Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memulai Bisnis Online Menguntungkan Gajian Setiap Waktu

Ada banyak hal yang harus kita perhatikan jika ingin memulai untuk mencoba bisinis secara online.

Kita harus mau belajar dari berbagai macam sumber ilmu untuk mendapatkan pemahaman dan tata cara untuk mulai menjalankan bisnis online.  

Pada dasarnya, bisnis secara online maupun offline itu sama, yaitu adalah kita harus berani mencoba, harus berani mempraktekan, dan jangan cuma membayangkannya saja.



Berikut ini adalah kumpulan tips bagi kalian yang ingin mencobanya.


1. Mempersiapkan Mental

Bagi yang sama sekali belum pernah terjun dalam bisnis secara online maupun offline, Tentu tekanan mental akan jauh lebih besar karena belum pernah melakukannya sama sekali.

Sebelum itu kita juga harus tau tentang persamaan maupun perbedaan karakteristik antara pembeli online maupun offline. Sebenarnya tidak jauh berbeda, cuma.

Jangkauan pembeli online akan lebih luas, karena bisa membandingkan toko online satu dengan toko online lainnya hanya dari sentuhan jari di layar gadget.

Kemudian tingkat kewaspadaan dan kepercayaan terhadap barang yang akan dibeli jauh lebih tinggi karena para pembeli ini tidak melihat barang yang akan dibeli secara langsung.

Maka dari itu, kita sebagai penjual online harus bisa memberikan pelayanan maksimaal kepada calon ataupun customer tetap di toko kita.

Mulai dari memberikan pelayanan yang ramah, membalas pesan masuk tidak terlalu lama, update barang di toko, dan masih banyak yang lainnya.


2. Menentukan Produk Yang Akan Dijual

Biingung tentang memulai produk apa yang akan dijual?

Langkah paling bijak adalah pilih produk yang anda kuasai, senangi, pahami, paham tentang seluk beluknya, yang sering digunakan, mengerti tentang kelebihan dan kelemahannya.

Sebagai contoh orang yang tidak paham dengan motor maka akan kebingungan ketika harus memasarkan dan melayani pertanyaan dari para customernya.

Tapi bukan berarti kita hanya terpaku pada apa yang dipahami saja. Belajar menggali lebih luas tentang hal-hal baru akan membuka jalan lebar untuk kita melangkah kedepannya.

Tidak perlu malu untuk mengakui kepada pelanggan jika kita masih belum terlalu mengerti tentang produk yang dipasarkan.

Walaupun itu mungkin akan berdampak kepada kepuasan pelanggan, tetapi kita bisa belajar dan memperbaikinya di kemudian hari, supaya tidak terjadi sesuatu hal yang sama.


3. Menyusun Strategi Dalam Menjalankan Bisnis

Menyusun strategi dalam menjalankan bisinis online juga kita perlukan.

Menyusun strategi bisnis ini mencakup banyak hal, mulai dari pemilihan nama toko, membangun personal branding, menentukan harga jual, mengantisisipasi jika barang tidak habis tersjual, dan lain lain.

Hal ini dapat kita lakukan untuk menemukan kekurangan dan memperbaikinya untuk beranjak dengan modifikasi rencana untuk mendapatkan hasil yang lebih baik kedepannya.

Terpenting adalah berani mencoba untuk mengetahui apakah strategi yang kita susun ini berhasil atau tidak. 

Jika tidak pernah mencobanya maka sampai kapanpun hasil hanya sebatas angan-angan saja.


4. Mencari Supplier Yang Tepat

Setalah menentukan produk apa yang akan dijual atau dipasarkan, maka langkah selanjutnya adalah mencari pemasok barang dagangan untuk kita jual kembali.

Pastikan pikir secara matang dalam mencari supplier ini.

Pertimbangkan beberapa faktor yang ada.

Mulai dari lokasi supplier, harga yang ditawarkan, kwalitas barang, komunikasi yang berlangsung baik atau tidak, dan lain sebagainya.


5. Menentukan Harga Produk Yang Akan Dijual

Bagi yang baru mencoba untuk memulai bisnis online, harga produk yang akan kita jual juga penting untuk diperhatikan.

Besarnya laba, harga umum dipasaran, biaya oprasional untuk mengirim ataupun mendatangkan barang, semua harus dihitung dengan matang. Supaya produk dapat laku terjual mendapatkan keuntungan, jangan malah mendapat kerugian.

Perhatikan semua unsur di atas, dan mulailah menentukan harga produk yang sesuai dan tetap mendapat laba.


6. Mengelola Pendapatan dan Pengeluaran

Mengelola pendapatan dan juga uang yang dibelanjakan, termasuk hal penting yang perlu diperhatikan.

Kita perlu mencatat, melihat, setiap transaksi yang kita lakukan. Baik itu pendapatan maupun pengeluaran.

Mengapa harus seperti itu?

Kita harus bisa mengolah dan menganalisa catatan keuangan sehingga dapat mengunakan data yang diperoleh untu kebutuhan lainnya.

Hal ini dapat kita terapkan guna mendapatkan hasil yang lebih baik. Mulai dari mendapatkan supplier yang cocok, menghitung berapa lama waktu yang diperlukan untuk balik modal, dan lain sebagainya.

Jika masih belajar, tidak perlu menggunakan metode pencatatan yang rumit. Sekarang sudah banyak aplikasi di smartphone yang dapat memudahkan pekerjaan catat mencatat ini. 


7. Evaluasi dan Berani Memodifikasi

Evaluasi secara rutin tentu akan membantu bisnis online yang kita jalani akan semakin membaik dari waktu ke waktu.

Singkirkan yang tidak perlu, coba sesuatu cara baru, modifikasi apa yang sudah ada untuk menjadi berbeda, dan jangan pernah takut untuk mecoba