Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sulur atau Olor Kopling Vespa Putus? Begini Cara Menggantinya

Pernahkah mengalami putus sulur kopling ketika sedang mengendarai vespa kesayangan kalian?

Hal ini pernah saya alami ketika sedang dalam perjalanan dan ternyata pada saat itu sulur kopling vespa saya putus. Sayangnya waktu itu saya tidak membawa sulur kopling cadangan. Jadi dengan terpaksa, vespa tetap saya naiki untuk mencari bengkel terdekat.

Tentunya dengan keadaan seperti itu, setiap lampu merah atau jalan pas ramai vespa sering tiba-tiba mati sendiri. Jadi setiap kali mau menghidupkan vespa, saya harus mendorongnya sambil memasukan gigi supaya mesinnya mau nyala. Sudah pasti itu bukanlah hal yang saya harapkan .

Biasanya hal ini sering dialami oleh para penunggang vespa. Jadi pastikan untuk selalu menyediakan sulur penganti yang harus disiapkan untuk berjaga-jaga jika vespa tiba-tiba mengalami putus sulur kopling ketika kalian sedang ada di perjalanan.


Untuk masalah harga sulur atau olor kopling vespa, dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal, mungkin sekitar delapan ribuan sampai berapa saya juga kurang tahu. Tergantung merk, kwalitas dan dimana membelinya.

Apalagi jika sedang berada jauh dari rumah atau bengkel, sedang touring contohnya. Tentunya akan sangat repot jika hal itu terjadi. Ditambah jika tidak ada orang yang menolong. Behhhh bisa kalian bayangkan sendiri lah rasanya. Percuma juga jika sudah membawa serep untuk berjaga-jaga tapi tidak bisa memperbaikinya sendiri.

Oke jika belum bisa atau memang belum tahu cara mengganti sulur atau olor kopling yang putus, tanpa lama-lama langsung saja keprakteknya yang ada dibawah.

Alat-alat yang dibutuhkan sebenarnya cukup simpel. Cukup sediakan dua tang saja sebenarnya sudah bisa untuk mengatasinya.

1. Lepaskan Dahulu Sulur Kopling Yang Putus

Biasanya sulur kopling vespa itu putus dibagian handle kopling. Jadi cara melepasnya, tarik keluar sulur kopling dari bawah Sampai sulur atau olor kopling yang putus tercabut keluar. 

Setelahnya tinggal lepas nepel pengunci sulur untuk nantinya dipasang kembali ke sulur atau olor kopling yang baru.

2. Memasukkan Sulur Kopling

Setelah sulur atau olor kopling sudah terlepas sekarang tinggal memasang sulur kopling yang baru. Masukkan sulur melaluli selongsong kabel dari atas.

Jika ketika memasukkan sulur kedalam selongsong kabel macet, bisa dicoba dengan cara sambil memelintir sulur. Hal ini dilakukan supaya sulur tidak menyangkut di selongsong kabel. Masukkan sampai sulur kopling keluar dari selongsong kabel bawah.

3. Mengencankan Dan Kunci Dengan Nepel

Jika sulur sudah masuk dan keluar dari selongsong kabel bawah, hal terakhir yang harus dilakukan adalah mengencankan tuas kopling dan mengunci sulur menggunakan nepel.

Caranya adalah masukkan terlebih dahulu nepelnya, dan cara mengencangkannya adalah dengan menarik sulur ke kanan menggunakan tang, tarik sampai tuas kopling maju atau ketarik kedepan. Setelah itu tinggal kencangkan nepel sebagai pengunci menggunakan tang yang satunya.

Ketika menarik sulur, mengencangkan tuas kopling jangan terlalu kencang ataupun terlalu renggang. Jika terlalu kencang maka vespa akan mengopling sediri. Dan begitu juga sebaliknya, jika terlalu renggang vespa tidak akan bisa dikopling.


Dan itulah tadi sedikit tulisan yang bisa saya bagikan di artikel ini. Diambil dari pengalaman dan sedikit ilmu yang saya ketahui. Sedikit tulisan yang saya harapkan dapat bermanfaat dan bisa memberikan pengetahuan tentang cara mengganti sulur kopling vespa.

Jika ada tulisan dan istilah yang kurang atau tidak bisa dipahami, saya meminta maaf sebesar-besarnya. Terimakasih telah berkunjung dan membaca :D