Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belum Tahu Cara Mengganti Sulur Perseneling Vespa Putus? Begini Caranya

Bagi kalian yang penunggang vespa yang belum pernah mengalami putus sulur perseneling vespa di tengah jalan dan belum bisa untuk mengatasi serta tidak tahu caranya, maka tidak ada salahnya untuk membaca artikel ini.

Oper gigi menggunakan tangan kiri merupakan salah satu keunikan dari sebuah vespa tua. Jarang sekali ada kendaraan lain yang menggunakan model seperti ini. Sehingga itu menjadi salah satu nilai lebih yang dimiliki vespa tahun tua ketimbang kendaraan lain

Dengan sistem yang harus menggunakan sulur untuk mengoper gigi, tak jarang sulur tersebut putus. Sama hanya seperti sulur gas, dan sulur kopling, sulur perseneling ini juga sering putus di bagian kepal sulurunya.


Jangan lupa untuk selalu membawa sulur perseneling cadangan. Ya untuk jaga-jaga saja, siapa tahu sulur perseneling yang terpasang putus ketika sedang dalam perjalanan.

Karena akan repot sekali jika salah satu dari sulur perseneling vespa ada yang putus. Yang ada kita akan kesulitan untuk memindahkan gigi persenelingnya. Otomatis kopling harus selalu ditekan supaya mesin tidak mati.

Oke mungkin percuma juga membawa sulur perseneling cadangan tapi tidak atau belum bisa untuk meggantinya.

1. Lepaskan Sulur atau Olor Perseneling yang Putus


Biasanya sulur putus di bagian atas ujung nepelnya. Jadi membongkarnya harus melepas speedometer terlebih dahulu.

Tak jauh berbeda dengan gas, sulur perseneling ini terkait di stang bagian kiri dan terdapat dua buah.

2. Ganti Dengan yang Baru


Lepaskan atau tarik sulur atau olor yang sudah putus. Masukkan sulur pengganti melalui selongsong  atas di bagian stang. Pastikan jika sulur bisa keluar di selongsong luar dekat bak perseneling.

Jika nyangkut, bisa dengan cara diplintir-plintir, supaya sulur bisa keluar.

3. Pasang Sulur atau Olor Di Bak Perseneling


Untuk memasangnya, pastikan perseneling berada di gigi 4 dan atur kecocokannya dengan stang pengatur perseneling.

Jika sudah dirasa cocok, langkah berikutnya adalah memasang nepel penguncinya. 

Selesai sudah. Silahkan dicoba untuk mempraktekannya secara langsung dan semoga berhasil.

Sebenarnya tidak terlalu sulit jika tahu carannya. Akan lebih mudah lagi jika belajar langsung dari orang yang sudah mengerti. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca dan berkunjung. Semoga bisa memberikan manfaat.