Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lampu Depan Vespa Mati ? Mudah Kok untuk Menggantinya Sendiri

Waktu itu malam-malam diperjalanan sehabis pulang dari rumah teman ketika perjalan sampai rumah masih lumayan jauh, ternyata tiba-tiba lampu depan vespa saya mati. Dan pada saati itu tidak membawa lampu cadangan. Tapi untungnya lampu-lampu di pinggir jalan masih cukup menerangi perjalanan untuk sampai ke rumah. Walaupun sempat ketika di perempatan hampir saja menabarak orang yang mau menyebrang. Mungkin karena orang yang mau menyebrang tersebut tidak mengetahui keberadaan saya karena lampu vespa pada saat itu dalam keadaan mati.

Jadi dapat saya simpulkan betapa pentingnya lampu yang harus menyala, apalagi ketika malam hari. Dan pada pagi harinya, vespa langsung saya bawa ke bengkel untuk mengganti dengan lampu yang baru. Dan pada saat itu seingat saya biaya untuk menggantinya habis sekitar dua puluh lima ribu ditambah dengan biaya jasanya.


Mungkin masih banyak yang belum tahu cara untuk mengganti lampu depan vespa. Jadi kali ini saya mau berbagi cara bagaimana mengganti lampu depan vespa. Dan kebetulan vespa yang saya gunakan adalah vespa super. 

Tapi mungkin cara ini tidak terlalu berbedan dengan tipe vespa jenis lainnya. Kalau menurut saya tidak terlalu sulit untuk menggantinya sendiri. 

Okelah mungkin bagi kalian yang belum tahu cara untuk menggantinya, berikut saya jelaskan langkah-langkanya di bawah.

1. Buka ring lampu jika terpasang

Walapun sebetulnya tidak semua vespa menggunakan aksesoris ini, Tapi kebetulan di vespa saya ada jadi saya tuliskan disini. 

Untuk membukanya tidaklah sulit, tinggal lepas menggunakan obeng saja sudah bisa terlepas.

Biasanya ada juga yang dilem, tergantung keadaan dan cara kita untuk mengakalinya.

2. Buka speedometer

Kebetulan vespa saya bertipe super jadi speedometernya masih menggunakan speedometer jadul. Cara membukanya cukup lepas baut yang ada dibawah kepala vespa dengan menggunakan obeng.

Kenapa harus membuka speedometer?. Hal ini dilakukan supaya bisa menggampangkan nanti ketika mau mencopot

3. Lepaskan kaca dan viting lampu

Dorong secara berlahan dari arah dalam sampai viting telepas keluar. Tahan kaca supaya tidak jatuh. Lakukan saja secara berlahan dan tidak perlu terlalu ngotot.

Bisa didorong secara perlahan. Apabila dirasa sulit, bisa menggunakan obeng yang diketuk telapak tangan secara berlahan-lahan.

4. Lepaskan lampunya dan ganti yang baru


Setelah semua terlah terlepas, langkah berikutnya adalah melepaskan lampu. Caranya adalah tekan lampu dari arah luar dan putar secara perlahan sampai kunciannya terlepas.

Gantilah dengan lampu baru menggunakan cara yang sama.


Apabila ragu dan kurang paham dan takut terjadi sesuatu, alangkah baiknya datang langsung ke orang yang sudah paham dan mengerti caranya supaya kita bisa belajar secara langsung dan mengamalkan ilmunya