Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat, Proses, Dan Biaya Mengurus Stnk Hilang Di Samsat Sleman

Hari itu tanggal 15 november 2020 seisi rumah bingung mencari stnk motor yang entah tak tau di mana keberadaannya. Singkat cerita setelah mencari ke sana ke mari, bongkar sana bongkar sini, stnk masih belum ketemu.

Berhubung stnk itu penting, menjadi syarat wajib untuk berkendara di jalan, sebagai kelengkapan berkendara, dan motornya sering digunakan untuk berpergian, jadi daripada kena tilang, ya jalan keluarnya adalah mengurusnya di samsat untuk mendapat stnk baru.

Singkat cerita, berhubung orang rumah pada sibuk semua kecuali saya, maka saya diberi amanah untuk mengurusnya.

Waktu itu, saya juga bingung tentang syarat dan juga prosedur tata cara pengurusannya karena baru pertama kali itu mengalami.

Cari info ke sana ke mari, buka google, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah hal yang saya lakukan saat itu.

Mencari Surat Laporan Kehilangan Stnk Di Polsek

Hal pertama yang saya lakukan adalah pergi polsek tempat saya tinggal untuk membuat surat laporan kehilangan stnk.

Syaratnya adalah membawa BPKB dan juga KTP atas nama pemilik kendaraan.

Untuk mengurus surat ini tidak memerlukan waktu lama karena waktu itu memang sedang tidak ada antrian. Cukup bilang saja ke bapak polisi bahwa mau mengurus stnk yang hilang.

Di polsek saya di beri selembar print-print an kertas laporan kehilangan stnk yang berisi data kendaraan yang dicap dan ditandatangani. 

Untuk membuat surat laporan kehilangan ini, waktu itu saya tidak dipungut biaya sepeserpun alias geratis tis tis. Tapi masa berlaku surat laporan ini adalah 14 hari atau dua minggu saja.

Sambil tanya ini itu tentang syarat prosesnya, waktu itu saya diarahkan pak polisi untuk langsung ke samsat saja. Dengan membawa BPKB, KTP atas nama pemilik kendaran, dan juga Surat Laporan stnk tadi.

Membuat Kwitansi Iklan Koran Dan Radio

Di hari berikutnya, Sebenarnya saya masih bingung tentang tata cara pengurusan dan syarat-syaratnya. Langsung saja saya menuju ke Samsat Sleman.

Mengurus Stnk Hilang
Kwitansi iklan koran dan radio

Sampai sana tanya ke beberapa orang, ada yang memberi tahu untuk membuat kwitansi iklan dan radio. Dan ternyata tempatnya tepat di sebelah kiri gerbang ke luar samsat sleman, di sana ada tempat fotocopyan atau biro jasa yang bisa untuk membuat kwitansi tersebut.

Di situ, sedikit saya bertanya-tanya dengan pemiliknya. Ternyata memang kalau mau membuat kwitansi koran dan radio bisa dilakukan di situ karena tempat itu memang bekerja sama dengan Harian Jogja.

Jadi tidak perlu bingung ke sana ke mari mencari kwitansi iklan koran dan radio. Karena di sebelah pintu keluar samsat sleman saja sudah ada.

Untuk biayanya, waktu itu kalau tidak salah adalah sekitar 30.000 / 35.000.

Untuk masalah iklannya terbit atau tidak, saya tidak tahu.

Fotocopy Dan Membuat Surat Pernyataan Kehilangan Stnk

Nah, untuk membuat surat pernyataan kehilangan stnk ini, juga saya lakukan di samsat. Tepatnya adalah di tempat fotocopy yang berada di basement gedung samsat sleman.

Di sana sudah ada formulir surat pernyataan kehilangan stnk, yang tinggal saya isi saja datanya. Dan diberi materai 6000 rupiah. Jika bingung mengisinya tinggal tanya saja ke petugas fotocopynya.

