahnya bisa bertambah banyak.

Tak hanya menjadi hewan peliharaan yang cantik, ikan guppy juga bisa membuka peluang usaha sebagai penambah pundi-pundi keuangan.

Sebenarnya perawatan dan juga pengembangbiakannya bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang bagi mereka yang sudah tahu dan berpengalaman dan susah bagi mereka yang baru mencoba dan belum paham akan tata caranya.

Tips Guppy Cepat Beranak

Mungkin salah satu kendala bagi yang ingin mengembangbiakkan ikan guppy adalah tidak sabar menunggu si induk betina ngebroll mengeluarkan anakan atau burayak.

Tips Indukan Ikan Guppy Cepat Ngebrollll

Nah, mungkin bagi kalian yang penasaran tentang tips supaya ikan guppy betina cepat beranak atau ngebroll mengeluarkan burayaknya, berikut ini adalah tipsnya.

1. Belilah Ikan Guppy Betina Yang Pernah Ngebroll

Memilih ikan guppy betina yang pernah beranak ngebroll adalah salah satu cara yang bisa dipraktekkan jika kita ingin cepat-cepat punya keturunan ikan guppy.

Kenapa demikian?

Ikan guppy betina, bisa dibilang satu kali perkawinan bisa hamil dan beranak lagi tiga sampai empat kali, dengan jarak waktu setiap dua minggu sampai satu bulan sekali beranaknya.

Dengan demikian ketika kita membeli ikan guppy betina yang pernah ngebroll, kemungkinan besar si ikan untuk beranak akan lebih cepat.

Tapi, pilihlah ikan yang usianya tidak terlalu tua dan usahakan pilih yang baru pernah beranak sekali, supaya jika ngebroll yang ke dua kali, anakannya bisa lebih banyak dan juga kwalitas tidak menurun.

2. Pastikan Ikan Guppy Tidak Mandul

Jangan salah, ikan guppy juga ada yang mandul alias tidak bisa beranak atau menghasilkan keturunan.

Hal ini bisa dilihat dari usia ikan yang sudah tua dan pernah beberapa kali dikawinkan tetapi sang betina tetap saja tidak mau melahirkan.

Kalau dari fisiknya, bisa dilihat dari kantung telur yang kosong di bagian perutnya, padahal usia sudah matang atau siap kawin. 

Bisa dilihat jika untuk guppy jenis albino seharusnya bagian kantung telur di perutnya akan berwarna kuning kemerah-merahan. Sedangkan untuk yang buka jenis albino berwarna hitam ke kuning-kuningan.

Dan untuk pemilihan ikan guppy jantan, pilihlah ikan yang aktif mengejar sang betina.

3. Lihatlah Usia Dari Si Ikan Guppy

Ikan guppy sebenarnya sudah bisa dikawinkan sejak usia dua sampai tiga bulan. Tetapi memiliki kekurangan, yaitu jumlah anak atau burayaknya sedikit dan juga resiko burayaknya akan cacat seperti badan bungkuk, mudah sakit, lama besar burayaknya, lain sebagainya.

Dengan memilih indukan yang sudah matang dan kurang lebih usianya sudah atau lebih dari empat bulan, akan mempebesar peluang untuk si betina cepat brojoll dan juga burayak yang lebih banyak.

Di usia empat bulan juga sudah bisa kita sortir mana ikan guppy yang berkwalitas bagus dan mana guppy yang rijekan. Yang kwalitasnya bagus dapat kita kembangbiakkan lagi supaya keturunannya juga memiliki kwalitas top grade juga.

4. Pastikan Ikan Dalam Kondisi Sehat Dan Tidak Stress

Jangankan untuk beranak atau ngebroll. Bahkan untuk hidup saja, ikan guppy yang dalam kondisi stress dan juga sakit akan memliliki peluang yang lebih sedikit.

Pastikan ketika ingin mengawinkan ikan guppy, pilihlah ikan yang sehat dan harus menjaganya ketika si ikan hamil sampai melahirkan.

Kenapa demikian?

Ketika ikan dalam kondisi sakit dan stress, resiko untuk si burayak lahir dengan kematian atau gagal akan lebih besar.

Jangan lupa untuk menjaga kwalitas air dan juga pakan yang diberikan. Karena salah dua faktor penyebab si guppy sakit dan stress berasal dari situ.

5. Cobalah Beri Pakan Hidup

Pakan hidup juga berperan penting dalam proses perkembangan dan juga perkembangbiakkan dari si ikan guppy.

Ada banyak pilihan pakan hidup yang bisa kita gunakan. Mulai dari artemia, kutu air, cacing sutra, jentik nyamuk, dan lain sebagainya.

Tapi kelemahan dari pakan hidup ini adalah tentang kebersihannya. Jadi pastikan sebelum memberikan pakan hidup untuk si ikan guppy, pakan dalam keadaan bersih atau sterill.

Banyak peternak guppy di luar sana yang merekomendasikan artemia sebagai pakan si ikan. Karena sudah terbukti di hasilnya. Cuma kekurangannya adalah di penetasannya yang lebih ribet dan juga harganya yang lumayan.