Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Penyebab Kegagalan Dalam Bisnis Online yang Sering Dialami Pemula

Banyak orang berpikir dan beranggapan kalau bisnis online itu mudah. Tapi pertanyaannya adalah kenapa banyak orang yang menyerah bahkan gagal dalam menjalankannya.

Padahal dijaman sekarang kemudahan informasi tentang tata cara, tips mengelola bisnis online sudah dengan mudah ditemukan.

Tapi mengapa banyak yang berhenti di tengah jalan?

Walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa ada juga bahkan banyak orang yang berhasil dengan bisnis onlinenya.

Apa penyebabnya?

Rugi itu wajar dalam bisnis, ditipu orang sudah umum, dan lain sebagainya. Tapi ketika itu juga memilih menyerah dan tidak mau bangkit mencoba kembali, menolak untuk belajar dari kekurangan sebelumnya, disitulah gagal yang sesungguhnya.

Mari kita bahas di beberapa point di bawah ini


1. Pola Pikir yang Tidak Tepat

Menganggap bisnis online itu cepat mendapatkan keuntungan, mudah dilakukan, bisa dilakukan dengan bersantai-santai, dan lain-lain. Pola pikir seperti itu adalah pola pikir yang tidak tepat.

Semua perlu waktu, semua perlu usaha, semua perlu ketekunan dalam segala hal untuk bisa sukses. Termasuk di bidang bisnis online ini.

Jadi, mulailah untuk memperbaiki mindset. Jadikan kegagalan sebagai proses belajar untuk ke depan yang lebih baik.


2. Kurangnya Ilmu dan Pengalaman

Berani melakukan dan pernah merasakan gagal adalah salah satu proses untuk mengapai keberhasilan.

Sumber ilmu dan pengalaman bisa didapatkan dari serangkain proses tersebut.

Jadi ketika baru atau beberapa kali mencoba dan gagal tapi malah menyerah dan berhenti. Maka ilmu dan pengalam yang dimiliki juga akan berhenti begitu saja.

Jika sudah berhenti tidak mau mencoba kembali, berarti pengalaman yang sudah terlewati akan berlalu begitu saja dan tidak akan menjadi sebuah pembelajaran.

Ilmu pengetahuan dalam bisnis online itu harus dipelajari secara terus menerus. Bukan hanya sekedar sebuah pemahaman saja, tetapi ada praktik yang harus dilakukan untuk bisa mengetahui hasilnya nanti.


3. Tidak Fokus Dalam Menjalankannya

Ada banyak pilihan jenis bisnis online yang dapat dilakukan dan semua terlihat menggiurkan sehingga banyak yang ingin dicoba.

Sayangnya, ketika terlalu banyak mencari dan mencoba alternatif lain, adalah kurangnya fokus tentang hal yang menjadi pakem utama dalam menjalankan bisnis online ini.

Pikiran akan terbagi-bagi antara satu dan yang lainnya, sehingga semua malah bisa menjadi berantakan.

Pilih dan fokuslah pada satu jenis bisnis online saja. Pilih yang paling diminati, pilih yang paling sesuai kemampuan, belajar dari semua proses yang sudah berlalu, niscaya sukses akan datang menghampiri.


4. Tidak Sunguh-sunguh

Banyak yang tertarik mencoba menjalankan bisnis online. Dan kebanyakan hanya tergiur dengan keuntungan dan kata-kata bijak dari mereka yang sudah menemukan kesuksesan dalam karirnya.

Banyak juga yang tercemplung hanya sekedar mencoba tanpa ada visi misi yang jelas. Dan ketika sudah merasakan dan menjalankannya, semua tidak begitu saja seperti yang diharapkan.

Ketika penjualan sedang bangus semangat, ketika penjualan menurun malah malas-malasan.

Jika hal itu dibiarkan terus menerus terjadi, maka kita akan tertinggal dengan pesaing-pesaing baru yang lebih serius.


5. Merasa Cukup Dengan Kemampuan yang Dimiliki

Dalam dunia bisnis, perubahan dapat terjadi kapan saja bahkan begitu cepat. Maka jangan pernah puas dengan kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki.

Asah terus, perbanyak informasi terbaru, dalami berbagai macam sumber ilmu. Semua itu adalah tabungan kita untuk bisa mengimbangi perubahan yang begitu cepatnya.

Mulai dari kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, kemampuan pemasaran, kemampuan menjalin relasi, dan masih banyak lainnya.

Banyak orang bilang ketika kita tidak bisa beradaptasi dengan keadaan baru, niscaya kita akan mengalami ketertinggalan dengan yang lain.

Untuk masalah ilmu, pengetahuan, dan keterampilan jangan sampai merasa cukup.


6. Tidak Bersabar Dalam Menjalankan Prosesnya

Untuk mendapatkan keuntungan dalam menjalankan bisnis online maupun ofline, tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi bagi seorang pemula yang baru mencobanya.

Terkadang rasa tidak sabaran itulah yang menghambat kita dalam menjalankan prosesnya.

Ingin cepat kaya, ingin cepat dapat keuntungan, ingin segera ini segera itu, dan lain semacamnya. Mindset seperti itulah yang sebenarnya menghambat untuk maju.

Akan ada fase dimana semua akan terasa begitu mudah, tapi akan ada fase semua terasa berat bahkan buntu. Pilihan ada di tangan kita, apakah akan terus melanjutkannya atau menyerah dan berhenti begitu saja.