Nah sekaligus di situ fotocopy berkas-berkas yang sudah disiapkan seperti BPKB, KTP,Kwitansi iklan koran radio, dan lain sebagainya. Bilang saja ke petugas fotocopyannya untuk mengurus stnk yang hilang. Nanti petugasnya sudah paham.

Di sini untuk fotocopy dan juga membuat surat pernyataan kehilangan stnk bermaterai, saya dikenai biaya sebesar 12.000 rupiah

Proses Mengurus Stnk Hilang Di Samsat Sleman

Jika semua syarat sudah lengkap maka langkah berikutnya adalah proses mengurusnya.

Ke Tempat Cek Fisik Kendaraan

Jika di samsat sleman, tempatnya berada di sebelah kanan pintu masuk. Parkirkan saja motor atau mobilnya di situ.

Ambil nomer antrian di loket cek fisiknya. Untuk kendaraan roda dua, nomer antriannya berwarna hijau, sedangkan roda empat berwarna oranye.

Tunggu sampai nomer antrian dipanggil. Di tempat ini prosesnya bisa berlangsung cepat atau lama, tergantung banyaknya orang yang mengantri.

Setelah nomer antrian dipanggil, berkas-berkas yang sudah disiapkan tadi kita serahkan ke petugas dan bilang keperluan kita apa. Nanti akan diberi formulir pendaftaran dan juga kertas untuk gesek norang nosin kendaraan.

Isi formulirnya sesuai data yang ada di bpkb, sembari menunggu panggilan untuk menggesek dan cek fisik kendaraan.

Pastikan kendaraan sesuai dengan yang ada di bpkbnya mulai dari warna, norang, nosin, knalpot, bentuk, dan lain sebagainya. Supaya bisa lolos di cek fisik ini.

Jika sudah cek fisik, gesek no rangka no mesin, dan isi formulir pendaftaran, kumpulkan lagi berkasnya di loket cek fisik, dan tunggu untuk dipanggil kembali.

Di tempat cek fisik ini, saya tidak dikenai biaya alias gratis.

Ke Tempat Pengesahan Cek Fisik

Pengesahan cek fisik berada di basement gedung samsat sleman. 

Serahkan semua berkasnya dan hasil cek fisiknya tadi di tempat pengesahan cek fisik. Nanti berkasnya akan di cek dan di cap.

Di tempat ini prosesnya cukup cepat jika dibangingkan dengan cek fisiknya. Berkas akan dikembalikan dan di suruh untuk memasukkan di loket sebelahnya.

Loket Pembayaran

Setelah berkas sudah dimasukkan di loket ini, nanti akan diberikan print-printan warna biru, formulir yang berisi data kendaraan dan tanpa perlu diisi kembali.

Loket ini tepatnya hanya disebelah loket pengesahan cek fisik.

Di loket pengesahan cek fisik dan juga loket pembayaran ini tidak dikenai biaya.

Menuju Pendaftaran Counter A Lantai 1 Di Gedung Samsat Sleman

Setelah dari tempat pengesahan cek fisik, langsung saja naik lewat tangga menuju lantai 1 ke counter A bagian pendaftaran.

Kumpulkan semua berkasnya, dan tunggu sampai dipanggil.

Lama cepatnya panggilan tergantung jumlah antrian.

Nah, di tempat ini, menurut pengalaman saya mengurus stnk hilang di samsat sleman, setelah dipanggil oleh petugasnya, nanti akan diberikan surat kalau pengambilan stnk dapat diambil di tanggal yang telah ditentuan, sekitar sepuluh hari setelahnya. Dan stnk baru tidak langsung jadi di hari itu juga.

Dan untuk biaya penerbitan stnk baru untuk mengganti stnk yang hilang akan dikenai biaya seratus ribu untuk kendaraan roda dua.

Jika sudah tau syarat dan juga tata cara mengurus stnk hilang, bisa dibilang tidak serumit yang dibayangkan, tapi biasanya kita harus sabar mengantri dari proses satu ke proses berikutnya. Dan total biayan keseluruhann juga tidak sampai 200k untuk kendaraan roda dua, selama diurus sendiri