Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisa Hidup Bahagia Setiap Hari Ternyata Mudah, Simak Tips Berikut Ini

Setiap manusia yang hidup di dunia ini, pasti menginginkan kebahagiaan dalam hidupnya.

Tapi, faktanya kadang rasa sedih, kecewa, marah, gelisah, benci, dendam, semua yang bertentangan dengan rasa bahagia akan muncul dalam kehidupan ini.

Ya, mungkin memang itu alasan kenapa rasa bahagia itu ada. Kita harus bisa menerima penderitaan dan mengalaminya untuk paham dan mengerti apa itu arti bahagia.

Rasa bahagia muncul dalam diri sendiri bukan bergantung kepada orang lain. Sejatinya rasa bahagia bisa diciptakan dan bukan hanya terbatas kepada hal itu-itu saja. Misalnya uang, kemewahan, pasangan, harta gono-gini dan lain sebagainya.

Mungkin hal-hal kecil dan sederhana yang kita alami setiap hari bisa membuat kita bahagia. Seperti melihat orang sekitar bisa tersenyum, menikmati sejuknya pagi, mendengar kicaun burung bersauatan, dan masih banyak hal kecil lainnya.

Perasaan bahagia yang dapat dirasakan setiap hari dapat menghindarkan kita dari rasa stress atau depresi dalam menjalani hidup ini. 

Mulailah menerima dan bersyukur karena kita telah diberi kesempatan untuk bisa merasakan hidup dan  segala hal apapun di dunia ini.

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang bisa membuat kita bahagia bila mau untuk menjalankannya.


1. Jangan Terlalu Berlebihan dengan Harapan

Jangan Berlebihan Dalam Harapan
Apapun itu segala hal yang berlebihan pasti akan ada dampak negatifnya bagi kehidupan kita.

Setiap manusia punya keinginan, harapan, impian, cita-cita, karir yang ingin diwujudkan dalam kehidupan ini. Tak jarang banyak orang terlalu berharap lebih atas keinginannya itu.

Pasti akan ada rasa kecewa, putus asa, sedih, marah saat harapan itu tidak sesuai dengan apa yang telah dibayangkan sebelumnya, yang justru ketika kita tidak bisa mengontrolnya bisa membuat kita depresi.

Usaha dan kerja keras memang tetap harus dilakukan, tapi berserahlah atas semua yang akan terjadi. Karena kita tidak pernah tahu seperti apa nanti kedepannya.

Tidak perlu terlau menganalisa tentang apa yang nanti akan terjadi ke depannya, nikmatilah apa yang ada dan yang sedang terjadi saat ini.


2. Belajar Menerima Diri Sendiri

Menerima Diri Sendiri
Setiap manusia yang lahir di dunia ini pasti punya yang namanya kekurangan dan kelebihan dalam dirinya. Baik itu dalam urusan fisik maupun mental.

Kalau kita tidak bisa menerimanya, justru rasa tidak puas dalam diri akan selalu muncul. Dan itu bisa membuat lupa atas rasa bahagia yang ada dalam diri kita.

Belajarlah berdamai dengan diri sendiri. Kenalilah diri sendiri, bertemanlah dengannya, karena diri sendiri adalah sahabat terdekat dalam kehidupan ini.

Ketika sudah bisa menerimanya maka kita akan selalu bersyukur, hidup apa adanya tidak pernah merasa kurang, dan tentu rasa bahagia akan muncul dengan sendirinya.


3. Hilangkan Rasa Iri, Benci, Serakah, Dan Dengki

Hilangkan Sifat Iri dan Dengki
Sifat-sifat inilah yang membuat rasa bahagia akan tertupup. Iri melihat orang lain lebih dari segala yang dimiliknya, benci dengan keadaan yang seperti itu-itu saja, serakah tidak mau berbagi dengan yang membutuhkan.


Kita hidup di dunia ini tidak hanya seorang diri. Ada orang lain yang lebih dan kurang dari kita.

Tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain, terima dan syukuri apa yang telah didapat sampai saat ini dan jangan lupa berbagi apapun itu kepada sekitar kita.


4. Kurangi, Kalau Bisa Hilangkan Berfikiran Negatif 

Selalu Berfikir Positif

Pada dasarnya rasa bahagia, gembira, sedih, susah, sumber dari semua itu terletak pada pikiran.

Jika kita bisa selalu berfikir positif maka rasa damai dan tentram dalam pikiran akan berdampak baik kesehatan mental maupun fisik kita.

Sehingga apapun yang dijalani semua akan bisa kita terima, baik itu hal yang baik ataupun buruk.

Beda dengan ketika selalu berpikir negatif. Bahkan hal yang belum pernah kita jalani akan terasa menyeramkan padahal hal itu belum pernah kita lakukan, sehingga tidak tahu hasil apa yang akan terjadi nanti.


5. Selalu Bersyukur Dengan Segala Hal Apapun

Bersyukur Apapun yang Terjadi
Bersyukur dengan benar-benar bisa bersyukur adalah kunci kebahagian sejati.

Bersyukur bukan hanya ucapan, bukan hanya dengan omongon, bersyukur penuh dengan penerimaan dalam diri yang seutuhnya.

Masih bisa bernafas, masih bisa merasakan nikmatnya makanan, bersyukur dari hal-hal kecil yang sedang terjadi, semua itu dapat memunculkan rasa nyaman dan bahagia.

Bisa menerima masa lalu, bisa memaafkan apa yang tidak sesuai harapan, bisa menjalankan hari dengan penuh keceriaan. Rasa sedih, stress, cemas, gelisah, depresi, hal itu dapat teratasi dengan bersyukur yang benar-benar bersyukur.