Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengoptimalkan Instagram Dalam Membangun Sebuah Bisnis

Banyak orang bertanya tentang cara meningkatkan SEO pencarian di Instagram supaya lebih luas jangkauan pengikutnya. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan lebih banyak penggemar akan terbuka lebar.

Tidak bisa dipungkiri kalau pengguna Instagram semakin hari semakin banyak. Dan ini tentunya akan membuka ruang bagi para penjual online untuk memasarkan produk daganganya.

Tapi sayangnya masih banyak dari kita yang belum tahu tentang cara mengoptimalkan jangkauan pemasaran yang lebih luas, supaya produk bisa lebih dikenal banyak orang.

Karena kalau hanya bermodal posting di Instagram setiap hari, rasanya tidak cukup. Dan berikut ini adalah Tips Memaksimalkan Jangkauan Pemasaran Di Instagram.


Mengelola Seo Instagram


Cara Mengoptimalkan SEO Instagram

Dalam satu dunia yang terhubung dengan jaringan internet saat ini, ada jutaan bahkan mungkin milyaran orang menggunakan instagram. Dan banyak dari mereka lebih senang mencari, berbelanja produk yang mereka inginkan lewat aplikasi ini.

Jadi sangat sayang sekali apabila kita tidak memanfaatkan peluang jangkauan pemasaran online ini secara maksimal untuk lebih mengembangkan bisnis kita.

Karena semakin banyak orang yang tahu produk kita, maka semakin besar juga peluang untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

1. Lengkapi dan sempurnakan nama dan biografi Instagram

Jika ingin mendapatkan hasil baik di kolom pencarian Instagram yang telah ditarget, maka masukkan kata kunci di dalam nama serta biografi di dalam akun Instagram kita.

Dengan membangun branding yang baik maka bisnis kita bisa menjadi ciri khas dan memori yang diingat oleh pelanggan kita.

Lengkapi biografi dengan kata kunci yang telah ditarget. Pilihan hashtag kata kunci dan nama akun Instagram juga bisa berpengaruh di hasil pencarian Instagram

2. Maksimalkan caption deskripsi ketika posting konten

Ketika sedang membangun bisnis online melalui media instagram, maka maksimalkanlah semua yang ada.

Pada halaman instagram explore, sesuatu yang sering kita lihat dan tonton akan sering memunculakan konten yang berhubungan dengan interaksi dan interest kita di instagram.

Dan disinilah caption tadi berfungsi.

Di halaman ini akan memunculkan beberapa akun instagram yang membahas topik serupa. Sehingga penggunaan caption dapat diidentifikasi oleh algoritma instagaram untuk mengumpulkan topik relevan yang dicari oleh pengguna Instagram.

Inilah petingnya menggunakan caption dan deskripsi yang berhubungan dengan kata kunci utama dari konten yang akan kita publikasikan.

3. Manfaatkan Hashtag Sebagai Kata Kunci

Tak jauh berbeda dengan mesin pencari lain, kata kunci berfungsi sebagai petunjuk untuk menemukan isi konten yang relevan. Dan hashtag ini juga berfungsi demikian.

Ketika kita mencari hashtag tertentu dalam instagram, maka yang akan muncul adalah isi konten yang pembahasanya masih dalam satu topik yang hampir sama.

Tidak perlu terlalu banyak dalam menggunakan hashtag. Secukupnya saja selama hashtag tersebut masih berhubunngan dengan isi konten kita.

4. Manfaatkan Fitur alternative text pada gambar

Fitur ini berfungsi untuk mendeskrisipkan sebuah gambar supaya robot pencari lebih mudah dalam membacanya.

Maka peluang untuk gambar tersebut muncul di hasil pencarian seseuai kata kunci yang berhubungan akan lebih mudah karena robot pencari sudah mengenalinya

5. Perbanyak relasi dan jaringan

Dengan semakin banyaknya orang yang mention ke instagram kita, maka peluang untuk mendapatkan lebih banyak audience juga akan berpeluang besar.

Kita bisa mengajak pengikut kita untuk mention ke akun kita. Semakin banyak yang mau, semakin banyak juga pengguna akun instagram lain yang akan tahu akun kita.

Pemberian giveaway atau hadiah dengan syarat tertentu juga akan sangat patut dicoba sebagai pemancing datangnya pengikut baru.

6. Sabar dan jalani setiap prosesnya

Banyak orang yang terlalu nafsu untuk cepat mendapatkan pengikut dalam jumlah banyak.

Tak jarang juga banya yang menggunakan cara-cara yang justru membuat branding akun instagram kita menjadi jelek di mata orang lain.

Salah satu contohnya adalah membeli follower dalam jumlah tertentu dan isinya cuma akun palsu. Contoh lainya adalah membuat sensasi negatif yang tidak ada manfaatnya sama sekali. Dan masih banyak contoh lainnya.